Selfie Story - Foto Bareng Teh Ninih


Baru ngeh ada lomba "selfie story", ga tau kenapa mendadak pengen ikutan, walau udahnya bingung karena pas saya ubek2 ternyata foto selfie saya kok ga banyak, kalaupun ada, pose-posenya pada ga jelas banget, dan terlalu aneh buat dishare hahah. 


Jujur saja...waktu jaman FB masih merebak plus hp dengan fitur kamera (salah satunya smartphone dengan smartfren nya) baru nge trend, saya emang seneng selfie an lalu di share di FB, tapi ga tau deh lama-lama saya bosen sendiri, karena sesudah itu baru menyadari difotoin orang kok hasilnya kerasa lebih bagus yak dibanding dengan foto selfie ...hahah. Yah.. Namanya juga manusia yaa.. Saat menemukan hal yang baru, ternyata malah merindukan yang lama, eh..manusia ?? jangan-jangan cuma saya aja...qiqiq :-D. 



Ok.. Deh.. Back to the topic.. Yaa



***



Hasil ngubek-ngubek foto, akhirnya dapet jugaaaa... Horeee, yaa... selfie story yang akan saya ceritakan ini ... Hmm... Masih ga jauh-jauh dari buku saya yang berjudul "Bahagia Ketika Ikhlas"... Ehem.



Buku solo saya memang baru satu, apa judulnya... Ya itu deeh... "Bahagia Ketika Ikhlas", walau baru satu tapi masih kerasa fenomenal banget buat saya karena seolah jadi tonggak sejarah dalam hidup saya. Ciee... Cieee.... Apaaa cobaa yaa.



Yaa.. Karena buku itu seolah jadi prasasti kebangkitan saya dari keterpurukan saya melawan depresi panjang. Yup... Aslinya saya ini cuma mantan orang depresi, dimana saya memakai media tulisan sebagai jalan penyembuhannya, maka jadilah buku saya itu diberi judul "Bahagia Ketika Ikhlas".



Ditakdirkan selalu hamil dan lahiran dengan kondisi pindah rumah, dari yang pindahnya cuma antar kota (anak pertama : Bandung -Jakarta) lalu antar pulau (anak kedua : Pulau Jawa - Pulau Kalimantan) dan antar negara (anak ketiga : Negara Indonesia - Negara Malaysia) membuat kondisi hamil dan melahirkan saya selalu penuh dengan sensasi haha. Ga tau deh... Emang saya nya aja kali yang bawaannya depresian plus tergolong jenis manusia yang sulit beradaptasi dalam waktu cepat di tempat baru, jadi aja semua nampak lebay. 



Yup... Saya kena depresi baby blues syndrome yang seolah ga pernah tuntas selama bertahun-tahun, namun secara ajaib akhirnya bisa tuntas melalui aktifitas menulis. Sujud syukur... Saat anak ke 3 beranjak besar, saya bisa sehat total dengan terus rutin menulis, makannya buku saya itu, begitu berkesan banget buat saya.



Dan... ternyata buku saya itu laris di kalangan ibu-ibu galau hahah. Ah... Untuk ibu-ibu maqom supermom, buku saya itu bisa jadi ga ada manfaatnya, karena disaat semua buku menyuruh para ibu untuk jadi "supermom", buku saya malah kebalik, nyuruh para ibu untuk jadi "original mom" saja.  Dan disaat hampir semua buku bilang, "raihlah segalanya maka anda akan bahagia", eeehh... buku saya juga malah kebalik, karena isinya justru berkata "berbahagialah maka anda akan meraih segalanya". 








Taraaaa.... ini dia bukunyaaa...hoho




Naah... Aneh kan ? Anti mainstream banget ga seeeh hahah. Ah Aslinya... bukan karena saya pingin sok-sokan anti mainstream, tapi beneran... Saya hanya ingin keluar dari zona "supermom" yang melelahkan dan pernah bikin saya depresi tiada ujung. Dan... Taraaa... Ternyata janji Allah benar... dengan jadi "original mom" asal minta terus pertolongan dariNya, nyatanya saya bisa meraih banyak hal lebih dari yang saya harapkan, bahkan melebihi dibandingkan dengan saat saya mati-matian pengen jadi supermom.



REJEKI  TAK DiSANGKA-SANGKA



Singkat cerita... Ada seorang pembaca yang begitu bahagia sesudah membaca buku saya itu, dia sendiri sama seperti saya, yaitu seorang ibu yang pernah berjuang  untuk bisa bebas dari yang namanya baby blues syndrome. Nama beliau... Mba Yana. Ah... Untuk ibu-ibu yang ngga pernah tau rasanya baby blues syndrome itu kayak apa, mungkin hanya bisa berpikir kami ini hanya sekumpulan para "drama queen" yang super lebay hahahah. 



Oke... Sipp...Back to the topic



Mba Yana karena punya pengalaman depresinya lebih berat, tapi kegigihannya untuk bebas lebih besar juga, sering membuat saya terharu, karena literatur dia seputar penyembuhan baby blouse syndrome buanyaaakk bangeet, saya belajar banyak dari berbagai literatur yang sering dia share di FB. Daaan... Puncak rasa haru saya adalah saat dia "ngotot" ingin membuat sebuah seminar untuk sosialisasi penyembuhan "Baby Bloues Syndrome" dan "Post Partum Depression" dengan mengundang saya sebagai pembicaranya. 



Glek... Pikir saya dalam hati, jadi pembicara seminar ?? Mana dia bilang akan diadakan di hotel pula, beneraaann....bikin saya paniiiikkkk... Hahah. Tadinya mau saya tolak karena saya ngeri membayangkan diri saya harus berbicara di luar kapasitas saya, tapi suami saya berusaha meyakinkan, dia bilang gini ..... 



"Udaaah... Terima aja, luruskan niat buat bantu orang, percaya deh ketidakmampuanmu pasti akan dimampukan sama Allah, niat tulus biasanya bakal bikin orang jadi mendadak jagoan."



Nyeeess... Denger suamiku ngomong begitu. 




Akhirnya ... walau masih ada rasa ga PD saya pun menerima undangan mba Yana.  Setelah itu mba Yana dengan salah satu temannya (mba Laila) begitu gigih berusaha mewujudkan acara seminar itu. Melihat kegigihan mereka, beneraaaan... Bikin saya ngerasa bersalah aja karena ga bisa bantu banyak sebab secara lokasi posisi kami berjauhan, mereka di jakarta, saya di Malaysia, dimana lokasi penyelenggaraan seminarnya memang direncanakan akan diadakan di Jakarta. So.. Endingnya saya cuma bisa bantu doa aja dari jauh... Hiks.. Hiks. 



Di tengah proses persiapan, saya mendapat kabar, ternyata tema seminar berubah, yaitu lebih fokus untuk bedah buku saya saja, namun lokasi dan jumlah peserta insya allah tidak berubah. Dan untuk melengkapi acara, maka saya pun pesan buku saya sejumlah 50 eks... Sesuai dengan perkiraan jumlah peserta. Yaa.. Biarpun seminarnya diadakan di hotel, tapi masih untuk skala kecil , mengingat jumlah panitia yang ga banyak, khawatir juga bikin terlalu besar yang ada malah nantinya berantakan karena ga kepegang.




Namun.... Qodarallah... Sekitar 2 minggu menjelang hari H, mba Yana memberi kabar, seminar dicancel karena pimpinan yayasan mendadak sakit, sehingga tidak bisa mengurus serangkaian proses birokrasi yang harus dijalankan. Dia berkali-kali minta maaf atas semuanya. 



Lalu... Saya kecewa ??!! Hihi... Beneran... Ga ada sama sekali rasa kecewa, karena saya merasa, (mba Yana ,mba Laila  dan saya) bekerja atas nama ketulusan, sehingga saya beneran ga kecewa sama sekali mendapati seminar itu gagal saat waktu pelaksanaannya sudah hampir tiba di depan mata. Saya berusaha menyemangati mereka, insya allah.... Allah itu tidak tidur, setiap niat sudah jadi pahala, kalau endingnya gagal itu sudah bukan urusan kita lagi. Back to basic... Buat saya...ukhuwah atas dasar ketulusan dengan mereka masih jauuuuuuuhhh lebih berharga dibandingkan dengan hanya gagalnya sebuah seminar. 




Namun..... satu-satunya yang jadi pikiran saya selanjutnya adalah buku saya sejumlah 50 eks yang sudah terlanjur dipesan ini mau saya apain ?? Hahah, mau dijadiin bungkus kacang kok sayang, dipendem juga takut dirubung rayap wkwkwk. Mau saya jual... Saya mikir... Hadooh.. Saya mudik ke Bandung cuma 2 minggu doang, gimana caranya bikin semua buku itu habis hanya dalam waktu 2 minggu saja.



Eh tapi... Saya akhirnya nekat sih... Koar-koar aja di FB ngiklanin buku saya, persis kayak pedagang asongan hahaha. Dan... Alhamdulillah pemesan datang satu demi satu, tapi masih jauuuuuuuuuh dari angka 50. 



Daaan... Saat seminggu menjelang pulang, buku saya baru laku sekitar 25 eksemplar saja. Dalam hati puter otak lagi... Duuuh gimana caranya yaa biar buku ini habis, soalnya kalau saya bawa ke Malay untuk saya jual di Malay, jujur aja disini hari-hari saya sudah habis hanya untuk aktifitas ngurus anak dan kerjaan domestik, ga kebayang kalau harus ditambah dengan dagang buku.. Udah nangis duluan deh mikirnya ahaha. 



Oke... Akhirnya saya dapet ide, aah... Mau nyoba jualan offline aja.  Eugh... Jualan offline?? Kerasa gaya benerrrrr istilahnya, bilang aja "jadi pedagang asongan" hahaha. Terus tiba-tiba... "Triiing" di otak inget... "Ahaaa... Kan di masjid DT (Daarut Tauhid, Bandung) ada kajian asmaul husna, kenapa saya ga nyoba jualan aja disana, pikir saya dalam hati, karena kebetulan hari itu pas banget hari kamis, dan memang ada jadwal kajian asmaul husna.



Lalu dengan semangat 45 saya pun datang ke sana, membawa rombongan sirkus alias anak-anak saya haha. Kebetulan anak-anak saya yang laki-laki emang lagi pada liburan, jadi saya emang pengen banget ngajak mereka nginep di DT menyela waktu liburan mereka, dan kebetulan orang tua saya juga di ajak, jadi emang beneran kayak rombongan sirkus karena gaya kami seperti orang yang mau piknik saja hahah. Oh..ya..suami saya ngga ikut karena dia harus kembali lagi ke Malay mengurus sesuatu di kantor. 



Setibanya disana, karena kami datang terlalu awal, akhirnya kami banyak bengong dulu tuuuh. Dan untuk mengisi rasa bosan mendadak saya dapet ide lagi, aah... Kalau jualan buku dengan cara "ngasong" kok rasanya masih terlalu malu yaa... Oke deh.. Kalau gitu saya mau coba nitip ke minimarket DT aja deh. Lalu saya pun bergegas mendatangi kantor pemasaran yang posisinya tepat di atas minimarket, eh diatas itu bukan di genteng dong yaa.. Di lantai 2 maksudnya haha (siapa juga yang nyangka di genteng yak... Ah elu Reeen wkwk). 



Sesampainya di kantor, saya disambut ramah banget oleh seorang petugasnya, namun saya diminta menunggu sebentar, karena yang mengurus distribusi buku bukan dia. 



Dan saya pun lalu menunggu... Namun orang yang ditunggu luamaaaa banget ga dateng-dateng. Saking lamanya yasmin sampai tidur dalam gendongan saya, dan saya pun hampir  ikutan tertidur juga wkwkw. 



Alhamdulillah...Setelah sekian lama akhirnya orang yang ditunggu pun dateng. Terus saya langsung aja to the point menyatakan maksud kedatangan saya ke sana. Namun kemudian saya dibuat kaget dengan sistem kerjasama yang ditawarkan, hiks... Potongannya kok gede banget... Huhuhu, akhirnya saya pun membatalkan niat saya untuk nitip jualan buku disana. 



Setelah keluar dari kantor, dengan kondisi tangan kiri menggendong yasmin dan tangan kanan ngegotong buku, entah kenapa tanduk "drama queen" saya pun langsung keluar hahah. Dalam hati saya mikir... Issh... Biarpun buku saya ini pernah dibandrol sebagai salah satu buku "best seller" di salah satu Toko Gramedia BSD , ternyata jualan buku dengan style pedagang asongan itu ga gampang yeee. Bayangiiiinn.....petugas di kantor DT itu pun lempeng aja tuuuuh saat saya bilang buku saya ini buku best seller, saya juga merasa konyol sih udahnya, ngapain juga gue ngomong kayak gitu, yaah... Namanya juga belum pengalaman kan nawar-nawarin buku, jadi aja culun wkwkw. Padahal tadinya saya berharap kalau saya kasih tau dia buku  saya itu buku best seller kali aja dia mikir 2x buat kasih potongan segede itu...padahal apa hubungannya coba yah... Hahaha.



Mungkin dalam hati dia berkata "Ooh...Best seller?? Terus emang kenapa?! Apa saya harus bilang "wow" sambil koprol gitu ?!! " Hahahha... Jlebbb. Aah... Dasar saya ini, kalau bloonnya lagi kumat emang suka ga liat-liat tempat deh.... Hahah... Hiks.



Lalu karena masih merasakan aura "drama queen" di sekujur tubuh, ditambah berat ngegendong Yasmin plus berat ngegotong buku , tanpa sadar airmata saya akhirnya keluar juga deh haha... Eeeaaa. Tapi ga lama sih, karena mendadak hujan gerimis datang, lalu airmata saya pun tersapu oleh air hujan... Eeeaa lagii (iiisshhh... Plis deh Reen.. Dangdutan banget siiiih eluuu hahaha.... Soundtrack... Mana soundtrack... Hahah). 



Sembari menunggu gerimis mereda, saya iseng aja bengong, sekedar membiarkan mata melihat orang yang lalu lalang lewat di depan saya. Hiruk pikuk lah pokoknya, yaa... Seperti biasa menjelang acara pengajian dimulai banyak banget orang yang jualan. Dari tempat saya bengong, persis di depan saya ada 2 orang pedagang, yang satu jualan jagung rebus dan satu lagi orang yang jualan bakwan hangat. Karena suasana emang lagi dingin gara-gara gerimis, saya lihat jualan mereka laris bangeeettttttt. Dan melihat mereka, ga tau kenapa saya jadi pingin ikutan jualan juga hihi, apalagi dong yang dijual kalau bukan buku saya si "Bahagia Ketika Ikhlas" tea ... Eaaa. Lalu saya pun nekad aja nerobos di antara mereka dan nawarin buku saya pada orang-orang yang lagi penuh sesak berebut jagung rebus dan bakwan hangat tersebut. 



Kemudian saya pun mulai "ngoceh" tuuuh, nahan rasa malu yang berjuta rasa gitu deh pokoknya huahah. Dan apa yang terjadi sodara-sodara, tak adeuuu satupun doong yang peduli, jangankan berniat mau beli bahkan melirik saya aja kagak... Eaaaa. Ternyata buku best seller saya tuuuh kalaaaaaaahhh jauuuuhh ama jagung rebus dan bakwan hangat di kala hujan gerimis huahahahah. 



Sakitnya tuuuh disiniiii !!!! ..Soundtrack.....Mana .... Soundtrack??!!! Ayooo mainkaaann....eaaa...Hahaha



Akhirnya saya memutuskan menyingkir saja deh dari tempat itu, sebelum pergi saya masih sempat melihat si emang jagung rebus senyum ke arah saya. Entah kenapa melihat senyumnya mendadak saya merasa dia  seolah pengen nunjukkin ke saya kalau saya kalah saingan dibanding dia dalam urusan dagang...hahaha, dasar sensi...padahal dia ngajak saingan aja kagak, sayanya aja yang GRan...sirik tanda tak mampu booow...wkwkw. Lalu seraya tersenyum, si emang tersebut malah mendekat ke arah saya, sambil berkata :



"Neng...bade jagung rebus teu, kagok neng...tos bade seep, ku abdi diobral weh nyak, khusus kangge neng mah dimirahkeun !!" -untuk translate tanya aja mbah gugel yaa haha-.


Halah... ternyata dia malah nawarin dagangannya cobak hahaha, dan buat ngilangin bete akhirnya saya beli aja deh. Sesudah beli jagung rebusnya, saya lalu memutuskan untuk masuk ke dalam masjid. Kebetulan saat itu baru saja selesai sholat ashar, sedangkan kajian asmaul husna baru akan dimulai sesudah isya. Karena Aa Gym sudah datang di waktu ashar, akhirnya kultum ba'da ashar pun diisi oleh beliau. 

Dan....tema kultumnya betul-betul menohok hati saya, tema apakah yang dibahas ?? isinya kurang lebih begini : "Ada kalanya saat ikhtiar kita  hampir sedikiiiittttttt lagi menuju keberhasilan, tiba-tiba Allah ambil semuanya, untuk apa ?? yaa... untuk membuat kita merasa bahwa jika suatu saat keberhasilan dapat kita raih memang semata-mata karena rahmat Allah, bukan gara-gara kegigihan ikhtiar kita. 

Bisa jadi karena suasana hati sayanya yang emang udah mellow, so... pas denger kata-kata Aa itu, saya nangis sampe sesenggukan, merasa ditampar keras banget dengan kata-kata itu, karena selama ini mungkin tanpa sadar saya masih sering bangga terlalu berlebihan dengan predikat "best seller" yang sempat mampir pada buku saya. Ya...manusiawi laah, sebagai manusia biasa apalagi penulis pemula rasa bangga itu pasti hinggap, dan bisa jadi saya sesekali (atau mungkin seringkali..hiks) lupa bersyukur, sehingga Allah buat perasaan hati saya sampe remuk redam kayak gitu....hufff.

Sehabis beres acara kultum, hati saya terasa ngemplong bangett, ada buanyak banget beban yang hilang, walau aura mellow tentu saja masih mengepung hati dong..heu heu. Daan akhirnya saat yang ditunggu datang juga, yaitu acara kajian asmaul husna. Sesaat sebelum Aa Gym naik mimbar, seperti biasa ada pemutaran murattal ayat-ayat al-qur'an dan bacaan asmaul husna. Entah kenapa mendengar lantunan murattal itu, hati saya banjir lagi deh, dan saya nangis lagi sampe sesenggukan, pas lagi nangis mendadak inget senyum si emang jagung rebus...#eh salah#.. hahah.


Dan setelah selesai menuntaskan tangis saya, tiba-tiba aja...jeleguuurr....sesosok wanita datang duduk persis di sebelah saya, refleks kepala saya langsung menoleh ke arahnya, dan saya pun terbelalak girang, saat menyadari sang wanita itu adalah Teh Ninih yang memang sudah jadi idola saya selama ini. Huaaa... pengen jingkrak-jingkrak gitu deh rasanya, tapinya ditahan dong... plis deeh Reen... ini masjid...looh...masjid...hahah...okee siaap!!. Lalu saya pun nyosor menyapanya, dan disambut ramah banget oleh beliau, dan saya juga nyosor bilang kepadanya bahwa saya ingin berfoto bersamanya dengan gaya malu-malu gituu deehh :-P :-P .

"Teh... mau ijin foto selfie boleh ga?" tanya saya.

Lalu beliau menjawab, "Eeeh...iya atuuuh...boleeeh, atau minta tolong difotoin aja atuh biar lebih bagus hasilnya??."

Tapi saya jawab :" Ngga ah..teh, pengen selfie an aja!"

Teteh pun tersenyum...lalu kami ber..cissss... jeprettt... senyuuummm. Fotonya disetting sengaja rada burem begitu karena saya rada grogi juga dengan mata saya yang bengkak abis nangis, khawatir makin keliatan culunnya gituuuu...huahahah. 

Hmm... duduk dekat dengan beliau bikin hati saya adeeeeeem banget, lalu hati saya berbisik, Ah...Ya..Allah   berdekatan dengan orang yang Engkau sayangi aja udah segini ademnya yaa, apalagi dekat langsung denganMu huhuhu...hiks #lap airmata#. 

Melihat sosoknya membuat saya merasa kerdil banget, karena saya biar udah nulis buku berjudul "Bahagia Ketika Ikhlas", tapi ternyata masih bisa nangis bombay saat kalah dagang dengan tukang jagung rebus whahaha, sedang beliau.... duuuh... ilmu ikhlasnya tentu saja sudah tidak usah kita pertanyakan lagi. 



***

Yah... begitu deh, kisah seru dibalik foto selfie saya bersama Teh Ninih. Buat saya momen tersebut masuk dalam kategori rejeki yang tidak disangka-sangka. Ah... beneran rejeki itu ga melulu harus berhubungan dengan uang, pendefinisian ulang tentang konsep nikmat pun ternyata bisa masuk dalam kategori rejeki yang tidak disangka-sangka. 

Ah... betapa banyak rejeki yang tidak disangka-sangka mampir dalam hidup saya, namun bisa jadi saya tidak pernah menyadarinya, karena saya yang terlalu rumit membuat definisi rejeki selama ini. 

Oh..yaa...beberapa hari sesudah berfoto selfie dengan Teh Ninih, mendadak pemesanan buku saya via FB pun bejibun, so... 40 buku pun ludes tepat 2 hari sebelum pulang, dan akhirnya sisa hanya tinggal 2 eks saja setelah beberapa hari saya kembali ke Malay (kebetulan saya titip bapa saya untuk proses pengirimannya). Dan sebelum pulang ke Malay, saya pun masih sempat menghadiri acara bedah buku kecil-kecilan untuk buku saya yang diprakarsai mba Santy di Depok, dengan maksud menggantikan acara seminar yang gagal dilaksanakan. Acara Bedah bukunya sederhana banget, hanya mengambil tempat secuil di emper masjid UI, yang datang pun ga banyak, yaitu hanya 7 orang saja, namun saya tetep merasakan banyak energi dari pertemuan itu. Yup... energi berbagi yang disambut dengan energi menerima, membuat acara sederhana itu kerasa bermakna banget buat saya. Di kelilingi banyak sahabat yang tulus juga menjadi salah satu rejeki buat saya. 



Alhamdulillah.... semoga kita semua termasuk dalam golongan orang-orang yang senantiasa bersyukur yaa... aaamiin.



Tulisan ini diikutkan dalam lomba "selfie story", info lengkapnya ada pada link berikut :




Comments

Wah....bersyukur banget ya Mbak dapat kesempatan selfie bareng Teh Ninih... Momen langka nih...
Wah....bersyukur banget ya Mbak, bisa selfie bareng Teh Ninih... Ini momen langka tentunya gak semua orang bisa selfie dengan beliau...
Nova said…
Saya ngefans sama anaknya ibu ninih gdahaigda nih mak, eh bener ga sih namanya haha btw saya juga ikutan nih :D.www.novawijaya.com/2015/04/selfie-story-in-beautiful-island.html
Nufa Zee said…
Panjaang cerita dibalik selfie dengan Teh Ninih ya Teh Rena, oh ya Teh baby blues syndrome itu memang ada ya 〒_〒 ? kirain di Barat aja adanya Teh,

Baca juga selfie story Nurul disini ya Teh hehehe www.nufazee.blogspot.com
Murtiyarini said…
Ngiri bisa selfie sama teh Ninih.
widih teh Ninih
amin ya teh
salam silaturahim dari saya
@guru5seni8
penulis di www.kartunet.or.id
dn http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

Popular posts from this blog

Catatan Workshop Psikodrama , Jakarta, 3 -4 Februari 2024

Giveaway "Bahagia Ketika Ikhlas"

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)