Ma kalau orang meninggal disolatin itu sama dengan Allah ya ??


Pertanyaan di atas keluar dr mulut anakku yang sulung Riza....waktu aku suruh solat....dan dia mulai ngeyel2...terus dia tanya..."sampai kapan sih aku ini disuruh solat terus?...bosen!!"...terus aku jawab..."Ya...sampai meninggal....soalnya kalau orang meninggal....kita yang disolatkan orang!"...terus dia jawab lagi..."berarti orang meninggal itu sama dgn Allah dong...disolatin orang...gitu ya..ma?"...

semenit.....5 menit....sampai 10 menit.....*deng dong*....ga bisa jawab deh aku....

Cukup lama juga aku "gedebag-gedebug" cari jawabannya....gawat juga niy kalau "nge hank"nya sampe kelamaan....ntar malah makin susah disuruh solatnya, sampe sempet nanya2 ama temen2, buka "primbon" yang berhubungan ama solat n kematian (bukan bukunya ki joko bodo n sebangsanya dong, yang pasti mah qur'an n hadits lah) dah dapat jawabannya tapi ko rata2 pada "ngilmiah" semua, bisa ga ya nyambung ama logika anakku, wah kalau terlalu puyeng yang ada malah nambah ngeyel deh.

Akhirnya setelah berpikir lama ketemu juga jawaban yang pas....mmmhmmm.....sipp...ntar begitu mas iza susah disuruh shalat lagi aku dah punya "senjata" niy....alhamdulillah..aman. Akhirnya begitu teng adzan....dan seperti biasa aku dah "pengumuman" buat cepet ambil wudhu n langsung shalat.....dan seperti dah diduga juga anakku mulai ngeyel lagi ternyata. Serasa tentara yang dah siap ama senjatanya dengan lantang aku ngomong "Mas iza...kan mas iza kemaren tanya sampai kapan mas iza disuruh solat terus??....nah mama sekarang dah punya jawabannya....sampai mas iza ngga usah disuruh lagi buat solat....jadi mas iza juga ga bosen kan...mama suruh2 solat terus, karena mas iza dah solat sendiri tanpa disuruh.....hehehe....solat itu kan isinya doa....jadi asyik kan kalau setiap hari mas iza berdoa lewat solat, bisa curhat n ngobrol ama Allah"....dah PD niy dgn jawaban ini kayaknya bakal nurut neeh. Terus anakku jawab lagi "mama ini gimana sih, katanya kemaren aku disuruh solat itu sampe meninggal, sekarang ko jadi ganti??kalau gitu aku meninggal aja biar ga usah disuruh2 solat lagi!"....gubrakkk....whuaaa....kok jadi begini, hasilnya ga sesuai dengan perencanaan. Akhirnya jurus terakhir keluar juga...."ya udah kalau ga solat laptopnya mama matiin deh, ga boleh maen game lagi"...dan anakku yang memang lagi hobi maen game ternyata lebih efektif disuruh solat dengan cara yang terakhir ini, hiks kenapa ya aku harus pake acara ngancam mengamcam begini, buat membiasakan sesuatu yang baik buat anak, idealnya kan tujuan yang baik harus dilakukan dgn cara yang baik. Kepengennya sih menanamkan kebiasaan solat itu bukan dengan acara ngancam-mengancam begini, tapi buat anak kecil pembiasaan dulu yang penting, ya walau menghalalkan segala cara lah...hehehe

Akhirnya aku jadi mikir....ternyata ga mudah ya membiasakan solat itu, pengen pake cara ancaman, takut anak jadi malah kepaksa solatnya, mau pake cara kasih hadiah, juga ga mendidik, soalnya malah bikin anak itu mau solat karena hadiahnya, selain itu cara pake kasih hadiah juga bikin kantong jebol tentunya, atau membiarkan anak itu sadar sendiri bahwa solat itu penting buat dirinya juga lebih berat lagi, mana mungkin dia tau manfaatnya, kalau biasa solat juga belum. Yang pasti jadi orang tua emang mesti belajar terus, bukan cuma belajar terus mencari cara ilmu untuk mendidik anak yang baik, tapi juga belajar menyelami perasaan anak, jadi teori ama prakteknya bisa "klik", apalagi masalah solat....wuihhh....kudu bener2 nih....gimana anakku mau jadi orang yang berguna, kalau solat yang sejatinya adalah inti dari seluruh hidupnya berantakan.

Yang terakhir....aku juga harus terbiasa fokus kalau lagi ngejawab pertanyaan anak....coba kalau jawaban yang pertama itu ga keluar...pasti ga akan pusing sendiri udahnya, ya orang tua juga manusia....bisa salah, tidak ada kata terlambat buat cari akal terus memahami anak. Keep on fighting, keep on trying.

Comments

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Review "Out of The Truck Box"

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)