I love Balikpapan


Akhirnya keluar juga kata-kata ini. Bisa mencintai kota ini dengan segala kekurangan dan kelebihannya, bukan perkara mudah buatku yang pernah menghabiskan masa kecil di bandung dan sempat menetap 4 tahun di jakarta, 2 kota besar di pulau Jawa yang punya super lengkap fasilitas.

Tepat 2 tahun, tanggal 16 mei kemaren aku tinggal di Balikpapan, kota yang bersih, teratur, anti macet dan religius, dan aku masih ingat 2 tahun yang lalu saat-saat aku baru menapakkan kakiku pertama kali di kota ini, kesan pertama waktu aku baru tiba di bandara....wahhh keren juga kotanya, ternyata ga se-hutan seperti yang aku bayangin, tapi ternyata kota ini pengen aku mencintainya dengan proses, sampai aku dikasih beberapa "kejutan" di tahun pertama aku tinggal disini.

Hari Pertama
Namanya juga baru pindah, rumah berantakan dong,sedang asyik2nya beres2 rumah dan menata barang2 pindahan yang seabrek, tiba-tiba "pret"...mati lampu, kupikir mati lampu biasa kayak di bandung dan jakarta, paling 5 menit, atau paling lama 1 jam.Tapi ini kok dah masuk 3 jam belum nyala juga, sampe seharian, maklum mati lampu berarti mati AC,suhu balikpapan yang lumayan panas makin berasa panas kalau mati lampu, mulai gelisah nih, akhirnya tanya2 sama tetangga, mereka bilang "ooo....kalau di balikpapan sudah biasa mati lampu seharian....gilirannya 2 hari sekali mati". Glek...ga salah nih...mati lampu 2 hari sekali, n pas giliran mati, mesti seharian....whuaaa.....ini kota apa hutan siy...maklum dulu biasa manja...tiba2 harus menghadapi kenyataan...harus punya sobat dekat lilin ama senter.

Hari kedua
Yang namanya orang baru pindahan, persediaan makanan kosong, akhirnya bersiaplah ke pasar. Sampai di pasar....langsung mendadak kayak orang miskin, masya allah....harga2 bahan makanan disini mahal banget, masa wortel 1 biji 3ribu, sayuran seiket 5ribu, ampun dah....dulu di jakarta aja dah kerasa serba mahal ternyata disini lebih parah, tapi akhirnya kepaksa dibeli deh, masa ga jadi makan.

Hari kelima
Pas habis nguras bak...aku nyalain kran...diputer2 sampe pol ko ga ada airnya, bolak-balik, masih begitu juga, akhirnya tanya tetangga lagi, mereka bilang "oo...disini emang dah biasa mati air...ga lama ko paling cuma seharian, tapi kalau lagi kemarau lumayan lama sekitar 3 mingguan". Glek lagi deh....ga salah nih....3 minggu mati air ko lumayan....itu sih parah banget dong.

Hari Ke 14
Nah kejutan yang satu ini lumayan berat, Riza (anak sulungku)...mendadak panas....kupikir panas biasa aja, mau flu...kecapean abis pindahan mungkin, kebetulan hari itu pas libur panjang, cari dokter anak puter2 ga ada yang praktek...akhirnya pas dah hopeless....aku duduk aja di lorong rumah sakit...sambil cari ide...n kuliat riza juga kayak yang dah lemes bgt kecapean....eh tiba2 ada dokter anak yang baru "visit" pasien rawat inapnya...langsung aja aku cegat...alhamdulillah beliau mau meluangkan waktunya, hasil diagnosis sementara masih flu sama sedikit radang tenggorokan, tapi ternyata panasnya ko naik turun terus ya...akhirnya aku inisiatif tes darah khawatir DB, ternyata alhamdulillah negatif....tapi ternyata perasaan leganya ga bertahan lama karena di hari ke4 panas, tiba2 riza mendadak tinggi sekali panasnya dan muntah2, mulai panik deh, larilah aku ke rumah sakit lagi, di cek darah lagi...astagfirullah...trombositnya tinggal 50ribu...dan tiba2...riza muntah2 lagi dan langsung pingsan di laboratorium, tangan dan kakinya dingin semua, sementara mulutnya dah sedikit membiru, suster bilang...ini DB yang lumayan parah...dan dia dengan entengnya marah2...dibilangnya aku ini ga care...karena kondisi riza dah separah ini baru dibawa ke rumah sakit...aku ga tanggapi omelan susternya...yang ada di kepala cuma bingung....yang pertama bingung ngedenger kenyataan riza kena DB yang parah...yang kedua pikiranku melayang ke rumah, karena adik bungsu riza yang baru berumur dua bulan aku tinggal di rumah sama pembantu, gimana caranya kalau riza di rawat di RS, sedang adik bungsunya masih asi ekslusif dan ga bisa minun susu botol, mau dibawa ke RS khawatir malah ketularan orang2 yang sakit disini. Tapi akhirnya bisa juga dijalani mondar mandir kayak gasing....bolak balik rumah dan RS, alhamdulillahnya waktu itu aku bawa pembantu yang super baik, dia memang yang membantu aku merawat riza dari umur 6 bulan. Baru semalam riza dirawat, eh dapat berita lagi, kondisinya ngedrop terus, dan dokter nyuruh suster pindahin riza ke ruang ICU.....nangis juga akhirnya hari itu....tapi karena dokter nyuruh bertindak cepat...nangisnya ga bisa lama2...karena waktunya kurang. kalau dipake lama2 buat nangis. Dan riza ga boleh ditinggal sama sekali di ruangan itu, akhirnya adik bungsunya terpaksa sewa kamar juga di RS, untung ada suster yang baik siapin kamar yang dah disteril buat de awan, jadi insya allah bebas kuman. Hari pertama di ICU, serem juga ya...sedikit2 liat orang meninggal, n susternya juga kayak yang biasa aja menghadapi orang meninggal....cerita selengkapnya bisa di liat tulisanku yang judulnya (sedikit cerita dari ruang ICU). Sampai 8 hari di ruangan yang mencekam itu akhirnya riza sehat...Allah Akbar, alhamdulillah, walau sedih juga karena ibu2 seperjuangan di ruang itu yang kebetulan anaknya sakit DB, akhirnya harus menerima kenyataan kalau anaknya kalah dari virus yang dibawa nyamuk itu...meninggal maksudnya.

Bulan ke4
Lebaran deh...akhirnya ngalamin juga mudik kayak orang2, soalnya dulu waktu masih di jakarta ama bandung ga pernah ngalamin mudik yang jauh2 ...walau baru 4 bulan di balikpapan...berasa dah puluhan tahun....hihihi...belum betah mungkin yaa...lebaran jadi momen yang paling aku tunggu banget, tapi di saat yang sama pembantuku yang super baik itu juga pulang dan ngga rencana balik lagi. karena dia mesti nikah...hiks...akhirnya pulang mudik dari bandung, mesti single fighter abis ngurus semua sendiri. Sempet cari pembantu lagi...beberapa kali gagal terus, (cerita selengkapnya bisa baca tulisanku yang judulnya Balada Sang Pencari Pembantu), karena buat aku keberadaan pembantu lumayan penting disini, maklum disini aku kan ga punya siapa2. Tapi setelah jungkir balik cari pembantu ga berhasil...akhirnya aku bertekad...ya sudah....single fighter yang penting happy, lagipula kebanyakan tetangga disini jarang ada yang pake pembantu, karena memang susah juga cari pembantu disini, tapi ada hikmahnya...anak2 jadi ga semanja dulu, dan mereka jadi lebih mandiri, sebenernya bukan mandiri, lebih tepatnya ga keurus hehehe...jadi mereka mau ngapa2in sendiri, mandi, minum, makan, sedang aku lagi sibuk sayang2an ama cucian n setrikaan.

Begitulah beberapa kejutan di tahun pertama aku tinggal di Balikpapan, saat-saat berat, tapi suka senyum2 sendiri kalau diinget-inget lagi, tapi hari ini akhirnya aku ga bisa menahan diri untuk bilang "I love balikpapan", karena dari kejutan2 itu akhirnya aku jadi makin belajar bersyukur, merasakan nikmatnya nyala lampu karena mati lampu yang seharian pernah sampe seminggu karena ada perbaikan instalasi, merasakan nikmatnya nyala air karena pernah ngalamin mati air yang berminggu-minggu n mesti begadang2 nunggu air ngalir. Sekarang kalau mati lampu...dengan enteng aku bisa bilang ke anak2..."ayooo....saatnya maen ke luar rumah", kalau pas sore paling anak2 dah cukup seneng maen2 di taman, tapi kalau lagi tengah hari...kita muter2 di mall...ga belanja apa2...cuma ngadem aja cari dinginnya AC...hehehe, nah kalau malem...anak2 sekarang dah biasa gelimpangan tidur di lantai, sebenernya ada genset sih, tapi berisiknya ga tahan. Dan kalau mati air...sekarang aku bisa dengan enteng bilang...saatnya berenang...lumayan bisa mandi gratisan di kolam renang...hehehe...dan anak2 langsung pada sorak2 kegirangan....kebetulan di komplek kantor suamiku ada kolam renang untuk karyawannya, tempatnya cukup nyaman dan bersih. Nah kalau dari harga barang2 yang mahal aku juga bisa ambil hikmahnya karena aku malah jadi jarang belanja, ga kayak di jakarta dulu, karena ngerasa semua murah, akhirnya semua dibeli, dan ujung2nya pengeluaran lebih banyak juga.

Dan rasa syukurku juga ga sampai situ, kalau lagi jalan2...liat jalanan lancar terus, nyaman banget, ga pernah ngalamin macet, dah gitu disini juga bersih banget, apalagi kalau pas di jalanan bisa denger radio istiqomah yang nyala sampai malam menambah suasana makin nyaman. Kebetulan disini lumayan religius kotanya, pengajian banyak dimana-mana tinggal milih aja, n semua kajiannya juga bagus2. Wahhh pokonya I love balikpapan abis deh. Eh aku ngomong gini bukan berarti Bandung ama Jakarta udah aku lupain, cuma kalau misalnya aku mesti lebih lama lagi tinggal disini, dengan senang hati aku menerimanya. Tapi denger gosip, desember tahun ini suamiku bakal selesai kontrak kerjanya, moga2 gosipnya ga bener,karena aku masih betah banget tinggal di sini.

Malam ini lihat langit...banyaaaakkk banget bintang, indah banget, bintangnya kayak deket banget jaraknya...jadi kerasa kayak pada jatoh dan kita bisa dengan gampang ngambil bintang itu satu demi satu, ini juga yang ga pernah aku nikmati di jakarta, di jakarta sudah terlalu banyak polusi...bisa liat bintang sepuluh biji malam hari aja dah bagus...karena langitnya dah ketutup asap, jadi keindahan langit malam rada susah dinikmati.

Akhirnya selesai juga ceritaku tentang proses gimana aku bisa jatuh cinta ama balikpapan, maaf ya kalau kepanjangan, dan rada pusing ngebacanya, karena aku ga bisa menahan diri buat cerita ini semua, dan aku juga ga bisa menahan diri buat berkata "I love Balikpapan".

Comments

hendra setiaji said…
nice story..
I knew it, you really had a talent in blog writing.

note from me:
break down long paragraph into several.
more pictures would add more value to your blog

:-)
rena puspa said…
thank's kang...ini sebenernya aku msh bingung cara ngebagusin blognya...pgn dikasih macam2...tp blm ngerti...mksh bgt supportnya...
opit said…
stuju ma k'hendra...really nice story....jujur..polos...cuma mesti dibedain aja antara cara menyampaikan cerita dengan tulisan dan menceritakan langsung....wuiiihhhh...sapa gw pake komentarin bgini ya Ren xixixi....seru...seru...
rena puspa said…
nuhun pit...iya pit msh blm bisa bedain euy...sebenernya mah aku lebih suka bikin tulisan yang rada filosofi gitu, tp karena ilmunya masih nanggung, n cara nulisnya juga blm bgs...yaa..kadang tulisanku yg serius pada ga suka ada yang baca...
anyway thanks for the support.

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Review "Out of The Truck Box"

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)