Birokrasi...Oh...Birokrasi

Semua udah sering denger kali yaa dengan yang namanya birokrasi. Terus yang kebayang di kepala kira-kira apa yaa kalau denger kata itu ? Kalau saya sih yang kebayangnya adalah wara-wiri bin pontang-panting nya dari A ke Z, ditambah cape ngantri bin galau ga jelas nunggu hasilnya hahah. Pokoknya apapun kegiatan yang berhubungan dengan birokrasi seperti ngurus KTP, Kartu Keluarga, akte dan masih banyak lagi, pasti image nya udah bikin pening kepala karena yang saya ceritain itu. So...apa sih sebenernya birokrasi ?? Baca-baca sekilas di wikipedia mah begini katanya definisinya :

Ehem....sok gaya...hahah...dziighh :-P

Birokrasi berasal dari kata bureaucracy (bahasa inggris bureau + cracy), diartikan sebagai suatu organisasi yang memiliki rantai komando dengan bentuk piramida, dimana lebih banyak orang berada ditingkat bawah dari pada tingkat atas, biasanya ditemui pada instansi yang sifatnya administratif maupun militerCara bekerja atau susunan pekerjaan yang serba lamban, serta menurut tata aturan (adat dan sebagainya) yang banyak liku-likunya dan sebagainya.

Demikian .... :-P

Entahlah saya salah atau ngga kalau semua sistem pengurusan dokumen itu masuk ke dalam bagian birokrasi, tapi yang saya tahu mah begitu sih, kalau salah....ya udah...gampang ntar diganti aja kutipan artikelnya....xixixi :-P.

Dibalik image ruwet yang berhubungan dengan pengurusan dokumen itu, emang seberapa penting sih semua itu buat diri kita, apa bener segitu besar manfaatnya buat kita ??

Jadi mendadak inget waktu ada even nulis tentang ASEAN, dimana salah satu tema tulisannya adalah menulis tentang visa dan tetek bengeknya yang berhubungan dengan dokumen penting gitu deh. Dan gara-gara itu saya akhirnya jadi tahu segimana ngaruhnya sih dokumen itu buat keberadaan kita. Kalau posisi kita masih di Indonesia, mungkin ga terlalu kentara manfaatnya selain untuk masuk sekolah atau beli2 investasi, tapi kalau udah di "luar" kayak sekarang, rada horor juga kalau kita cuek dengan urusan dokumen. 

Contoh jelasnya ya...seperti yang saya tulis dalam lomba ASEAN itu (lengkapnya disini ), misal ... kita berada di lokasi konflik, terus yang dipegang sama kita cuma paspor, n kita cuek ga ngurusin VISA dengan alasan males ribet, haduuh...ntar kalau ada apa2 tanpa keterangan jelas tujuan kita apa berada disana, dimana itu hanya bisa diketahui dari VISA yang kita pegang, bisa jadi kita yang awalnya mau wisata malah kena ciduk karena disangka teroris....(haishhh....udah kehabisan ide liburan yaa...wisata kok ke tempat konflik yak...ahaha). 


Jadi inget waktu 2 tahun lalu, disaat galau nunggu proses VISA tinggal di KL yang lama penantiannya beneran bikin emosi jiwa...hihihi. Gimana ngga emosi,  proses di mulai dari bulan September, sampai akhir Januari belum juga ada kabar juga bakal beresnya kapan. Sebenernya ga seberapa galau sih kalau kondisinya biasa2 aja. Masalahnya dulu perut ada "isi"nya, dengan usia kandungan udah masuk 31-32 minggu kalau ngga salah, mana rumah n segala dah dijual2in, suami dah resign dari perusahaan lama, anak2 dah pada nganggur di rumah karena dah pamit pindah dari sekolahnya. Makin stress kalau ketemu orang ditanya "kapan pindah ?" ahahah, dan lebih stress lagi kalau ada yang ngomong.. " loh...kok pindah sih, bukannya hidup di Balikpapan dah enak banget?!" deziggghhh...ahaha :-P :-P. 


Walau akhirnya berhasil berangkat juga, tapi hanya mengandalkan visa turis, karena visa tinggal belum ada kejelasan akan beres kapan. Dan...teteeeepp...pake drama saat mau pergi, karena semalem sebelum keberangkatan tiba-tiba dapet telepon, katanya perut saya harus ditutupi, dan kalau bisa jangan sampe ketauan saat itu saya lagi hamil tua, karena peraturan negara Malaysia bilang, maksimal ibu hamil yang masuk dalam wilayah negara mereka yaitu usia kandungan 6 bulan sahaja. Heu..heu..untung aja dulu model baju syahrini lagi ngetop2nya ahahah, alhamdulillah....perut saya memang mendadak terlihat "hilang" begitu saya pake baju "kebesaran" itu, dan sujud syukur....karena akhirnya saya lolos dari pertanyaan petugas imigrasi, karena disangka hamil 5 bulan doang :-P.


Fyuuh....bersyukur banget...walau udahnya ngeri sendiri, ya ampyuuun....kalau saja (misal) saya lahiran di pesawat dengan posisi saya yang hanya punya visa turis, saya mungkin tidak punya kekuatan hukum sama sekali untuk meminta perlindungan, atau minimal dapat pelayanan yang semestinya karena status saya kan ga jelas. Dan kalau saja (misalnya lebih ekstrim lagi) saya mati di perjalanan .... huaa...si negara penerima punya hak banget buat ga ngurusin jasad saya lah, karena ketidakjelasan status tadi. Heu..heu..

Jadi...kesimpulannya naon ieu teh nyaa...hihihi... teu puguh :-P

Yah...sebelum ngalamin ruwetnya birokrasi, mungkin ada baiknya paham benar fungsi masing-masing dokumen itu apa, dan paham banget jalur yang seharusnya seperti apa. Karena seringnya kita terjebak masuk dalam benang kusutnya, karena kita ngga ngerti, dan kalau mau memperjuangkannya pun ga tau harus kemana dan gimana.


Heu...heu...yah...begitulah.


Dan...ternyata masa2 2 tahun lalu harus saya alami lagi beberapa bulan terakhir ini....oh...no...hahah *ketawa perih :-P*. 

Ceritanya begimana ??....ntar lah...to be continue weh nyak xixi :-P






Comments

Hai mak, salam kenal yah :)
Iyaaa, ribet memang masalah biroktasi itu, jadi bikin males kalau mau ngurus surat-surat dan semacamnya, mana uang yg harus dikeluarin jg kadang ga sedikit ya..

Popular posts from this blog

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"

Kemandirian Financial Vs Kemandirian Psikologis, Lebih Baik yang Mana Dulu ?