Bahagia itu Alat Kesuksesan

Sebenernya feel guilty uy, dari dulu pengen banget nulis tentang ini ga sempet mulu (sok sibuk :-P ). buanyakkkkk banget yang pengen saya ceritain tentang kalimat yang tertera pada judul di atas, tapi... ya itu dia, riweuh ga jelas...heu..heu. Eh bukan hanya itu sih....saya masih nunggu pembuktian keyakinannya dulu, baru saya mau cerita-cerita hehe... #apa seeh :-P #

Pertama kali baca kalimat itu yaitu dari buku "Quantum Ikhlas" nya Pa Erbe Sentanu. Beliau sendiri mengutip kalimat itu dari pernyataan Ali Bin Abi Thalib, begini bunyi lengkapnya :

" Kebahagiaan ialah sesuatu yang dapat mengantarkan kepada kesuksesan (surga)." 
Ali bin Abi Thalib

Karena menurut kacamata Islam, sukses tertingginya orang hidup yaitu saat berhasil menikmati hidup di surga sesudah kematian nanti, dimana tentu saja sebelum bisa masuk ke surga akhirat, yaa mau ga mau kita harus meraih surga dunia nya dulu dong. Loh... kok surga dunia ?? iyaaa... karena kehidupan dunia inilah yang akan menjadi bekal kita nanti di akhirat. 

Sayangnya banyak yang salah kaprah uy dengan konsep ini, padahal ini konsep "wow" banget. Dengan punya pemikiran sukses sebenarnya itu surga akhirat,  "seharusnya" orang bakal punya kesuksesan yang "unlimited" di dunia ini, karena dengan berpikir seperti itu, orang akan terus sibuuuuuuuuukkk mempercantik ikhtiar, gigih berusaha, jarang takut gagal, karena dia berpikir semua rangkaian ikhtiarnya aja udah keitung ibadah yang bisa dia jadikan bekal untuk dapet sukses akhirat nanti, yaitu surga. Nah... jika yang dilakukan begitu, kebayang kan.... sukses dunia akan diraih juga laah, karena logikannya dengan ikhtiar yang gigih sesulit apapun proses ujungnya pasti keberhasilan, naaah.... keberhasilannya itu udah jadi surga dunia sendiri kaan, sebelum surga akhirat benar-benar datang ?? jadi memiliki konsep harus dapet  surga akhirat, seharusnya akan membuat kita gigih untuk dapet surga dunia juga loh.  Ibarat kita nanem padi pasti bakal panen padi plus rumputnya juga... gitu deh analoginya. hehe.

Sayangnya kebanyakan umat muslim malah berpikir, demi sukses akhirat, rela deh ga dapet sukses di dunia, ikhlas jadi orang teraniaya, rela jadi orang miskin seumur-umur, atau ga pa pa lah jadi kaum terpinggirkan, udah aja lah ngaji aja terus, diem di masjid sampai ngantuk... heu..heu (duh...istigfar ga segitunya juga sih). Punten pisan kalau ada yang punya pemikiran begitu saya mah ngga sependapat, karena saya mah yakin tujuan sukses akhirat itu justru mengharuskan kita sukses dunia, memiliki tujuan surga akhirat, justru akan membuat kita memiliki surga dunia juga. 

Naaah.... saya ini lagi bikin eksperimen dengan kata-kata di atas, kelinci percobaannya saya sendiri... wkwkwk, alatnya dunia nulis... hihi. Eksperimennya kayak apa ?? yukk.... simak hehe

***

Setelah saya pernah gila-gilaan lah ngejer pencapaian di dunia nulis yang ngga nyampe2.... wkwk, akhirnya saya pernah jenuh juga uy, yah... bertepatan dengan kondisi baby blues syndrome pas kelahiran anak ke 3 juga sih kayaknya. Beneran saya eneg aja gitu dengan dunia nulis, lihat beranda FB yang penuh dengan pencapaian temen-temen saya di dunia nulis, malah bikin saya makin eneg...wkwk. Malah udah sampe mikir, "Ah... kayaknya hobi saya ini bakal tamat deh, dan saya akan beralih profesi menjadi penulis status aja "...wkwk. Udah mikir gitu, saya lalu memilih untuk konsen dengan pemulihan baby blues syndrome saya sendiri, ditambah hiruk pikuk pindahan dan  urusan adaptasi sekolah anak-anak. 


Sampai pada titik....huaaa... pengen meledak, depresi dengan pencapaian nulis bergabung dengan depresi baby blues syndrome dan depresi yang lain-lainnya juga kali yaa :-P :-P .... terus pelan-pelan saya mendadak  pengen nulis lagi, tapi kali ini niatnya beda. Saya pengen nulis karena saya pengen sembuh dari depresi saya. Kebetulan dulu ketemu buku "Quantum Ikhlas" nya pa Erbe Sentanu dan Nick Vujicic, dan 2 buku itu beneran bikin saya kayak bangun dari tidur panjaaaaaaangggg. Dan saat niat nulis  saya"berubah", masya allah.... kemampuan nulis saya mendadak muncul lagi, ga cuma itu, saya dapet kebahagiaan yang sebelumnya ga pernah saya rasain, dan ini rasanya dahsyat banget uy. 


Saat itu saya bikin 2 naskah sekaligus, naskah non fiksi (Bahagia Ketika Ikhlas-dulu judulnya "Quantum Ikhlas for Mom"), dan naskah fiksi (belum terbit....doain yaaa hihi... aamiin). Saat kedua naskah itu beres, syukur alhamdulillah, saya mendadak fit banget secara fisik dan mental. Lalu setelah naskah beres, pengen dong naskahnya diterbitkan, maka mulai lagi deh perjuangan berikutnya yaitu mencari penerbit. Melalui perjuangan panjang, dapatlah jodoh penerbit untuk kedua naskah saya itu. 


Bangga bukan main dong, dan di kepala udah berkhayal aja...dalam waktu dekat saya bakal punya buku baru deh... hihi. Dan ajaibnya lagi, disaat bersamaan, saya tiba-tiba dapat job nulis dengan nominal yang lumayan deh buat ukuran penulis pemula kayak saya, mungkin bukan harga fantasitis dimata penulis lain, tapi itu buat saya "wow" banget lah, apalagi dengan sistem kerja 5 hari kerja dan salary dibayar perbulan, seolah lebih keren gitu, kayak pekerja kantoran, maklum lah saya kan inem yang belum pernah ngalamin kerja kantoran itu kayak apah, jadi weh dapat tawaran nulis gitu aja udah girang... xixi. Oh..ya... saat itu, orang yang bersangkutan malah berjanji salary akan naik kalau saya kerjanya bagus.


Pas dapat keberuntungan demi keberuntungan secara beruntun itu, beneran bikin saya makin percaya dengan konsep ikhlas yang diceritain pa Erbe Sentanu dalam bukunya itu. Walau tentu saja keyakinan itu harus diuji doooong, itu udah janji Allah, tujuannya apa? yaa.... Allah pasti pengen tau laaah yakinnya kita seberapa besar sih ?. Kalimatnya terbaca sederhana banget yaa.... tapi sangat tidak sederhana saat dirasakan langsung hahahah.


Lalu gimana kelanjutannya ?? Okay...demi pengen membuktikan bahwa "Bahagia itu Alat Kesuksesan", saya akhirnya menolak tuh tawaran nulis dengan bayaran tetap itu, karena saat itu saya merasa bahagianya saya dalam bidang nulis cuma ada di dua naskah yang akan siap jadi buku itu, dan saya rela kehilangan duit dari aktivitas nulis manapun, hanya demi  konsen dengan dua naskah itu, karena saya yakin kalau saya nerima job nulis dengan 5 hari kerja perminggu, ga mungkin saya bisa konsen nge revisi naskah yang dah siap terbit itu, dan disamping itu bahagia saya tetep anak-anak, saya ga mau dunia nulis sampai mengganggu kewajiban saya untuk anak-anak dan suami. Oh..ya...saat dulu saya memutuskan itu, tapi di otak masih narsis tuh mikir....aaah....duit akan ngalir kok kalau saya ngejer bahagianya dulu dari aktivitas nulis yang saya lakukan, bukan duitnya dulu yang jadi motivasi utama, saya yakin dengan pikiran saya itu....pake bangetttt malah yakinnya....wkwkwk #silahkan timpuk sayah rame-rame hahah#


Eung....kedengeran lebay pisan yaah, siapa gue gitu loh, penulis pemula udah sok iyeh gituh hahaha. Ga tau deh sok iyeh atau ngga, tapi saya udah lelah aja dengan tujuan nulis yang dulu, (misal: pengen dapet pujian, atau pengen dapet follower, dan yang terakhir pengen dapet duit) karena dengan motivasi nulis seperti itu bahagianya kerasa "eksternal" banget, ga bikin motivasi nulis saya ngalir natural. Saya pengen punya motivasi baru dalam menulis dimana sifatnya lebih "internal"supaya lebih kerasa "long lasting" aja. Dan saya pengen banget membuktikan ke diri saya sendiri, bahwa motivasi "internal" ini bisa juga kok menjaring sukses dunia (yaitu apresiasi dan duit). Saat itu saya juga bilang sama diri sendiri sih, ok...saya rela dibilang aneh deh demi pengen membuktikan ini...xixi.

Ok...deal... saya pun memutuskan fokus hanya dengan 2 naskah itu saja. Namun apa yang terjadi saudara-saudara, 2 naskah yang siap terbit itu pun batal terbit ternyatah hahahah. Ga cuma itu, saya pun ngalamin bener-bener gagal total dimana-mana deh, bahkan dalam kehidupan nyata sayah...wkwk. Saat mendapati diri ini gagal total, awal-awalnya masih optimis sih, tertawaan orang masih saya hadapi dengan nyengir (ah... ga banyak juga sih yang ngetawain..hihi #kalau memang banyak, saya anggap aja ga banyak lah :-P #). Nah... yang bikin perih.... seiring dengan waktu ternyata saya pun mulai tergoda untuk ngetawain diri saya sendiri, saya ngegetok kepala sendiri, iiih...elu naif bener sih jadi orang, jadi aja ribet semuanya deh....hidup jadi rumiiiittt karena elu terlalu naif...wkwkwk...hiks. Tau ga sih diketawain sama diri sendiri itu sakitnya disiniiiiiiiii , lebih perih dari diketawain orang lagiiii hahahah.... #nangiiiiiissss doooongg....wkwk #.


Walau akhirnya saya pun bangkit lagi, saya memutuskan tetep nulis apapun yang terjadi. Saya berpikir disinilah saatnya saya membuktikan cinta saya pada dunia nulis, bukankah cinta sejati sebenarnya itu memberi kan? eaaaaa.  Nah... saat itu saya merasa fase-fase itulah yang bikin saya bener-bener makin pengen membuktikan diri saya pada dunia nulis ini, beneran ga sih cinta saya, apa hanya gara-gara dapat halangan, terus saya menyerah?? Ihh... tapi dengan berpikir kayak gitu pembentukan motivasi "internal"nya malah makin dalem, saya malah makin asyik nulis tanpa peduli mau dapet apa saya nanti dari hasil nulis saya. Saya tetep bikin note walau ga ada yang kasih jempol satupun, dan saya juga tetep nge blog, walau mungkin viewer cuma seuprit.


Sampai akhirnya semangat nulis saya menggila lagi, lalu datanglah berita buku non fiksi saya terbit, dan ga cuma asal terbit, tapi terbitnya pun di penerbit yang lumayan besar yaitu Elexmedia, lalu waktu terbitnya pun dipercepat, yang seharusnya bulan Oktober mendadak terbit bulan Juli. Dan keberuntungan demi keberuntungan pun ngalir lagi, saat saya terus mati-matian menjaga motivasi nulis saya, apa itu motivasinya ?? ya..itu tadi " Bahagia itu Alat Kesuksesan."

Sampai saya pun dapat berita terakhir, kalau buku saya masuk rak best seller di salah satu toko  buku Gramedia di BSD,Tangerang. Huhuhu... nangis uy pas tau berita itu. Ternyata Allah itu ga bohong, miliki tujuan sukses akhirat, maka kamu akan meraih sukses dunia.


Hufff....moga-moga saya ga sedang riya yaa cerita kayak gini, intinya saya mah cuma pengen kasih kabar berita, yuk... kita jaga mati-matian motivasi "internal" kita kalau kita ingin meraih sukses apapun di dunia ini, karena motivasi "internal" itu akan mengundang hasil "eksternal" juga kok. Dan memiliki motivasi "internal" ini bikin semangat kita ga pernah padam bahkan disaat kita gagal total sekalipun. Jika kita menanam padi maka yang akan kita panen bukan cuma padinya aja, tapi rumputnya pun bisa kita penen. Maka teruslah punya cita-cita surga akhirat maka surga dunia pun insya allah akan kita dapatkan, walau tentu saja jalannya ga mudah, tapi terus saja memegang konsep ini kalau pengen bergerak dengan fokus sehingga hasilnya pun maksimal.

Aaah.... sukses versi saya ini tentu saja bukan sukses besar yang gimana gitu yaa di kalangan penulis yang lain, tapi buat saya, saat saya bisa  membuktikan pada diri sendiri tentang apa yang saya yakini, itu tuh udah sukses yang bikin bahagianya dari ujung rambut hingga ujung kaki rasanya deh... heu..heu...lebay. Tentu saja semua karena Allah yaah... semoga Allah menjaga hati saya supaya ngga riya saat nulis cerita ini, semoga nilai kebaikan Allah aja yang tetap nyampe ke pembaca yaa...makasiiiihhhh. Aamiin.








Salah satu cita-cita saya juga nih, bisa promo buku di radio MQFM

Alhamdulillah, pernah dapat kesempatan jadi pembicara di salah satu event kepenulisan IIDN Kuala Lumpur
Ayah Edy yang keren itu bisa mejeng bareng ama sayah, walau cuma di dalam rak buku, tapi udah bikin saya seneeeeeng...hoho

Salah satu penampakan buku saya di rak best seller





  

Comments

bundasugi said…
Selamat ya mbak Rena, bukunya masuk best seller. Ikutan senang.
rena puspa said…
terima kasih mbaa.... ini berkat supportmu juga kaaaann?!!, semoga aku jg bisa ngikutin produktifnya spt dirimu yaa... aamiin ^_^

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"