Review "Out of The Truck Box"

Judul                    : Out of The Truck Box
Penulis                 : Iqbal Aji Daryono
Jumlah Halaman  : 308 Halaman
Penerbit                : Giga Pustaka
Tahun Terbit         : 2015
ISBN                    : 978-602-14016-0-6




Sebenernya ini bukan resensi yang ngikut aturan resensi buku pada umumnya, mungkin kebawa buku yang mau diresensiin nya juga kali ya, resensi ini mau "out of the box" jugak aaah, suka-suka saya weh gayanya wkwkwk, lagi pengen nulis yang ga pake aturan baku qiqiqi :-P.


******

Jujur aja.... tertarik sama buku ini karena testimoni buku ini seliweran hampir tiap hari di timeline, dan akun fesbuk sang penulis selalu ramai dikerubungin banyak orang, disamping itu saya juga lumayan ngikutin postingan status fesbuknya yang super ramai itu, walau juaraaang banget kasih jempol apalagi nulis komen xixixi, maap... bukan somse, tapi bagi saya para seleb fesbuk mungkin ga akan terlalu ngarep jempol atau komen dari saya, la wong udah rame kayak gitu qiqiqi.

Kebetulan beberapa hari yang lalu harus anter anak-anak masuk pesantren, eh... ndilalah hotel tempat menginap kok deket banget Gramedia, terus iseng blusukan, eh ketemu lah buku ini ada di antara buku-buku politik. Wiiih... jiper juga saya awalnya, haduh... saya kan baca buku pengen refreshing, lah ini kok malah dapet buku bertema politik, mana tebelnya sampai 308 halaman pulak, kuatir otak yang cuma segini-gininya meletus gitu kalow dipaksain baca buku politik hahaha. #elus-elus kepala sendiri..:-P #.


Tapi ternyata saya salah euy.... buku setebel 308 halaman ini cuma butuh waktu satu hari saja untuk menamatkannya, apa karena kecepatan baca saya yang super gitu ? bisa jadi iyah (eh salah)...ga segitunyaaa laaah hahah :-P :-P, tapi lebih karena isi bukunya yang super renyah, bikin saya terus ketagihan mengunyahnya sampai halaman terakhir, bayanginnn.... dari kata pengantar sampai profil penulisnya aja saya baca loh, karena isi nya emang "out of the box" bangeeetttsss, saya bacain semua bukan karena saya kurang kerjaan tapi sayang aja gitu kalau ada bagian yang kelewat...xixixi.


Oke... di mulai dari cover, di situ tertulis "Petualangan Seorang TKI Sopir Truk di Australia dan Lamunan-lamunan Liarnya". Yup.... bener... isi buku ini memang kumpulan hasil lamunan sang penulis yang punya seabrek pengalaman saat harus hidup sebagai sopir truk di Australia, tapi bukan lamunan biasa tentu saja, sarat kontempelasi yang cukup mendalam, mau dibilang berat tapi kok ga kerasa yak, karena kelincahan penulis dalam memilih kata membuat tema berat jadi kerasa ringan, tapi dibilang ringan juga ngga, karena ada beberapa tema-tema yang cukup dalem dan mungkin bisa bikin pening kepala jika ditulis oleh orang yang kurang lincah memilih kata-kata, eh bisa disulap "kriuk" aja oleh si penulis.

Pada bab awal diceritakan mengapa sang penulis bisa ada di Australia, dan mengapa juga dia memilih bekerja sebagai sopir truk lengkap dengan gambaran ritme kerja nya yang "luar binasa". Dan dari situlah semua kumpulan lamunannya bermula, keterasingannya di negara orang plus cara jitu membunuh rasa lelah yang luar biasa dengan ritme kerjanya, membuat dirinya rajin ber kontempelasi ria demi menikmati semua yang ada. Ternyata kenikmatan hidup itu bukan bersumber dari seberapa banyak yang berhasil kita dapatkan ya...tapi lebih ke seberapa pintar kita memaknai prosesnya.


Terus isi bukunya apa aja sih ? Yuk... kita bongkar...halah

Karena isi nya serupa "diary" sang penulis dengan penyusunan tema super random, rada lumayan bingung juga nih menceritakannya. Saya ambil bagian-bagian serunya saja yaa, di antara yang seru-seru semua...halah.


Bahasa Inggris Logat Banyumasan, baca bab ini mendadak saya merasa senasip sepenanggungan haha, kalau penulis yang kebetulan asal Jogja merasa putus asa dengan lidah jawa nya saat ber english ria, sedang saya putus asa dengan lidah sunda saya saat kudu ngenglish, dan benerrrr.... ending nya cuma bisa pasrah.... apa ini bukti saya ga belajar ? iiih... kurang apalagi saya belajar cobak.. tapi saya akui dari SMP nilai bahasa inggris saya emang selalu jeblok sih, pas kuliah juga sampe ngulang ikut semester pendek tetep aja nilainya begitu-begitu aja xixi, dan kesempatan belajar bahasa inggris sebenarnya terbuka lebar dengan posisi saya sekarang yang ga di Indonesia, eh tapi yang ada malah makin minder, makin jauh dari Indonesia malah bikin saya makin sadar betapa parahnya bahasa inggris sayah..haha..hiks,  beneran bikin frustasi, mana sama anak kedua saya pernah ditanya dengan wajah iba... "mama waktu kecil beneran pernah sekolah kan, kok aneh sih bahasa inggrisnya bisa ga lancar?" hahah..hiks. Yah... meski pun pengalaman sang penulis ga separah saya... tapi baca bab ini bikin saya merasa terhibur haha, lengkapnya seperti apa ? silakan nanti ngubek-ngubek sendiri yaa.

Minder Inlander, pada bab ini penulis ngomongin soal apa itu percaya diri. Kalimat yang kerasa mak jleb banget begini bunyi nya " Saat kehilangan kepercayaan diri, kekuatan kita akan hilang separuhnya" dan kutipan kata-kata Yamamoto Isoroku, Bapak Angkatan Laut Jepang yang berbunyi "Aku tidak pernah berniat mengalahkan lawanku. Aku berniat mengalahkan kepercayaan dirinya. Pikiran yang dirasuki keraguan tak bisa terfokus pada jalan kemenangan." Buat saya yang kadang masih suka minderan, nemu kata-kata ini berasa berlian banget deh....pegang erat-erat pokoknya (serasa balonku tinggal empat ku pegang erat-erat..xixi).


Menjadi Bapak, sebenarnya kisah sang penulis tentang perannya sebagai bapak ga cuma hadir di bab ini, tapi pada bagian ini kerasa "nyess" banget. Ada gambar tangan kecil nya Hayun anak semata wayangnya penulis yang menggambarkan sosok ayahnya sedang mengemudikan truknya. #meleleh deh mata ini heu heu#

Orang Resah Disayang Tuhan, bagian ini seru abis, karena penulis menceritakan dengan detil bagaimana dia bisa tetap makan dan update status plus balas komen sembari menyetir truk nya hahah, dan saya jadi susah buat komplein atas "pelanggarannya" itu karena dibalik cerita itu saya jadi paham, dalam keadaan yang super tertekan orang itu bisa mendadak pasrah lalu dari sana lah muncul berbagai keahlian, seperti makan dan main hape sembari tetap menyetir truk besar hahah, semua terpaksa dia lakukan karena kadang waktu makan pun ga sempat akibat ritme kerja yang gila, dan main hape terpaksa dia lakukan demi membunuh rasa bosan yang luar biasa saat menyetir.


Masih banyak keseruan lainnya dari buku ini, tapi bukan review dong kalau saya bocorin semua isinya, cuma... hmm... saya ngubek-ngubek dari halaman awal sampe akhir kok ga nemu "kisah kasih" dengan sang istri yak...ehem, sementara cerita-cerita tentang putri kesayangannya bernama Hayun lumayan banyak bertebaran. Eh tapi... membaca motivasi awal sang penulis berada di Australia, bisa jadi seluruh kisah dalam bukunya ini adalah bentuk kisah kasih versi "Out of The Box" nya kali yee... kurang cinta apalagi coba, karena dia rela ngejabanin kehidupan berat di Autralia dengan satu tujuan saja, apa itu ? menemani sang istri yang harus studi lagi karena tuntutan pekerjaan dari kampus tempatnya bekerja. Wiiih... romantis banget pan ??

*****


Hikmah besar yang berhasil saya ambil dari buku ini adalah bahwa kebenaran itu ternyata benar-benar bisa berserak di mana-mana, hanya orang-orang yang serius mencarinya lah yang akan menemukannya. Meski penuturan buku ini ada beberapa bagian yang kerasa "ekstrim kiri" dan "ekstrim kanan" bahkan ada juga yang kerasa "nabrak" xixi, tapi kerasa banget bahwa sang penulis gigih sekali mencari apa itu "kebenaran" dengan gaya khas nya. Pencarian kebenaran dengan menemukan jati diri sebenarnya satu paket dengan menemukan Pencipta Diri, di mana itu jadi modal banget untuk bisa memahami "diri-diri" yang ada di sekitar kita.


Buat saya pribadi.... selain Al-qur'an dan Hadits, semua teori yang ada di muka bumi ini status kebenarannya ga benar-benar mutlak kok, kemungkinan salahnya ada bangeeett.. namanya juga manusia tokh, tempatnya banyak salah kan ?? .karena setiap orang hanya lah "diri-diri" yang sedang berjuang mencari kebenaran lewat teori-teori itu, Para Pencari Tuhan lah ... kalau boleh nyontek dari salah satu judul sinetron ramadhan. Mengambil pelajaran dari buku ini... gigih lah terus mencari apa itu kebenaran dengan gaya kita sendiri, ga usah ragu....ketulusan kita dalam mencarinya akan membuat Allah luluh dan akan terus meraih kita jika saja saat masa pencarian kita "mungkin" nyasar kemana gituu, dan makin tulus niat pencarian kita.... maka kebenaran sejati itu akan makin menampakkan diri dalam bentuk yang se asli-aslinya.


Sebuah buku yang pas banget dibaca saat momen ramadhan ini, bukan buku religi, tapi isi nya ngajarin banyak hal tentang kebenaran dan pencarian makna kehidupan, insya allah.... akan menambah semangat ramadhan kita makin menyala deh.

























Comments

Kayaknya buku ini menarik nih..setelah aku baca resensinya ini.. Aku memang suka dgn buku2 yg kisahnya bergenre spt ini.. Mksh ya Mbak sdh bikin resensinya..blm pny dana buat beli kubu ini namun sdh sgt bersyukur bisa membacanya melalui resrnsi ini...
MunaMadrah said…
Iya...mak....biasa saya baca buku segitu selesainya sebulan...ini mah 3 hari aja wakakakk...itu prestasi buat saya. Dan mak rena cuman sehari...wow bangets deh...salam kenal dari Semarang
Kanianingsih said…
kalo di tobuk di bagian apa nyarinya teh?
Ika Puspitasari said…
salam kenal mb Rena
Jadi tertarik untuk baca buku ini. Hunting...aah
salam kenal mb rena..KUM jd menambah silaturahmi nih :)

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)