Conquer Your Fear !!

"Keberanian sejati itu mengenal rasa takut"

Saya pernah baca kalimat itu dari buku nya Salim A Fillah, tapi lupa beliau kutip dari siapa. 

Pernah ga sih ngalamin ketakutan ? bukan takut sama hantu, maksudnya lebih ke rasa takut terhadap sesuatu aja gitu. Misal : mau ujian takut gagal, mau lahiran takut sakit, mau ngelamar kerja takut ditolak, dan masih banyak lagi deh contoh-contoh ketakutan yang lainnya. 

Saya pernah banget mengalami rasa takut, sering malahan :-P. Dalam postingan terdahulu, saya pernah cerita kan, gimana sih caranya ngilangin rasa takut nyetir....ya hadapi aja rasa takutnya dengan mulailah nyetir apapun yang terjadi. Sampai akhirnya saya sadar ternyata rasa takut saya itu sumber kekuatan sekaligus sumber keberanian saya. 


Nah...pemahaman ini tampaknya yang ingin disampaikan penyelenggara event "Science of Fear", betapa rasa takut saat sudah berhasil kita lewati, akan membuat kita takjub sendiri, betapa hal-hal menakutkan yang kita bayangkan, ternyata tidak semengerikan saat sudah betul-betul terjadi pada diri kita. Dan orang yang super pemberani awalnya justru karena punya setumpuk rasa takut yang sudah melampaui batas ekstrim, dimana saat semua rasa takut itu sudah tidak tertampung lagi, biasanya setumpuk ketakutan itu justru yang membuat kita seolah melesat menjadi seorang pemberani. So...syukuri aja rasa takut kita sebagai modal awal keberanian kita nantinya. 


Event ini diadakan oleh Pusat Sains Negara, dalam rangka acara cuti sekolah. Sebenarnya kami sekeluarga sudah lumayan sering datang ke sana. Di antara beberapa wisata edusains yang ada di Kuala Lumpur, memang hanya tempat ini yang paling menarik, karena tempatnya luas, harga tiket masuknya pun murah banget (untuk dewasa hanya 6 RM saja sedang anak-anak 3 RM), plus mainannya banyak banget. 


Pengunjung yang datang dikasih semacam kertas tantangan. Isi nya ada 6 tantangan yang harus dilewati, lalu pengunjung yang berhasil melewati keenam tantangan itu, diberi hadiah kaos dan pin. 

6 tantangan yang harus dilewati


Isi dari kertas tantangan itu yaitu :

1. Fear of Animal (Ketakutan pada binatang), tantangannya yaitu disuruh pegang ular, dan binatang-binatang yang menjijikan kayak ulat, bilatung dan yang semiripnya deh.

mas iza berani pegang ular uy .....huhuy 

2. Fear of Food (ketakutan pada makanan), tantangannya : pengunjung disuruh muter semacam papan undian gitu, nah...kalau jarumnya menunjuk pada satu jenis makanan yang harus dimakan, maka dia harus mau makan makanan itu. Tapi makanan yang harus dimakannya pun bukan makanan biasa, karena rasanya ancur pisaaaannn hihihi :-P 

3. Fear of Pharmachological Treatment (ketakutan pada pemeriksaan laboratorium), tantangannya cuma diperiksa kesehatan aja sih, tapi pake disuntik gitu kalau ga salah (yang ikutan mas iza soalnya, saya mah bagian reportase aja, sieun soalnya haha :-P ).

4. I'm Afraid of You.... Eung...yang ini rada ga jelas tantangannya apa, tertulisnya sih hanya disuruh menyusun gambar dalam waktu 30 detik (sekali lagi saya tegaskan, yang ikutan mas iza yaa, saya bagian reportase doang...hihi :-P ).


5. Balloon Bomb (letusan balon), tantangannya cuma disuruh niup balon sampe balonnya meletus.

6. Fear of Height (takut ketinggian ), tantangannya disuruh panjat dinding .


horeee...mas iza berani panjat dinding




Dan...sesuai janji panitia, kalau sudah berhasil melewati semua tantangannya, dapat kaos nya deh. Ini dia .....taraaaaa....

Entahlah....knp tulisan thn nya 2013 yaa.... jangan2 ini kaos sisa kulakan thn kemaren yg ga laku hahah :-P

Selain dapat kaos, dapat hadiah pin juga.



Dan....taraaaa.....Mas Iza pake kaos dan pin nya....huhuy....


Alhamdulillah.....pengalaman yang seru deh bisa datang dalam event itu, karena saya jadi paham, bahwa rasa takut itu ternyata anugerah yaa.... bersyukur sama Allah saat kita diberi rasa takut, karena dari situ justru awal kita mampu bergerak menuju keberanian yang sejati. 

Comments

Waaaah..hebat jadi berani pegang ular...Seru juga ya wahananya buat ngatasi rasa takut. Di Indonesia ada nggak ya mbak?
Ranii Saputra said…
bener juga yah, berawal dari rasa takut akan muncul keberanian..

konsep permainannya bagus bngt yah, melatih buat melawan rasa takut :D
Unknown said…
ye hidup rasa takut...kalo gak ada rasa, berarti gak ada keberanian...keberanian ada karena adanya ketakutan...halah.. hehe

salam kenal mak :)
Ade Anita said…
Pusat sains negara itu dimana sih Rena? Klcc itu bukan ya? *kepo
rena puspa said…
@mba nunung : itu bukan wahana mba....tp semacam event,...tiap liburan sekolah mrka suka ngadain acara, theme nya ganti2...dlu pernah ttg dinosaurus... klo wahana tetapnya sih....permainannya cenderung sains sederhana gitu...tp unik. Di indonesia udah byk jg kyknya....aku baca2 ktnya taman pintar sama wisata sains transtudio bdg jg ada tuuh
@rani : iya mba....mksh yaa dah mampir
@helni : hiihhi...iyaaa bgtulah mgkn yaaa...
@mba ade : di mont kiara mba... klo yg di KLCC namanya petrosains....petrosains mirip lah dg pusat sains negara, cuma yg petrosains mah kelas mewahnya hahah
Ila Rizky said…
keren ya, mba rena. bisa melewati semua tantangan itu. aku paling takut sama hewan melata. serem aja liatnya. heuheu. apalagi kalo dikalungin di leher :( kalo yang ketinggian mungkin biar anak berani naik tangga atau tempat2 tinggi kali ya. ada yang suka takut juga sama ketinggian.
Linda Satibi said…
ngebayangin kalau aku ke sana, kayaknya nggak lulus di tantangan makanan itu deh.. *blm apa2, dah brasa mual..
Lia Herliana said…
Blm bisa ngilangin takut ketinggian. Bisa kaku badan, ser-seran, sama pusing mendadak :p
rena puspa said…
@ila : sstss...sebenernya saya juga takut tuuh hahah :-P

@dongeng naura : hihi.....samaaaa

@linda : iiih...teteh beneran emaaaang rasa makanan yang harus dicoba nya ekstrim-ekstrim semua uy.

@ bunda nizhihai : heu...heu...ntar kalo kepepet kayaknya bakal berani deh...heu heu

Popular posts from this blog

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"

Kemandirian Financial Vs Kemandirian Psikologis, Lebih Baik yang Mana Dulu ?