The Person I Admire Most (Surat cinta mas iza buat mama nya)


Pulang sekolah sore tadi mas iza datang membawa hasil paper test JSLA trial untuk pelajaran english dan social studies. Nilai kedua mata pelajaran itu adalah 52 dan 51. Hmm...buat ibu-ibu lain mendapati anaknya punya nilai segitu mungkin gimanaaaaa gitu yaaaa, apalagi anaknya sudah duduk di kelas 6 dimana waktu ujian kelulusan tinggal menghitung hari ....hihi :-P,Daaannn....saya juga begitu ternyata...qiqi.

Saat pertama kali melihat kedua angka tadi, dalam hati langsung aja refleks berpikir....oh..masih segitu juga yah, walau sudah di atas standar lulus (kabarnya bisa lulus kalau di atas 49), tapi tetep aja saya grogi....haduuh...gimana kalau nanti ga lulus yah, secara nilainya kok mepet begini....hiks.


Walau pada akhirnya saya tetap bersyukur atas ini, karena sebelumnya saya sudah lumayan biasa dikasih hasil paper test dengan angka 30 dan 40 saja :-D :-D. Jadi dapet nilai diatas 50 sudah menjadi sebuah kemajuan buat mas iza di mata saya. Lagipula saya sudah cukup dibuat bahagia dengan hasil rapot semester yang baru dibagikan seminggu yang lalu, yaitu nilai rata-rata rapotnya 71. Gimana ngga bahagia, la wong 2 hari sebelum exam saya masih sempat dikasih tau hasil monthly test yang ternyata nilainya cuma dapet 45 :-P, untung saja gurunya punya kebijakan memilih hanya nilai terbaik saja yang masuk dalam angka rapot ditambah dari hasil tugas dengan homework, jadi nilainya bisa terdongkrak banyak. Fyuuuh.


Tapi JSLA tetep beda dengan Rapot, kalau di indonesia JSLA tuh semirip dengan UAN kali yaa (jaman saya dulu mah EBTANAS), jadi nilainya emang bener-bener ngandelin dari tes itu aja ga bisa dibantu dari tugas, homework atau yang lainnya. Jadi yah....lumayan stress juga, dipatok harus lulus dengan nilai standar sekian, sedang hasil trial yang ada nilainya masih begitulah.....hihihi :-P.


Dan kebiasaan saya kalau sudah dikasih hasil paper test, suka ngebahas bareng-bareng tuh sama mas iza soal-soal mana yang salah dan susah. Termasuk sore tadi juga berencana akan begitu, tapi sebelum ngebahas, iseng saya bolak-balik dulu seluruh lembaran testnya, daaaaannnn....begitu saya baca lembaran terakhir di paper test englishnya, saya ternganga dengan mata nyaris berair, karenaaaaaaa saya membaca bagian writing nya yang berjudul "The Person I Admire Most". Begini deh....isi tulisannya....heheheh


The Person I Admire Most

Once I was a baby but grew up into a child. There was someone who is took care of me. Who? The answer is my mother.

My mother loves me. She took care of me and she is the person I admire most. My mother was 36 years old. She kind hearted woman.

Why I admire my mother? It's because when she was teaching me, she was teaching me with kindness and she is not strict at all.

I learnt a lot of things from her. She loves her son and daughter. There is no mother who didn't love her son and daughter like my mom. And Jannah is on her feet.

This is what our religion teaches us to respect every mother (kalimat yang ini ditambahin sama gurunya).


Setelah beres baca tulisan itu, saya langsung nanya sama mas iza, kok pilih mama jadi tema tulisannya, terus dia jawab, "abis yang ada di kepala aku cuma kepikirnya mama".


Dengan mata makin berair, saya lalu bilang..."Eung....mas iza....kita bahas soal2nya besok lagi aja deh, mama pengen tidur2an dulu aja yaaa." Terus habis itu saya langsung lari masuk kamar dan nangis deh di kamar....hahaha :-P.

Pas nangis mendadak terbayang deh, semua kekonyolan saya saat2 ngajarin mas iza. Sang mama yang punya kemampuan english minimalis banget sehingga membuat dia sampe pgn banget kursus bahasa inggris hanya supaya bisa ngerti semua buku teks pelajarannya mas iza, dan niat kursusnya pun gagal karena setelah menjalani placement test yg nilainya cuma 40, guru kursusnya ngga juga kontak menentukan kapan harus mulai :-D.

Tapi herannya si mama yang punya kemampuan pas2an ini, masih aja nekad luar biasa terus nemenin mas iza belajar. Dengan modal google translate kami belajar bareng. Kadang kita ketawa bareng, karena udah ditranslate ke google, tetep aja kita masih ga ngerti apa maksud soalnya hahaha. Tapi saya terus bilang sama mas iza, kita harus terus berusaha....suatu saat nanti kita pasti bisa. Sebetulnya saya sudah sering nawarin sama dia untuk panggil guru les buat ngadepin JSLA nanti, karena saya sebenernya nyerah ngadepin materinya yang segitu banyak. Tapi mas iza keukeuh cuma pengen belajar sama mama. Fyuuuh. Walau pas kelas 5 (pas baru banget sampe disini) sempet panggil guru les sih, guru arabic yang kebetulan sama-sama orang Indonesia. Tapi cuma beberapa bulan saja sudah itu stop. Disamping itu sempet les english juga sama math, tapi ujung2nya tetep mas iza minta mamanya yang ngajarin heu...heu (kecuali arabic ding, mama nya bener2 nyerah, untungnya untuk pelajaran ini mas iza cukup menonjol nilainya, jd ngurangin beban mamanya deh :-P).

Ada suatu kejadian lucu....suatu hari dapet homework math 5 soal, dan saya nyoba ngerjain 4 soal, dan pas dikumpulin ternyata yang saya kerjain itu salah semua...hahah....haduh. Tapi mas iza dengan polos bilang, "Ga pa pa ma...kita kan masih bisa coba lagi, mama kan sering bilang kayak gitu."Huff.


Yah....pindah sekolah beda negara, dengan masuk ke sekolah sekarang langsung kelas tinggi yaitu kelas 5, ditambah sekolah mas iza terdahulu sekolah alam yang memiliki sistem beda jauh dengan sekolah dia yang sekarang . Membuat saya harus membuat anak tangga sendiri yang mampu menghubungkan perbedaan di antara keduanya. Dan ijinkan saya berkata....ini bukan perkara yang mudah buat saya, karena anak tangga yang saya buat bukan melulu soal menaikkan nilai pelajarannya, tapi adaptasi bahasa, pergaulan, lingkungan.


Kenapa saya yang harus buat anak tangganya? kenapa ga langsung cari guru les super hebat yang mungkin bisa membantu, yah...sebodo-bodonnya saya jadi ibu, tetep saya yang paling paham anak saya itu seperti apa. Kapan saya harus mem push, kapan saya harus nge rem, cuma saya yang harus tahu itu. Tapi saat belajar saya selalu bilang sama mas iza, kita belajar bersama, ini perjuangan kita bersama, kita harus terus optimis, selalu....itu yang sering saya bilang sama mas iza, heu...sebenernya kata-kata itu buat memotivasi saya yang jujur aja ngrasa ga sanggup bin ga yakin  akan mampu melewati semuanya dengan baik hahah.


Dan dalam kondisi stress rasa optimisnya mulai menipis nih, dan berubah jadi pasrah. Saking pasrahnya sering banget saya cerita kalau nabi kita muhammad pas pertama kali menerima pelajaran dari Allah itu buta huruf ga bisa apa2, tapi sama Allah dimampukan untuk membaca sampai bisa menguasai berbagai ilmu. Jadi kalau Allah mau, ilmu sesusah apapun akan Dia mudahkan masuk ke otak kita kalau kita yakin bisa. Entahlah....itu benar atau tidak, tapi kata-kata itu meluncur begitu saja dari mulut saya, yang sebenernya saking saya sudah putus asa karena kami berdua udah jungkir balik belajar tapi rasanya belum ada perkembangan yang berarti...hahah. Boleh dibilang ini putus asa versi soleh kali ya....wkwk :-P.


Tapi anehnya mas iza percaya penuh dengan kata-kata saya ini, dan dia mendadak sholat lebih tepat waktu malah sehabis sholat saya sering memergoki dia lagi berdoa khusyu banget. Pas ngintip dia berdoa, saya suka nangis dan sering membayangkan, kalau saja mamanya mas iza seseorang yang lebih hebat dari saya (terutama yang jago bahasa inggris), mungkin dia akan lebih hebat dari keadaannya sekarang. Dalam tangis saya selalu berdoa semoga Allah yang menjaga langsung dirinya dan menyempurnakan semua kekurangan saya dalam mengasuh dan mendidiknya.


Dan...malam ini lagi-lagi saya menangis, menangis terharu, karena saya yang penuh kekurangan ini ternyata begitu diterima apa adanya oleh mas iza, malah mas iza bisa membuat tulisan sebagus itu hanya untuk menceritakan seorang mama nya.

*nangis sambil dengerin  lagu "I won't give up" nya jason mraz*








Comments

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"