The Unforgetabble Journey - Nyetir ke Singapura dalam Kondisi Hamil Tua -

Salah satu orang yang paling merasa berbahagia dengan diciptakannya mobil matic, kayaknya saya deh. Tanya kenapa ??? karena saya butuh waktu seminggu saja untuk lancar mengendarai motor, namun tidak dengan menyetir mobil.... hahah. Seinget saya, belajar nyetir mobil itu dimulai dari kelas 1-2 SMA, dan alhamdulillah, sampe saya lulus SMA belum lancar-lancar juga wkwk. Dan sampe saya mau lulus kuliah pun, masih belum lancar juga...hahah *tepokjidat*. Giliran punya semangat pengen ikutan kursus nyetir, eh salah satu temen kuliah malah kasih komentar gini..

"Gue curiga jangan-jangan kemampuan nyetir itu sebuah bakat yang diturunkan secara genetik, secara gue udah kursus sampe yang ngajarnya ikutan stress, kok tetep ga lancar-lancar juga...yak" 

Hahaha....haduh, dan denger komentarnya, sukses bikin semangat pingin ikutan kursus langsung padam saat itu juga :-P. Tapi beneran hambatan paling besar saat menyetir mobil, yaitu kemampuan mengelola panik ketika papasan dengan mobil dari arah berlawanan atau kalau tiba-tiba ada motor nyalip yang munculnya suka kayak siluman, mendadak banget :-P. Belum ditambah harus punya refleks bagus supaya nginjek gas, rem, atau koplingnya ga kebalik-balik. Dan dulu udah berkali-kali berlatih gagalllll mulu tuh...huhuhu :-((.

Sampai saya punya anak 2, masih juga jadi biker tuh, alias naik motor kemana-mana . Keujanan dan kepanasan pun dibela-belain deh, abis mau gimana lagi kagak bisa nyetir mobil sih...xixi. Kalau ada orang yang komentar, "Duuh...kenapa sih ga bawa mobil, kan kasian anaknya kalau pergi kemana-mana kepanasan n keujanan, lagian belanja pun ga ribet kan kalau pake mobil, tinggal segala dimasukkin beres deh." Terus buat ngeles, saya jawab aja "Ah...kalau pakai mobil, ntar boros bensin, lagian enakkan pake motor kan, lebih ringkes gampang nyelip-nyelip." hihihi, tsaaah....pencitraan :-P.

Hingga suatu ketika diciptakanlah mobil matic, dan sekitar dua tahun kemudian, suamiku akhirnya beli deh mobil maticnya. Wuih...jingkrak-jingkrak dong. Dan ternyata benarrrrr....nyetir mobil matic tuh ga usah banyak mikir tinggal injek gas dan rem doang udah bisa langsung jalan. Rasanya kayak mimpi deh orang panikan kayak saya akhirnya bisa juga nyetir mobil ahahah... lebay :-P.

Eh..tapiiii..dulu lancar nyetirnya baru muter-muter di komplek rumah doang, kalaupun nekad keluar kompeks, beneran masih sangat ngaco ngira-ngira jaraknya, hampir nyerempet beberapa kali, dan kalau masuk mall pun, pernah beberapa kali pulang lagi, saat nemu area parkirnya yang nyempil banget, karena dulu udah bisa jalan tapi belum bisa parkir..xixi :-P. Tapi dulu terus berlatih sih, karena mendadak saya hamil anak ke 3, dalam hati mikir, kalau udah punya anak 3 dan masih "ngotot" jadi biker, kasian juga anak-anak saya, ntar nganter mereka kemana-mana masih bermotor ria, kalau ditambah bayi 1 lagi kayak apa rempongnya yak...heu..heu.
salah satu foto yang terabadikan saat saya hamil anak ke3, heu..wajahnya ko sepet begitu yak...wkwk :-P

Sampai akhirnya tibalah pada sebuah kenyataan, suami harus pindah kerja ke Kuala Lumpur. Dan saya dikondisikan udah harus bisa nyetir mobil kemana-mana, terutama untuk urusan anter jemput anak sekolah. Awalnya PD abis deh, karena ngerasa di tempat terdahulu (Balikpapan), udah bisa nyetir kemana-mana walau masih ngaco dalam ngira2 jarak. Namun ternyata Balikpapan beda jauh yaa dengan Kuala Lumpur...glek. Ngga nyangka saya sampe nangis-nangis saking stressnya ngadepin jalanan di Kuala Lumpur...hahah. Bukan karena macetnya, tapi karena lebarnya ga kira-kira, dalam satu jalan bisa sampe 6-7 line, mana highway dimana-mana, yang lucu kadang tempat tujuan udah kelihatan di depan mata, dan hanya gara-gara salah masuk line nya, eh bisa nyasar yang entah kemana gitu deh...huaaaa :-P.  GPS nempel sih di depan setir...tapi...teteppppp, nyasar udah jadi sebuah kegiatan rutin hampir setiap hari saat baru sebulan tiba di KL....hihi :-P.

Entah karena dulu lagi hamil tua, jadi rasanya down banget deh dengan kemampuan nyetirku yang seolah babak belur di tempat baru. Heu...mumpung ada si hormon kehamilan yang suka pasrah disalah-salahin sebagai penyebab rusaknya mood si ibu hamil, ya udah...saya ikut-ikutan deh nyalahin dia....xixi :-P.

Dan suatu saat dapat berita dari suami, bahwa kami sekeluarga harus berangkat ke Singapura, untuk perpanjangan visa turis maid saya. Kebetulan karena visa kerja suami mengalami keterlambatan, jadi visa tinggal untuk anak istri pun telat juga beresnya, termasuk visa kerja untuk maid saya. Nah....sudah jadi rahasia umum, salah satu trik supaya ga kena denda kalau visa tinggal kita belum ada, kita harus keluar dulu dari wilayah Malaysia, biar visa turisnya bisa diperpanjang. Dan negara yang sering dijadiin tempat "pelarian" adalah Singapura, karena lokasi nya deket dan waktu tempuhnya hanya sekitar 4-5 jam aja.

Akhirnya pagi-pagi banget kita berangkat dari Kuala Lumpur. Selama di dalam perjalanan, pikiran saya kalut banget, deg-degan luar biasa, ngebayangin harus masuk ke imigrasi demi mendapat "cap keluar Malaysia". Kenapa bisa deg-degan? soalnya kalau saja kami ketahuan pihak imigrasi, masuk Singapura hanya untuk alasan itu, sanksinya lumayan segambreng deh, masih mending kalau cuma kena sanksi atau harus bayar denda, nah kalau sampe kudu pake acara masuk penjara dulu pan repot....hihi...fyuuh. 

Dan rasa kuatir ngadepin petugas imigrasi, sampe ngalahin rasa kuatir saya dengan kandungan yang udah masuk 38-39 minggu, dimana sebenernya udah rada riskan dibawa pergi jauh-jauh...hoho :-P.  Eh...tapi dulu sempet galau juga, karena dah masuk masa melahirkan kok ga ada rasa mules sama sekali, malah sempet dituduh dokter kalau saya kebanyakan tidur jadi aja ga mules-mules. Tapi saya bela diri aja dalam hati, emang iya sih saya suka tidur, tapi pindahan antar negara dengan kondisi hamil tua, kalaupun saya sering tidur pasti bakal lebih banyak bangunnya dong buat ngurus macem-macem, plus angkut-angkut ini dan itu, ahahah....ngambek.com :-P. Jadi dalam hati menghibur diri, ah...anggap aja acara jalan-jalan ke Singapura ini sekalian merangsang kontraksi biar ada rasa mules... qeqeqe :-P.

Suami ngeliat saya gelisah ga jelas, jadi kebawa semaput. Tiba-tiba dia kasih ide yang lumayan "berani" buat ngilangin gelisah, yaitu nawarin saya gantian nyetir. Ditawarin begitu, saya bengong deh beberapa menit. Whatss?? nyetir ?? wew...nyetir dalam kota Kuala Lumpur aja udah nangis-nangis saking stressnya, bagaimana caranya nyetir antar negara begini, mana lihat mobil-mobil yang lewat ngebutnya ga kira-kira....hiiiyyy....heu..heu. Tapi karena suamiku punya hobi balapan, dari mulai balap sepeda, balap motor sampe balap mobil, lalu dia pun membagi pengalamannya saat sedang balapan. Kata doi, balapan itu latihan melawan rasa takut sekaligus mengubahnya jadi sebuah kekuatan, terus doi juga bilang, biarpun ini rute perjalanan antar negara, tapi jalannya tokh cuma jalan tol yang lebar, lurus dan sepi, modal utama cukup punya hati tenang, insya allah dijamin aman banget.


Lama saya berpikir....cieeh, akhirnya saya setuju dengan tawarannya. Eng...ing..eng, mulai deh saya nyetir. Menit pertama, keringet dingin mengucur. Namun anehnya saya merasakan sensasi ajaib begitu masuk ke menit-menit berikutnya, karena ternyata rasanya fun abis bisa nyetir kenceng begitu yak...xixi :-P. Dan nyetir kenceng ternyata selain untuk latihan melawan rasa takut, juga berlatih mengelola emosi, terutama berlatih supaya hati tetap tenang, di antara seliweran mobil yang lewat baik yang berpapasan atau yang menyalip. Sesaat kemudian PD saya mulai keluar deh, dan mulai berani nyalip mobil yang ada di depan. Sampe akhirnya makin lama makin kenceng, dan ngga nyadar lihat ke speedometer,  jarumnya udah mengarah ke angka 130 km/jam...hihihi :-P.
ini dia mobil yang nemenin saya kebut-kebutan :-P

Setelah melihat saya mulai keasyikan kebut-kebutan, suamiku jadi kuatir kayaknya. Hellooooo....diperut ada bayi looh...sadar neng...sadarrrr...hahah. Akhirnya doi mengambil alih kembali kemudi. Lumayan deh nyetir kebut-kebutan selama 1 jam ternyata rasanya fun abis....hahah. Dan semua stress seolah terbang entah kemana, habis itu langsung bisa tidur nyenyak deh.

Tanpa terasa akhirnya sampai juga di kota Johor, dan pelan-pelan kami pun masuk ke wilayah perbatasan. Duuh...deg-degan nya datang lagi...huhuhu. Beruntung trafficnya ga terlalu padat, so pemeriksaan pun ga terlalu makan waktu lama. Namun justru karena sepi inilah, sang petugas jadi super teliti memeriksanya. Wajah saya pucat pasi saat doi nongol-nongol masuk ke dalam mobil, untuk menyamakan foto dari masing-masing paspor dengan wajah asli kami masing-masing. Dan dengkul langsung lemes, saat dia terus-terusan nanya tentang si mbak (maid saya). Entah kenapa suamiku yang biasanya selalu PD abis kalau harus adu mulut saat berurusan apapun dengan orang lain, saat itu mendadak kelu lidahnya. Dan makin lemes, saat kita berdua sadar kalau surat pengantar yang menyatakan bahwa visa kerja si mbak sedang di urus, ndilalah malah ketinggalan. Hiks....pengen nangis rasanya, kita jauh-jauh datang ke Singapura kan dalam rangka urusan si mbak eh kok dokumen pendukungnya malah ketinggalan...huaaa....huaa...huaa... (nangis mode on :-P).


jalan yang menghubungkan Malaysia (Johor) -Singapura, dibawahnya laut tuh

Eng...eng...eng, mulai antri masuk wilayah perbatasan

suasana di wilayah perbatasan

suasana di lokasi perbatasan, sambil nunggu giliran pemeriksaan, masih sempet foto2 dulu..halah :-P

Namun kami masih beruntung, kena "operasi"nya saat berhadapan dengan petugas imigrasi Malaysia, karena secara mengejutkan dia malah nawarin "harga damai" supaya kita bisa lolos. Kalau saja kena nya  di imigrasi Singapura, huaa....mainannya penjara kabarnya sih...glekk. Akhirnya suamiku menerima tawaran "harga damai" sejumlah 100 ringgit, dan kami pun bebas deh, langsung melenggang ke Singapura.


Huaaa...begitu kaki bisa menjejak di kota Singapura, berjuta rasa deh antara seneng, tegang, pengen nangis, nano-nano gitu lah....hihihii :-P.  Eh...tapi...saya langsung ngingetin diri lagi, come on.... aye pan lagi di luar negri booo, ayooo....have fun...hihih. Yah...sebisa mungkin saya mencoba menikmati Singapura yang mungil ini. Walau dalam hati tetep tegang, karena ngebayangin ntar pulang harus kembali berhadapan dengan petugas imigrasi, gimana kalau kena masalah lagi, lah...iya kalau bisa lolos dengan bayar "harga damai" seperti tadi, nah...kalau ntar ketemu petugas yang "ngotot"  ga mau dibayar begimana nasib kita ntar coba, secara dah jelas posisi kita salah karena dokumennya ga lengkap..huaaa...paniiiikkk... hihi :-P.


Eh...tapi... ngeliat wajah anak-anak yang exciting saat kami keliling Singapura, beneran meredam panik deh. Mendadak saya jadi terbawa fun bersama mereka, tegang pun hilang sesaat. Kami lalu berkunjung ke Sentosa Island, walau dengan berat hati memutuskan hanya masuk ke 1 wahana aja, karena ngejer waktu, supaya ga kemaleman di jalan. Namun biar cuma masuk 1 wahana, kami beruntung dapat pertunjukkan drama air yang fantastik (duh...namanya lupa uy), swear... keren abis deh pertunjukannya. Anak-anak kelihatan seneng banget.
Singapore Flyer

Gedung Explanade
Sentosa Island

Gedung Marina Bay Sands

Patung singa tea :-P

futu bareng singa :-P

Akhirnya tiba saatnya kami harus kembali pulang. Sengaja memutuskan perjalanan pulang pergi dalam satu hari, karena niat awal datang ke Singapura kan emang untuk urusan visa si mbak doang, kalau mau jalan-jalan lebih "khusyu" lagi, gampang deh ntar sehabis lahiran. Lagian kalaupun mau rada lamaan, mending nginepnya di Johor, di Singapura bener-bener buat pikniknya doang, secara hotel di Singapura mahalnya ampun-ampunan boo (ini resep murah meriah piknik ala backpacker hihihi :-P).


Dan jantung kembali berdegup saat masuk wilayah perbatasan, fyuuuh....kudu ngadepin petugas imigrasi lagi deh. Makin semaput pas lihat antriannya ternyata lumayan panjang....huhu...hiks. Eh..tapi...gara-gara banyaknya mobil dan motor yang masuk, sang petugas jadi ga terlalu detil memeriksanya. Nafas langsung serasa legaaaaa bangeett, pas kami dinyatakan lolos begitu aja tanpa hambatan yang berarti, karena petugasnya udah repottt bangeeett dengan hilir mudiknya kendaraan yang masuk.... fyuuuh....alhamdulillah....sujud syukur.


Segitu aja deh ceritanya, beneran berkesan banget momen perjalanan saat itu, karena sepulang dari sana, saya jadi nambah PD dalam urusan menyetir mobil. Dan rasa dag dig dug saat ngadepin petugas imigrasi memberi kami hikmah, tentang pentingnya mengecek ulang kelengkapan saat mau berpergian, terutama urusan dokumen.



“Tulisan ini diikutsertakan dalam GA Unforgettable Journey Momtraveler’s Tale”, simak keterangannya disini http://momtraveler.com/my-giveaway/momtraveler-giveaway












Comments

Tanti Amelia said…
ga kebayang maak, nyetir dalam kondisi hamil tua, ck ck ck....
momtraveler said…
Huuuaaaa... Seruuu bgt mak, kebayang Gmn seru nyq nyetir di jlnan mulus n gede gtu, aku aja kl masuk tol udh semangat bgt hehe... Tp aku malah ga suka mobil mati, abis lempeng gitu kdg jd ngantuk hehe...
Makasih ya mak udh ikutan GA ku, seru bgt ceritanya :)
Moocen Susan said…
wow hebat mak meski hamil berani nyetir sendiri. jadi pengen belajar nyetir juga hihi
Kanianingsih said…
Wan mba..aku ngendarai motor aja gabisa apalagi Mobil hiks...tipsnya dong biar lancar gitu n ga nervous belajar motor/ Mobil????
Bai Ruindra said…
Singapura? Kecil-kecil cabet rawit juga ya :)

Mari berkunjung juga ke Berwisata di Bawah Bayang Syariat http://bairuindra.blogspot.com/2014/03/berwisata-di-bawah-bayang-syariat.html?showComment=1395825407620 Tks ya :)
Bai Ruindra said…
Wow!

Mari berkunjung juga ke Berwisata di Bawah Bayang Syariat http://bairuindra.blogspot.com/2014/03/berwisata-di-bawah-bayang-syariat.html?showComment=1395825407620 Tks ya :)
Dwi Puspita said…
keren banget ya mak,,wah,,,emak yg hebat deh,,,pengen ikutan donk mak,,,ke malaysia ama ke singapurnya itu loh,,,
Wah...seru sekali ya mak...bisa nyetir antar negara.Meskipun cuma dekat jaraknya.Tapi top deh apalagi pas hamil tua.Saya aja nggak bisa bisa nyetir.yg jelas sih nggakpunya keberanian buat belajar.Hihi..
Wuuih keren mbak.Nyetir Malaysia Singapura. Pas hamil lagi. Top deh..
rena puspa said…
@ yg komen : mksh yam...dah mampir kemari :-)
Ealaaah...jadi tau trik memperpanjang visa turis hihihii...
Sampai sekarang saya juga gak pede2 buat nyetir nih, udah keenakan naik motor :)

Terima kasih sudah ikut meramaikan GA Unforgettable Journey ini. Good luck :)
Fenny Ferawati said…
Bumil balapan hihi seruuu tuh

Popular posts from this blog

Review "Out of The Truck Box"

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)