Segala amal itu tergantung dari niat......

Baca judulnya jangan langsung nekad nebak kalau saya akan berceramah yak di tulisan yang ini...hohoho. Sebenernya cuma pengen cerita kejadian agak sedikit konyol tapi mengharukan....halagh....ga segitunya juga siy...hihihi.

Hari Kamis.....tepatnya.....seperti biasa....saya melakukan ritual puasa senin kamis....cieeeh...ko seperti biasa yak....ga segitunya deng....cuma...pas hari kamis itu, memang ya kebetulan pengen puasa sunnah deh pokoknya. Beda dengan puasa ramadhan yang mau ga mau kudu sahur dengan menu rada lengkap, naah....kalau puasa senin kamis, saya memang jarang menyiapkan menu sahur special, malah lebih tepatnya jarang banget makan nasi, kalau ngga minum susu yaa cukup minum kopi saja, tapi yaa tetep sahur, karena ga tau deh, ritual sahur itu sadar ga sadar bikin sugesti di otak kalau saya bakal kuat menjalani puasa dari pagi sampe maghrib, jadi saya tetep mengharuskan diri sahur kalau mau puasa walau mungkin cuma pake segelas air putih.

Tapiiii.....karena iman saya teh masih minimalis yaaa.....dan kebetulan juga, saya ini sedang giat-giatnya menstabilkan berat badan, sampe bela-belain senam di rumah yang kadang sehari pernah sampe 3 kali.....(halagh....hihihihi)..naaaah di antara niat tulus puasa sunnah senin kamis yaitu hanya ingin mendapat ridho Allah...ehem..., eung....terselip sedikiiiiiit ngarep pengen langsing juga.....eh ngga dikit deng....tapi agak banyak....hahaha., jadi pengennya siy puasa menghasilkan badan langsing tapi sekaligus mendapat pahala orang puasa senin kamis.....doooh....plis deehh...wkwkw. Yaa.....tapi... menurut pa ustadz.....ibadah yang punya niat bener-bener tulus hanya mengharap ridha Allah semata kan emang perlu latihan....jadi ya ga pa pa deh...kalau puasa senin kamisnya, masih nyelip-nyelip dikit niat rada-rada ngarep langsing, ntar kalau puasa sunnahnya sudah menjadi rutinitas juga, lama-lama niat tulus buat Allah itu akan terjadi dengan sendirinya....huehehe....amin....amin... :-P

Nah...pada hari kamis itu, kebetulan, bangun passs banget adzan subuh, dan ga sempat sama sekali buat sahur, walau cuma minum doang. Tapi karena dari semalem dah niat mo puasa, ya tetep nekad puasa deh, walau di hati ragu-ragu, kuat ga yaa puasa kali ini tanpa sahur, tapi langsung inget....wah...kalau ngga sahur sama sekali, kali-kali aja, ntar berat- badannya turun makin mantap.....weleh...melenceng amat yak niatnya....whuehehe...dan puasa yang kali ini, karena ga sahur itu, akhirnya niat pengen langsingnya lebih dominan dibanding niat pengen dapat pahalanya...haha...dasar. Dan alhamdulillah....dari subuh sampe menjelang jam 10 pagi, masih aman banget....sama sekali ga kerasa lapar dan haus, lemes juga ngga.....apalagi didukung cuaca yang lagi hujan....waaah....dah PD abis...bisa sukses puasa sampe maghrib deh.

Tapi entah kenapa, jam 1 siang, ko kepala mulai agak berdenyut-denyut yak...terus mendadak perut juga melilit ga jelas....duh...ko aneh banget, ga biasanya begini. Eung.....tapi tetep nekad melanjutkan puasanya....lagian dah jam 1siang...duuuh kalau mo batal mah dari pagi aja kali, jangan dah siang begini....rugiiiii....hoho...teuteup itung2an untung rugi jalan neh otak....ampun dah. Sambil badan berasa ga karuan, tetep main2 sama anak, dan termasuk masak. Tapi untungnya anak2 tampak mengantuk, dan sembari nunggu masakan mateng, sekaligus ngelonin mereka, akhirnya lumayan deh bisa rebahan di tempat tidur sebentar.

Duh...tapi pas lagi rebahan, sakit kepala sama mualnya malah menghebat.....whuaa....tapi....tahan...tahan....pas lihat jam dinding juga dah masuk jam 2...aah sayaaaang kalau batal....huks.. Tiba-tiba hp berdering, ternyata sobat deketku telefon, dan selama menerima telpon dari dia agak berkurang tuh mual sama pusingnya, karena kebetulan dia telepon sambil membawa cerita yang kocak abis....yang bener-bener menghibur perut dan kepalaku....hihihi. Tapi begitu hp ditutup dan pembicaraan selesai, mendadak ingat masakanku yang mesti diangkat, akhirnya langsung refleks deh lari ke dapur.

Sampe di dapur, entah karena bau masakannya yang lumayan menyengat, (catat !!tapi bukan gagal yaa..haha) atau karena emang mual dan pusingnya dah ga bisa ditahan lagi, eh muntah-muntah deh di dapur.....huhuhu...tapi karena emang perut kosong sejak semalam, yaa muntahnya tidak terlalu menjijikkan, cuma berisi cairan saja, dan mudah banget membersihkannya.Akhirnya sambil kunang-kunang, jalan deh ke tempat tidur, tapi tetep nekad ga mau batalin puasanya, lagian muntahnya kan ga disengaja jadi ga batal dan masih boleh melanjutkan puasanya, tokh... tangguuuung.... tinggal 4 jam lagi...huhuhu. Tapi masuk jam setengah 4, kepengen muntahnya datang lagi, dan muntah2 lagi deh sampai beberapa kali bolak-balik ke kamar mandi. Sampai masuk jam 5, akhirnya nyerah.....batal deh puasanya ....karena badan sudah mulai dingin dan muka pucat banget. Dan segelas teh manis hangat akhirnya aku minum buat ngebatalin, dan sempet makan nasi juga sesendok, tapi begitu teh dan nasi berhasil masuk ke perut, ternyata muntah2 lagi...dan keluar deh semua teh manis dan nasi yang tadi...hiks.

Sampai maghrib datang dan berlalu, masih tetep bolak-balik ke kamar mandi buat muntah....wah ..dah mulai panik tuh, karena kebetulan hari itu juga, suamiku lagi dinas luar kota, kalau muntah2nya ga berhenti juga, terus harus opname karena dehidrasi anak2 gimana dong, kebetulan di rumah ga ada orang juga (weleh....dah mulai lebay neeeh mikirnya....hehe). Tapi menjelang isya, disaat muntahku keluar untuk yang ke 6 kalinya, dan badan bener2 mulai lemas, juga campur sedikit pengen nangis....hiks....akhirnya mual dan pusingnya mereda....dan sempet tertidur sekitar 15 menit an. Alhamdulillah......bangun tidur....badan agak enteng....dan mulai coba makan dan minum lagi sedikit-sedikit, ternyataaa.....bisa sukses masuk perut tanpa rasa mual lagi....fyuuuh.

Daaaan.....jam 8 malam....akhirnya badan dah bener2 fit....yang tersisa cuma tinggal lemesnya aja....alhamdulillah. Tapi dari kejadian itu, akhirnya dapat pelajaran berharga, bahwa sahur itu penting, selain menyiapkan mental secara niat, juga menyiapkan fisik dengan makan atau minum, walau mungkin cuma sedikit, tapi usus tetep masih bisa berfungsi dengan baik, karena nantinya selama beberapa jam ke depan mesti kosong saat berpuasa. Dan yang lebih penting lagi....NIAT...karena saya dari awal niatnya....lebih dominan pengen langsingnya daripada pengen dapat pahala puasanya....soo.....sukses deh nurunin berat badan hari itu sebanyak 1 kg,walaupun dengen cara muntah2...dan puasanya malah berakhir berantakan...huahaha....Duh...Ya....Allah....ampuni hambaMu yang "lucu dan imut" ini....yang masih perlu banyak latihan lagi "menata hati" biar niatnya bisa lebih tulus lagi ke depannya.....aminnn.. :-D.

Tiba-tiba jadi pengen mengutip salah satu hadits yang berhubungan sama amal dan niat....

عن أمير المؤمنين أبي حفص عمر بن الخطاب رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول
إنما الأعمال بالنيات , وإنما لكل امرئ ما نوى , فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله ورسوله , ومن
كانت هجرته إلى دنيا يصيبها و امرأة ينكحها فهجرته إلى ما هاجر إليه " متفق عليه

Dari Amirul Mukminin Abu Hafsh, Umar bin Al-Khathab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya”. (Muttafaq ‘alaih)

Jadi....ternyata niat itu walau tampak sepele....ternyata perannya segitu gedenya yaaaa...karena bisa menimbulkan sugesti di otak yang berpengaruh sama kekuatan tubuh kita secara utuh. Dengan niat, badan akan bergerak sendiri sesuai niat kita di hati, duh makannya....kita teh harus selalu pinter menata hati terus yak...karena niat terindah karena Allah mah hasilnya bakal lebih dari yang kita harapkan. Jadi ....kalau saya puasa niatnya karena Allah, mungkin Allah tidak akan hanya menjadikan badan saya langsing, tapi juga membuat tubuh saya tampak cantik luar dalam, karena diri lebih bersih dari dosa.....duuuuuh....amiiiiiinnn aaahh.... hehehehe

Comments

ier said…
eta teh saya nu nelpon nya..
duh.. jadi asa bersalah saya teh seuseurian di telpon ari kamu lagi mual...
rena puspa said…
halagh.....apa hubungannya....justru pas dikau tlp....mual n pusing ku sempat menghilang sekejap....krn seuseurian...hihihii....

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"