Bijak Saat Menegakkan Kebenaran

"Barangsiapa di antara kamu melihat kemungkaran, maka hendaklah ia mengubah dengan tangannya, jika ia tidak mampu cegahlah dengan lisannya, dan apabila tidak mampu maka dengan hatinya. Yang demikian itu adalah selemah-lemah iman." (H.R. Imam Muslim)

Kenapa tiba-tiba hadits di atas saya cantumkan sebagai pembuka tulisan ?? ini ceritanya dalam rangka pengen ikut-ikutan ngomongin salah satu mentri dalam kabinet baru yang lagi rame jadi bahan pembicaraan itu.


Isshh.... tumben-tumbenan saya ngomongin kabinet segala ...hihi, hmm... ga tau deh, mendadak lagi pengen ngomongin ini aja.... udah... gitu doang sih, ga lebih :-P.

Eh... tapi saya ngga lagi mau ngomongin kabinet yang ini looo... catet yaa..BUKAN...hoho :-P
Waktu jaman kampanye capres, entah kenapa saya ngga tergoda sama sekali buat ikut terlibat buka komentar bergabung dengan panasnya aura kampanye yang ada , bahkan bikin status yang ngomongin soal capres aja paling banyak mungkin cuma 2 atau 3 kali saja, itupun isinya netral bangeeett, bener2 ga berpihak pada kubu manapun. Entah apatis atau ngga , ga tau juga yah, yang pasti lebih karena kampanye capres kan deketan waktunya dengan bulan ramadhan, jadi dulu kayaknya badan lemes aja, dan otak pun males mikir, lalu lebih memilih konsentrasi ke urusan masak apa yaa... buat buka puasa dan sahur nanti.... xixi, ditambah dulu badan lagi sering sakit juga sih, jadi asa ga keotakkan uy buat mikirin debat capres segala heu.. heu . 


Lagipula semua status-status yang lewat di beranda FB rasanya udah lengkap semua deh kerennya, jadi dulu saya ngga merasa harus menuh-menuhin timeline dengan status FB saya sendiri yang belum jelas juga ada atau ngga manfaatnya, kalau cuma asal ngoceh doang. Yaa... dulu saya bagian mengaamiinkan aja sih semua status-status inspiratif seputar kampanye capres, terima kasih pokoknya buat yang rutin bikin status keren soal capres, jadi aja saya yang kudet ini lumayan banyak tau perkembangannya hanya dengan mantengin FB doang...hehe.


Lalu sekarang kenapa dong mendadak saya ikut-ikutan ngomongin salah satu mentri yang lagi rame diomongin itu ? simpel aja sih, yang pertama, karena sekarang saya lagi sehat, dan sekarang bukan bulan ramadhan, jadi badan ngga terlalu lemes gitu....xixixi. Lagian baca-baca di timeline, ternyata belum ada yang ngomongin ide yang sama dengan yang bakal saya tulis ini, jadi ya udah....bismillah aja lah, saya ikut buka komentar deh ngomongin kabinet yang baru terbentuk itu.


Pertama-tama saya ucapkan selamat bekerja untuk seluruh jajaran kabinet yang ada yaa...saya tau  bapak dan ibu semua bukan malaikat, makannya ga ada yang sempurna, dengan segala kekurangan dan kelebihannya, insya allah saya dukung doa deh buat kelancaran kerjanya yaa... aamiin. 

Dan di antara kumpulan manusia tidak sempurna tersebut, ada yang memancing perhatian banget memang, yaitu ibu mentri yang nyentrik karena beliau merokok dan badannya penuh dengan tato. 


Bicara soal rokok dan tato, sebenernya itu ga berlaku untuk kaum wanita aja yaa, laki-laki juga terkena hukum yang sama kok, hanya sayangnya saat laki-laki melakukan hal yang sama, image nya ga seburuk dibanding dengan wanita sebagai pelakunya. 


Terus gimana dong ? gimana caranya kasih contoh yang baik ke generasi muda, kalau mentrinya aja kayak gitu, apalagi ini perempuan pulak, dalam image masyarakat kita, seorang perempuan perokok seolah udah pasti bejatnya gitu, dan sebaliknya kalau laki-laki begitu mah, yaa... cuma salah aja , ga lebih dari itu, laki-laki perokok mah wajar, tapi kalau wanita perokok kurang ajar, gitu lah kasarnya mah. Hmm... asa ga adil yah, kenapa saat laki-laki berbuat salah yang sama kok masih dimenangkan, lalu kenapa tidak demikian dengan wanita, seolah dengan salah yang sama, wanita mah kiamat sebelum waktunya gitu deh posisi kesalahannya. Ssstt... para wanita berpikir positif aja deh, itu artinya wanita mah kemungkinan untuk jadi baiknya lebih besar yaa, karena dengan salah yang sama seluruh dunia tuh yang ngingetinnya, bandingkan dengan laki-laki, mereka mah anteng aja dengan salahnya karena ga ada yang terlalu mendramatisir kesalahannya xixixi :-P.

Oke... kembali ke topik, terus posisi kita sebagai rakyat gimana yaa enaknya, biar beban tanggung jawab kita untuk mengingatkan pun gugur. 


Hmm....untuk mengingatkan yang salah, hadits yang saya cantumin di atas itu baguuuuuuuss banget, Rasulullah mengajarkan kita memakai urutan yang benar saat kita ingin mengingatkan sebuah kesalahan yang ada di sekitar kita. 


Dimulai dari menolak dengan hati, lalu tolak dengan lisan, baru yang terakhir menolak dengan perbuatan. Urutan ini ada maksudnya loh, terus maksudnya gimana ?. 

Seperti disebutkan di atas, selemah-lemah iman seseorang dalam menegakkan kebenaran itu yaa... dengan hati, maksud hadits ini ga semata-mata bahwa orang yang hanya menolak dengan hati itu orang lemah sih, tujuan besarnya hadits di atas adalah, saat ingin menolak kemungkaran dengan lisan atau tindakan pastikanlah kita sudah punya keimanan yang lebih kuat dibanding saat kita menolak hanya dengan hati. 

Kenapa ?? karena dengan iman yang sudah lebih tebal, proses penegakkan kebenarannya pun cenderung lebih fokus dan tulus tanpa dibarengi hawa nafsu dan kemarahan kita, pun lebih efektif merubah kebaikannya tanpa kita nya sendiri jadi ikut-ikutan terbawa buruk saat kita pake gaya penolakan yang "sradak-sruduk" ga jelas. 


Untuk sampe ke iman yang kuat yaa... memang harus dari iman yang lemah dulu sih, untuk sampe pada tahapan merubah dengan lisan dan tindakan, pastikan kita sudah melewati urutan yang paling pertamanya dulu yaaa, yaitu menolak dengan hati. Penolakan dengan hati yang dipenuhi ketulusan, tanpa ada nyinyir, diiringi dengan doa terdalam agar si pembuat salah betul-betul diberi hidayah, akan membuat hati kita bersih, sehingga saat kita memiliki kekuatan untuk masuk ke tahap selanjutnya yaitu merubah dengan lisan dan tindakan yaaa.... proses penolakannya pun akan terasa lebih bertenaga gitu, lebih kerasa tulusnya, dan mungkin bakal lebih kerasa kasih sayangnya ke orang yang ingin kita rubah. Sehingga orangnya pun lebih mau mendengar nasehat kita, tanpa merasa sedang diserang sama sekali.


Nah.... sekarang mari kita kembali ke topik yaa, terus kalau yang salah seorang mentri kira-kira kita ada kemungkinan ga sih ngobrol langsung dengan beliau untuk mengingatkan salahnya ?? kalau misalnya ada, yaa... lakukanlah, namun pastikan yaa urutannya seperti yang saya ceritakan di atas, mainkan hati kita disana, jadi kalau misalnya proses mengingatkannya gagal total sekalipun, minimal kita nya ga jadi kebawa buruk gitu karena hati kita penuuuuh ama cacian. makian dan nyinyiran. 

Tapi... kalau kemungkinan untuk merubah lewat lisan dan tindakan belum ada, saya mah menyarankannya.... ya udah.... doa penolakan dengan hatinya aja yang lebih dibesarkan, hindarkan mengeluarkan komen negatif yang ga penting, sampai akhirnya mengotori hati kita sendiri, sedang perubahan yang terjadi nya pun ga ada. Besarkan doa penuh ketulusan yaa... jangan diem aja. Dan jangan sekali-sekali meremehkan doa looh, doa terdalam itu efeknya dahsyat banget lagiii. 


Untuk urusan kenapa sih Pak Presiden Jokowi memilih beliau, sstss... udah ah, ga usah mengomentari sesuatu yang kita ga punya kuasa apa-apa atasnya, yang pasti sebodoh-bodohnya seorang presiden masih lebih pinter dari kita-kita laaah, emang dipikirnya enak gitu jadi presiden, pusiiiiing lagiiii.... xixixixi. 


So... yuk ah.... besarkan doa penuh ketulusan untuk jajaran kabinet baru kita, nasib Indonesia ada di tangan mereka, jangan tambahkan beban mereka dengan nyinyiran kita, tapi beri kekuatan mereka dengan doa-doa terdalam kita.


Hayooo.... pernah ga doain Indoensia dengan tulus ?? xixixi #nyengir deh hihi :-P #  






Comments

Sary Melati said…
Hadeh berat banget ini mah bahasannya, mak xixixi..

mendingan kita berprasangka positif dan kirim doa ajah ya, biar yg buruk2 dihilangkan, yang baik-baik dimudahkan. aamiin.
rena puspa said…
isshhh.... masa berat sih ? brp kilo beratnya ? wkwk :-P,

iyaa bener mbaa.... melakukan yg paling mungkin kita lakukan aja yaa.... yaitu berdoa heu heu

Popular posts from this blog

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"

Catatan Workshop Psikodrama , Jakarta, 3 -4 Februari 2024