FPB dan KPK

Baca judul di atas , bukan berarti saya teh bakal nerangin materi FPB n KPK teh apah...wkwkwk, karena kalau saya melakukannya pun, jigana hanya akan menunjukkan kebodohan saya di muka umum....haha...meni baru nyadar :-P.

Sebenernya judul itu hanya mewakili sebuah kegundahan sayah yang bersumber dari si FPB n KPK itu, wkwk, halagh...sebuah kegundahan yang terlihat sangat lebay yah, dan sesuatu bangeedd deh....:-P.

Masuk minggu ke 3 mas iza mulai sekolah lagi (setelah libur puasa dan lebaran selama sebulan), saya teh baru ngeh, kalau saya mulai ngerasa "engab" nerangin pelajarannya dia, terutama pelajaran matematika sama mas iza. Dan ketika saya baca-baca variasi-variasi soal yang ada di buku umum, saya cukup dibuat stress lah, dan sempet mikir...."widih...ieu nerangkeunana kumaha??".

Yah...soal-soal cerita seputar FPB n KPK gitu deh, yang saya pikir akan sulit memahami isi soal cerita itu, kalau konsep dasar si FPB n KPK nya sendiri ga paham. Dan ternyata gara-gara si FPB n KPK itu, saya teh nerangin mas iza si soal-soal cerita yang ada di buku itu dengan membabi buta, dan hasilnya dah bisa ditebak lah, yaitu mas iza malah nambah lieur....wkwk. Lebih tepatnya dia menjadi terbawa stress, yang dah jelas si stress itu dibawa oleh mamahnya sendiri, hihi...duh.

Kebiasaan saya dari sejak mas iza kelas 1 SD, untuk urusan akademiknya, saya teh emang sok nge "dril" sendiri, karena saya paham mas iza sekolah di sekolah alam, yang sudah jelas secara standar akademik dibawah sekolah-sekolah pada umumnya, karena metoda pembelajaraan lebih ke konkrit bukan teori, dimana pemahaman konsep yang dikejar, konsekuensinya tempo belajarnya memang lebih lambat dari sekolah lain. Dan atmosfer belajar yang diciptakan lebih menekankan anak "menyenangi" kegiatan bersekolah, sehingga tim sekolah punya kebijakan tidak ada PR dan sebagainya untuk anak, karena fenomena SD negeri di Balikapapan teh, banyak anak yang stress akibat beban PR yang gila-gilaan dari sekolahnya, nah sekolah alam teh ga mau ini terjadi.

Ketika riza masih duduk di kelas 1 sampe kelas 3, sebenernya saya suka sih, dengan konsepnya si sekolah alam, yang kalau dilihat kasat mata mah, lebih banyak mainnya tibatan belajarnya. Jadi ketika ada di rumah, saya bisa nge dril mas iza dengan mudah, karena energi dia buat main kan sudah tersalurkan di sekolah, walau tetep aja siy males-malesnya mah masih gede, cuma ketika saya nerangin dengan cara yang "seru", mas iza teh minat banget dan langsung mau gabung dengan saya. Dan saya bisa ketemu cara yang "seru" nerangin macem-macem pelajaran itu, tentu saja karena sebelumnya saya paham lah, maksud-maksud dari tema-tema pelajarannya itu apa, (atuh da masih kelas 3 mah masih kaudag keneh lah ku otak sayah mah....xixi). Dan keuntungannya saya yang nge dril sendiri akademiknya mas iza adalah saya bisa "menakar" sendiri, kapan saya stop dan kapan saya terus, yang tentu saja saya juga ngga mau jadi orang tua yang jahat yang berambisi pengen anak jadi naaaaooooon kitu nepi ka si anak "stress", duh semoga mah ngga begitu, walau kadang "rem" saya suka blong juga kalau ngeliat anak tetangga yang dah bisa ini itu. Tapi berusaha keras menahan diri biar saya teh ga lebay teuing ke anak teh.

Nah...masuk kelas 4, saya teh mulai ngrasa "Ya Allah...naha meni asa beuki lieur kieu pelajaran teh" qiqi, dan kayaknya saya butuh bantuan orang lain lah buat urusan akademiknya mas iza di kelas 4 ini.

Akhirnya diputuskanlah memasukkan mas iza ke BIMBEL yang jaraknya deket pisan dari rumah. Setelah saya masukkan mas iza ke BIMBEL, rada deg-degan juga, duh mas iza stress ga yak...namun respon dia kayaknya oke-oke aja di awal. Tapiiii....mulai ke sini, dia mulai rada males-malesan, katanya mulai pusing ceunah ama soal-soal di BIMBEL. Terus pas saya liat, duuuh ternyata emang susah, standarnya lebih tinggi dari kurikulum diknas, padahal saya mah niatnya masukkin ke BIMBEL teh cuma pengen nyamain ama kurikulum diknas aja, ngga usah melebihi lah, terus juga pengen nambah wawasan ama mas iza, bahwa betapa bersyukurnya dia bisa sekolah yang isinya "main" melulu, tuh liat anak yang sekolah di tempat lain mah, hidupnya hanya dihabiskan buat belajar dan belajar ga berhenti-berhenti.

Eung....pola pikir saya lebay ga sih? hiks....

Dan melihat kondisinya yang begitu, akhirnya saya teh harus mikir lagi nih, duh...kayaknya mesti saya yang terjun lagi deh, mas iza emang cuma bisa fun kalau belajar sama mamanyah aja jigana mah...(jiaaah GR... wkwk), ga bisa 100% bergantung ama BIMBEL. Ya udah lah akhirnya beberapa hari ini saya pakepuk tah belajar...xixi. Dan saya baru ngeh, kenapa saya teh stress pas ngajarin mas iza, karena saya emang ga paham bener maksud yang saya ajarin itu apa. Dan ternyata ketika saya paham, saya teh bisa membuat si bahasan yang tampak rumit itu menjadi lebih terlihat sederhana, sehingga saya punya kemampuan masuk ke dalam pola pikir nya mas iza disesuaikan dengan tema yang dimaksud...terutama si FPB n KPK ituh....qiqi :-P.

Wallahu'alam.... perjalanan lika-liku sayah mendampingi anak belajar ini tampak lebay, lentur atau gimana, plis share dong, kasih tau lah yang idealnya teh kudu kumaha, soalnya kalau udah kelas 4 mah kayaknya konsepnya udah bukan bermain sambil belajar yah, tapi belajar sambil bermain....eh bener ga sih? atau yang benernya harusnya kumaha atuh nya?

Oh, ya....minggu yang lalu saya sebenernya sudah dibuat kembang kempis hidungnya oleh mas iza, karena bangga lihat dia tampil di masjid PEMKOT sebagai salah satu siswa yang dah lulus hafalan juz 30 nyah, dia lulus jadi hafidz juz 30, pas kenaikan kelas 3 bulan juni lalu, sekarang malah dah masuk juz 29, dengan bacaan yang bagus pula makhraj dan tajwidnya.Tapi dia tidak sendirian siy, ada sekitar 8 orang an temennya yang lainnya di kelas, ah...ga tau kenapa saya bahagia weh ngeliatnya.

Saya cerita ini bukan mau nyombong, cuma lagi ngingetin ama diri sendiri, bahwa jangan sampe saya teh saking stressnya ngeliat mas iza yang sedang "berjuang" mengejar akademiknya yang kurang, membuat saya teh lupaaa dengan kelebihan yang dia punya, soalnya seriiiiiiiiiiing pisan saya teh ngerasa gitu, ke anak teh ngeliat kekurangannyaaaaaaaaa melulu....huhuhu...Tapi tentu saja kekurangannya itu harus diupayakan solusinya yah, buat ngajarin dia juga konsep bersyukur teh adalah berjuang, bersyukur itu bukan berbangga diri dengan hasil yang ada, tapi terus dan terus berusaha memperbaiki diri semaksimal yang kita bisa.

Duh....apakah ini terlihat lebay juga yaks??...hiks

Istigfar....istigfar....duh ga mudah yah jadi mama yang baik teh, komo buat ibu-ibu alay jiga sayah....bantu do'a, semangat dan saran yaks teman-teman.....halagh....hihihi

Comments

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Review "Out of The Truck Box"

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)