Mas Izaa....ramadhan datang yaa....yuk..siap-siap...

Alhamdulillah......

Ga kerasa....18 hari lagi dah ketemu ramadhan yaa....

hmm....harapannya??...kayaknya masih sama dengan tahun sebelumnya pengen banget kualitas ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.....klise yaa....hoo....abis gimana lagi.....emang cuma itu yang ada di kepalaku saat ini...hehe.

Tapi....tahun ini....mas iza dah kelas 3...heu...apa hubungannya? ...

Ya....karena waktu tahun kemaren kan dia cuma batal 3 hari dari 30 hari puasa, itu juga batal karena sakit sepulang kegiatan "ramadhan camp" yang mengharuskan dia menginap di sekolah "dingin-dinginan" sembari terus berpuasa. Nah pengennya tahun ini puasa dia bisa pooll deh, so... aku sebagai ibunya harus jadi juru suporter yang handal supaya dia terus semangat puasa dari hari pertama sampai hari ke 30.

Ah...sebenernya bukan cuma puasa poll yaa....yang aku ingin kenalkan sama Riza, tapi hikmah puasa itu sendiri, batal-batal agak banyak juga masih jamak-jamak aja buat anak seumur dia, tapi yang sebenernya aku ingin dia paham adalah adanya perasaan butuh akan pentingnya puasa buat dirinya, kasarnya .....oke deh...ga pa pa batalnya misalnya setengah bulan....tapi dalam batalnya itu dia menyadari betapa ga enaknya kalau ga puasa. Heu....lebay ngga siy??...eung...ngga yaa...semoga...hehe.

Sebenernya hikmah puasa itu jauh lebih konkrit dan mudah dijelaskan sama anak ketimbang hikmah shalat....hmm....jujur....sampai detik ini saya mewajibkan Riza shalat 5 waktu yaa....hanya sekedar ingin membiasakan dia shalat dan disaat umur 10 tahun, dimana dia sudah masuk dalam daftar orang yang wajib shalat
dia sudah terbiasa, yaaa.....ini juga masih penuh perjuangan, walaupun endingnya dia nurut, tapi keliatan banget dari gerakan shalatnya, kalau dia shalat cuma biar mamanya berhenti ngoceh nyuruh-nyuruh dia shalat, kadang dengan gerakan misuh-misuh setengah ga ikhlas, atau juga gerakan diskon rakaat, so..dia bisa asyik lagi sama game nya atau main dengan sepedanya tanpa harus mendengar teriakan mamanya lagi...huehehe....yaa...lumayan laaah....namanya juga anak-anak, lagipula jujur saja....aku juga sampai detik ini masih kesulitan menerangkan manfaat shalat dalam bentuk konkrit yang mudah dipahami anak-anak, berusaha mindahin hikmah shalatnya versi abu sangkan ke bahasa anak-anak.....fiuufff....belum bisaaaa...

Tapi kalau puasa....kayaknya keliatan banget deh manfaat konkritnya..

contoh....

Pas Lapar...........

tahan yaa.....ntar....begitu buka kita bisa ngerasain............duuuh ternyata makan biar cuma pake lauk tempe...misal...rasanya bisa enaaaaakk bangeeett.....soalnya sebelum buka kita emang ngerasa lapaaaar banget, kasarnya mah roti bantat pun bisa punya rasa enak luar biasa kalau lagi lapar mah, padahal pas buka puasa kan kadang makanan yang tersaji suka lebih special.

hikmahnya : .....oo...ternyata dari laparnya puasa itu bisa jadi belajar menikmati makanan apa adanya

Pas haus.........

tahan yaa.........ntar.....begitu buka kita bisa ngerasain..........duuuuh ternyata minum itu bener-bener bikin seger kerongkongan yang dah kering seharian, apalagi kalau minumnya pake teh manis.......padahal pas puasa, ngeliat air akuarium, atau air sungai mengalir aja dah ngiler luar biasa.

hikmahnya : ...oo....ternyata dari rasa haus puasa itu bisa juga belajar menikmati minum.

Eung.....hikmah versi aku yang kepikir baru itu uy.....hihihihi....yang ga tau juga itu bener apa ngga yaa... rencananya pengen mulai diceritain nih ama mas iza.....tapi masih ragu-ragu juga.....kira-kira pas ga yaaa...


hihihihihi......kita lihat saja deeh.

tunggu ntar sekuel lanjutannya.....kira-kira bekerja dengan baik ga resepnya....xixix


Comments

Popular posts from this blog

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"

Kemandirian Financial Vs Kemandirian Psikologis, Lebih Baik yang Mana Dulu ?