Cita-Citaku

Ngomongin soal cita-cita, hmm... Sebenernya cita-cita saya apa sih ?? Jadi penulis kah ? Iya... Sih, tapi... Ada tapi nya. Tapi nya apaan ??

***
Banner GA Every Mom Has a Story


Mendadak jadi inget obrolan saya dengan Azwan (anak ke2) saya. Dari sejak dia umur 4,5 tahun, selalu saja dia bertanya cita-cita saya apa, pertanyaan itu terus berulang-ulang dia tanyakan sampai sekarang umur nya 7,5 tahun. Dan anehnya jawaban saya masih sama terus, saya bilang sama dia, cita-cita mama kan pengen jadi mama yang baik buat kamu, pengen jadi mama yang ga banyak diprotes mulu ama kamu, cuma karena mama ga jago masak, mama ga jago bahasa inggris, mama sering nyasar kalau nyetir, haha (yah.. anak saya ini ekspresif banget, dia tuh yang paling sering protes dengan semua kekurangan saya ).

Dan urusan cita-cita saya pun lagi-lagi diprotes deh sama dia, dia bilang "Iihh... Mama kok cita-citanya ga pengen kayak aku, jadi astrounot, atau scientist atau kayak papa gitu yang keren." Terus saya jawab, "Loh emang jadi mama yang baik itu ga keren yah, abis kamu banyak protes siiih, jadi aja mama kepaksa belajar terus nih biar ga kacau-kacau banget haha, naah... untuk jadi mama yang ga banyak diprotes sama kamu aja udah pusing, gimana ceritanya kalau mama harus nambah cita-cita yang lain lagi coba haha".

Terus dia masih penasaran, nanya lagi deh dia... "A..h.a... Aku tau, cita-cita mama pasti pengen jadi penulis kan ?"

Ditodong pertanyaan itu saya diem lamaaaaa banget, eeh tapi endingnya saya jawab lagi, "Iyaa... Mama pengen jadi penulis tapi... Teteeeppp cita-cita mama sih pengen jadi mama yang baik."

Terus dia manyun lagi deh dijawab begitu haha.

Yah de... Emang sih cita-cita mama pengen jadi penulis, pengen jadi penulis yang bisa membawa kebaikan untuk mama dan keluarga kita, syukur-syukur bisa membawa kebaikan buat sekitar. Tapi mau gimana lagi, cita-cita mama pengen jadi mama yang baik masih lebih tinggi dari cita-cita mama jadi penulis..De.

Asal kamu tau.... jadi mama yang baik itu jauh lebih susah dibanding jadi penulis loh .. De. Bayangin.... 24 jam mama ini harus full stamina, jadi entertainer kamu, mas Iza n Yasmin, dari mulai siapin makan, atau kadang jadi sopir keliling-keliling ga jelas muter-muter Putrajaya selama liburan 2,5 bulan ini hanya supaya kamu, mas Iza n Yasmin seneng. Mama harus terus senyum walau sebenernya hati mama lagi sedih, dan mama harus kelihatan sehat walau sebenernya mama lagi sakit, mama kadang pura-pura sangat PD saat kamu menghadapi tantangan baru, padahal sebetulnya mama sangat tegaaang dan ga PD, hanya supaya kamu berani terus menghadapi tantangan itu.


Asal kamu tau ya... De, jadi mama itu harus nekat, dari mulai nekat melawan rasa takut sampe nekat menahan rasa malu haha. Mama yang belum lancar nyetir, tiba-tiba nekat luar biasa nyetir di tengah jalan raya segede gaban, saat baru tiba di KL karena terpaksa harus anter jemput kamu dan mas Iza pulang sekolah. Dan mama yang ga bisa bahasa inggris ini dulu terpaksa harus nekat ngajarin kamu n mas Iza belajar, supaya apa ?? supaya kamu juara ? Bukaaaannn... Supaya kamu tau, rasa panikmu menghadapi tantangan di sekolah barumu itu ada mama yang temani. Mama yang bodo pun ga pernah malu buat belajar, apalagi kamu yang lebih pinter dari mama. Kalaupun akhirnya kalian dapet piala... Biarlah itu jadi bonus aja yaa... Karena sebenernya mama sih cuma pengen kamu ama mas Iza, jadi anak-anak yang berani, jangan takut menghadapi masalah, terus mencoba, jangan menyerah, urusan piala, juara, tepuk tangan mah gampang lah... Biar jadi urusan Allah aja kapan kita layak dapat semua itu. Walau tentu saja mama seneng lihat piala-piala itu, mama yang lancar bahasa sunda ini ternyata punya anak yang best english di kelasnya... Hiks. Tuh kan... Rejeki Allah mah luas yaa... Ga bergantung dari mama.


Dan... Sekarang, kamu kembali menghadapi masa sulit, saat Allah mentakdirkan kamu dan mas Iza harus pindah sekolah lagi, yang dulu bahasa pengantarnya Bahasa Inggris dan Malay, sekarang bahasa pengantarnya English dan Arab, dan karena adaptasi bahasa, terpaksa kamu ga jadi nomer 1,2 atau 3 lagi di kelas, seperti saat dulu, malah jadi nomer terakhir yaa sekarang... Xixixi. Tenang dee... Ga pa pa... Pokok nya percaya aja dulu sama Allah, kondisi sekarang Allah yang atur, Allah pasti udah siapin solusinya kok, kita cuma disuruh berjuang. Lagian ga ada masalah ah dengan yang namanya gagal, ga ada masalah dengan yang namanya urutan terakhir, kalau sesekali atau malah seringkali. Karena momen ini justru jadi ajang kompetisi yang sebenarnya, kamu kan aslinya emang seneng kompetisi, naah... Kalau dulu kompetsisinya melawan orang lain, sekarang kompetisinya melawan diri sendiri. Asal kamu tau de... Kompetisi melawan diri sendiri itu jauh lebih susah dibanding melawan orang lain, melawan rasa takut, melawan rasa malu, melawan rasa ga PD, ayo... Kita lawan semua yaa... Insya allah... Nanti kamu akan menikmati hasilnya. Orang-orang sukses itu berasal dari kehidupan yang berat, kehidupan yang penuh kegagalan namun dia ga pernah berhenti mencoba.


Dan asal kamu tau .. De, jadi mama itu harus nekat nahan rasa malu haha. Saking mama pengeeeen jadi mama yang baik, semua cemas dan harapan mama itu mama tulis di Word, dan saat naskahnya jadi, mama nekat kirimin ke penerbit. Dan mama nekat banget nahan malu berniat nerbitin buku mama ini di penerbit besar, emang sih dalam rangka kelebayan dan kenarsisan juga, pengen ngejer gengsi gimana rasanya sih bisa terbit buku di bawah bendera Gramedia haha, tapi endingnya mama pikir, duuh kalau diterbitin di penerbit besar, kemungkinan semua orang membaca dan mengaminkan harapan mama untuk jadi mama yang baik kan bakal lebih besar lagi yaa.. De, biar mama ini jadi mama yang baik betulan, ga cuma di buku, ga cuma di FB, biar saat kamu doain mama masuk surga tuh bener-bener karena kamu sayang sama mama, bukan cuma karena takut jadi anak durhaka. Naaah...makannya mama nekat tuuh kirimin ke penerbit Elexmedia, walau sebenernya udahnya mama tegang, ini kenapa buku curhat mama jadi buku parenting, dan kenapa juga buku mama selalu dijejerin sama bukunya Ayah Edy, padahal papa kita kan namanya Ayah Adi... Hahah #apa coba yaa #


Salah satu penampakan buku solo saya bersama buku Ayah Edy (dokumen pribadi)


Buku Solo Saya "Bahagia Ketika Ikhlas" (dokumen pribadi)


Yah... Begitulah de... Ternyata cita-cita jadi mama yang baik itu masih jauh lebih susah dibanding cita-cita jadi penulis ya... De. Pantes aja balasannya surga, coba kalau balesannya kipas angin, pasti gampang... Xixi. Insya allah... Cita-cita jadi penulis sih akan selalu ada rejekinya, yaitu rejeki ide, rejeki waktu, dan rejeki kesempatan, asal cita-cita mama yang utama lebih mama dahulukan.... De.


Gituuuuu... Naaaah.... Kurang keren gimana lagiii coba cita-cita mama ini ... De Azwan.... Hihihihi.


Tulisan ini diikutsertakan dalam GA Every Mom Has a Story #Stopmomwar, info lengkapnya dapat langsung meluncur disini



foto dengan Mas Azwan (dokumen pribadi)


Comments

Abdul Cholik said…
Segera wujudkan mimpimu,Nak.
Caranya: Mulai menulis hari ini. Ide nggak usah mencari ke angkasa atau dasar lautan. Cukup apa yang disukai dan dikuasai yaitu apa yang dilihat,didengar, dirasa, dan dialami.
Sebagai Ibu, yang paling dekat adalah parenting dan cooking. Itu saja yang ditulis.
Jika sehari menulis satu lembar maka dalam 100 hari sudah dapat 100 lembar.
Itu sudah cukup untuk diterbtkan menjadi buku.

Itu juga yang saya lakukan.

Semoga berjaya dalam GA
Salam hangat dari Surabaya
Santi Dewi said…
Menjadi seorang ibu yg baik utk anak2nya memang susah ya mba... tapi itu adalah cita2 mulia seorang ibu dan hadiahnya InsyaAllah surga. Saya pun sedang berproses menjadi ibu yg baik utk anak2 saya. Saya berharap anak2 saya puas akan didikan saya sebagai ibunya
Enci harmoni said…
pengen jadi penulis juga nech mak....meskipun mau nulis masih kejar-kejaran dengan mengasuh anak....
Rina Susanti said…
anak inspirasi tak bertepi ya mak...bahkan bisa jadi sebuah buku
Anonymous said…
Mak Renaaa... sungguh keren dirimu maak... Wah, ternyata book author, kereen, kereeen...!
Sarah ufaira said…
Sama cita-citanya mak.. menjadi ibu mengharuskan kita menjadi pembelajar sepanjang waktu. :)
Oci YM said…
Toss... cita-citanya sammmaaaa. Keren ini mah Mbak postingannya, bisa sekalian promo buku hahaha... *sontek aaaah :D
Oci YM said…
Toss... cita-citanya sammmaaa... Keren ini mah postingannya Mbak, sekalian promo buku hahaha.... *sontek aaah :D

Popular posts from this blog

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"

Kemandirian Financial Vs Kemandirian Psikologis, Lebih Baik yang Mana Dulu ?