Resiko Bergaul

Ketika kita bergaul dengan orang lain entah itu via dunia maya atau dunia nyata, pasti lah ada "bersinggungan", maksudnya kalau ngga kita yang tersinggung sama orang lain, bisa juga kita yang menyinggung orang lain.

Terus...gimana atuh ya? biar ga saling bersinggungan, ga usah bergaul aja gitu??...

Hmm...hihi...yah ga segitunya kali yaa, selama kita ini masih berspecies manusia, kebutuhan bergaul itu akan selalu ada, dan yang namanya kebutuhan kalau tidak terpenuhi kan memicu ketidakseimbangan, kalau dah ga seimbang, seperti biasa lah...ujung-ujungnya nanti stress deeh.

Selama kita masih menginginkan sebuah perkembangan dalam hidup kita, ya selama itu pula kita butuh sebuah komunitas yang disebut pergaulan, kecuali kalau kita dah ga pingin berkembang lagi, ya sudah....ga bergaul ga apa-apa, eh tapi masalah itu kan semakin lama semakin komplek, terus kalau kita nya ga mau berkembang kumaha atuh, emang bisa gitu kita survive hidup mengatasi masalah tanpa ilmu?? eung...bisa sih, cuma ntar banyakan stress nya kali yaa.

So...yah.. kalau gitu mau ga mau kita tetep butuh bergaul laaaah. Kalau misalnya ada saat kita menyinggung orang lain, ya udah minta maaf aja dengan tulus, ga pake gengsi atau merendahkan diri karena kesalahan kita, ntar orang yang bersangkutan juga mual kalau kita minta maaf nya ampe lebay dikasih bonus merendahkan diri segala..xixi, secara yang dibutuhkan orang yang merasa tersinggung oleh kata-kata kita hanya sebuah permintaan maaf tulus aja, itu aja deh....ga lebih ga kurang. Come on be fokus Reen.. :-P

Naaah....kalau ada masanya kita nih yang tersinggung dengan kata-kata orang lain, lebih gampang nih, karena ini mah urusannya dengan diri kita sendiri. Yah...tinggal dimaafin aja, kalau misalnya kita perlu omongin apa yang bikin kita sakit hati ke orang yang bersangkutan, yah diomongin aja dengan santun dan fokus, jangan pake bumbu macem2....xixi, tapi kalau melihat orangnya ga bisa nerima kalau disalahin, ya udah...di keep dalam hati, kalau ga masih ga kuat ....ya udah ngadu aja ama Allah, pake bonus nangis??...boleeeh laah biar lega...ga usah malu nangis di depan Allah mah, dijamin moal dihina...hihihi. Terus kalau masih mengganjal juga, pake jurus doa mohon dilapangkan, kalau udah berdoa ga lega juga, ya udah....lari keliling lapangan 10x aja biar keringeten, terus cape, n kalau dah cape langsung ngantuk terus tidur...daaan lupaaa kan ama masalahnya...hahaha...

So...tetap bergaul ah...mari menikmati perbedaan yang ada, dan dapatkan ilmu dan hikmah dari setiap perbedaan itu...keep smile... hihihihi..

*kade tong hilap sikat gigi, kalau mau senyum lama-lama...:-P*

Comments

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"