Baby Blues Syndrome

Waktu jaman saya masih gadis, saya suka baca lah berbagai syndrome yang terjadi pada wanita, dari mulai PMS (premenstrual syndrome), terus pre menoupouse syndrome, sampai post power syndrome...eh...yang terakhir mah salah ding hahah :-P.

Nah...waktu gadis, satu-satunya syndrome yang baru dialami cuma PMS, dan ketika saya masih gadis, saya termasuk yang beruntung, karena secara fisik dan mental asli sama sekali ga ada perubahan yang signifikan lah ketika haid akan datang. Semua terasa damai aja, untuk urusan fisik saya ga mengalami sakit perut, pusing kepala, mual dan lain-lainnya, sedangkan untuk urusan batin, karena ga menjelang haid aja udah hobi uring-uringan, jadi ya... saya ga merasa ada perubahan berarti gitu ketika haid datang, hahaha, untungnya uring-uringannya ga nambah parah sih pas haidnya datang, ga kebayang kalau nambah parah, mungkin rumah sakit bakal penuh (apa hubungannya...haha :-P).

Waktu dulu, suka iba dengan teman-teman yang mengalami sakit fisik lumayan parah ketika haid datang, sampai ada yang nangis guling-guling loh, dan ijin ga sekolah, karena mengalami sakit perut dan sakit kepala luar biasa katanya...duuh...hiks. Terus ada juga temen yang secara fisik baik-baik saja, tapi secara mental galau bin resah gelisah tea, pengennya marah-marah mulu, ngeliatnya juga meni lieur, soalnya perbedaannya jauh banget, dari bidadari cantik nan lembut berubah jadi serigala jahat tea yang siap menerkam mangsa...hahah :-P. Tapi dulu saya sok sebel aja gitu ama teman yang menghiperbolakan PMS nya, seolah-olah gara-gara PMS boleh dong marah-marah sembarangan, haha :-P, entah kenapa dulu saya begitu sotoy nya sampai berpikir kayak gitu, padahal buat yang mengalami perubahan mental mungkin emang separah itu kali yaa, duuh...maafkan saya ya temans (halah...naon sih :-P).



Ketika saya menikah, tepatnya saat baru saja melahirkan anak pertama, baru deh tau istilah baby blues syndrome, tapi dulu juga cuma sekilas, dan ga paham terlalu banyak gitu deh. Cuma dalam keseharian, saya memang mengalami rasa yang berbeda memang, perasaan desprete melulu, gampang tersinggung, ga percaya diri, pengen marah-marah, dan masih banyak lagi. Tapi dulu saya ga langsung memvonis diri saya kena baby blues syndrome sih, soalnya kepikir kalau bikin vonis seperti itu, seolah sedang membolehkan input negatif masuk ke dalam pikiran saya, jadi saya dulu malah berpikir, ah ini mungkin cuma gara-gara kecapean habis melahirkan saja, atau bisa juga karena saya masih adaptasi dengan yang namanya hidup berrumah tangga, jadi aja seperti itu.

Tapi pas melahirkan anak kedua, eh kenapa begitu lagi yah, cuma lagi-lagi dulu juga bikin defence sih, bahwa semua terjadi mungkin karena dulu saya 40 hari pasca melahirkan saya langsung proses pindahan, n 2 minggu setelah berada di tempat baru (dulu di balikpapan) mendadak anak saya yang sulung masuk ICU karena demam berdarah, jadi ya dulu saya berpikir...ah...cuma kecapean weh meureunan.

Dan menjelang proses kelahiran anak ketiga, terus terang aja saya deg-degan takut mengalami lagi, makannya pencetus rasa lelah yang saya pikir bakal membuat saya mengalami syndrome yang sama seperti kelahiran anak ke 1 dan ke 2, berusaha keras diminimalisir lah, walau sedikit susah mensiasatinya karena lagi-lagi dapet rejeki kudu pindahan dalam momen hamil dan melahirkan...xixi. Tapi kalau dipikir-pikir, momennya masih lebih pas dibanding pas kelahiran anak ke2, karena saya pindah sebelum melahirkan, jadi masih ada waktu adaptasi tempat baru tanpa harus direpotkan dengan adaptasi dengan bayi nya.

Namun entah kenapa, untuk kelahiran anak yang ke 3 ini, rasanya saya mengalami hal yang sama lagi deh seperti 2 kelahiran anak saya yang terdahulu...huhu..hiks.  Perasaan udah sekuat tenaga berjuang supaya tidak berkubang dalam situasi yang sama seperti dulu, namun entah kenapa, makin saya tekan, rasanya malah makin kayak mau meledak gitu...jadi untuk kondisi yang sekarang, udah ah, mau mengikhlaskan diri aja, bahwa it's ok, kalau baby blues syndrome nya kejadian lagi. Dan ini bukan sebuah hal yang memalukan untuk diakui kok...heu...tapi kepikir juga sih, kalau bikin pembenaran gini, apa ga nambah lebay yak....hoho, tapi siapa lagi atuh yah yang mau memaafkan begitu banyak kekurangan diri kita kalau bukan kita sendiri ya...hihi (itu yang bilang pak mario teguh kok, saya mah nyontek aja :-D). Ngarep nya mah kalau situasi ini diterima, saya jadi lebih rileks gitu yaa, n ga bikin sebuah standar yang jauuuh di luar kemampuan saya.

Baca-baca di artikel mah, biar gimana syndrome ini memang ada uy, dan hormon-hormon yang memimpin proses ini juga memang benar-benar ada dalam tubuh wanita yang habis melahirkan. Walau tentu saja kita teh jangan sampai jadi berlindung dibalik semua hormon itu supaya kita bisa bikin pembenaran bahwa kita teh butuh dipahami, soalnya kalau bikin sugesti kayak gitu, nanti nya malah jadi lebay dan galau ketika ternyata tidak ada yang memahami hahaha :-P, memahami semua ini memang ada dalam diri, hanya untuk memberi ruang pada diri kita sendiri supaya kita bisa menyembuhkan diri sendiri, dan memahami yang sebenarnya terjadi. Soalnya siapa lagi yang mau menyembuhkannya kalau bukan kita sendiri, kalaupun ada orang lain yang mau memahami, intinya balik lagi sebenernya yang paling paham sama kita yaa...kita sendiri.

Ya...gitu deh, karena proses penciptaan perempuan ketika masih ada di rahim "katanya" lebih dominan dipimpin oleh hormon-hormon yang berhubungan dengan area emosi, jadi weh...ketika lahir ke dunia, para wanita emang mau ga mau kudu berhubungan dengan hormon yang banyak banget ngaduk-ngaduk wilayah "rasa" yaa. Ga pa pa lah...justru disitulah fungsi nya perempuan sebagai penyeimbang hidup para lelaki yang logic....qiqi :-P, dan sama qur'an juga udah disebutkan begitu, jadi nyante we lah...da ceuk Allah ge kodratnya wanita emang seperti ini...xixi. Tapi tentu saja semua hormon itu harus kita pimpin dengan baik yaa....biar dia ga kebalik malah menguasai diri kita :-D.

Semoga saya juga bisa memimpin semua hormon ini dengan baik, supaya segala syndrome yang terjadi dalam tubuh saya teh bisa berjalan apa adanya saja, tanpa harus berlebay-lebay ria terlalu lama...hihihi.

Soalnya nanti sekitar 15 tahun lagi udah harus berhadapan dengan syndrome pre menopause tea (meureun), berharap ketika itu terjadi saya teu nga gubrak teuing meureunan kalau udah tau runutan prosesnya seperti apa.....halah....helloooo....pliss deh, masih lama gitu loooh. :-D




Comments

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Review "Out of The Truck Box"

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)