Be an Iron Lady

Setelah sebelumnya saya posting tentang kegiatan mencuci piring, sekarang iseng lagi ah pengen nulis tentang seputar dunia menyetrika hahah :-P.


Dari lubuk hati terdalam jujur saya akui, nyetrika itu kegiatan yang paling nyebelin buat saya....hahah, tapi rasanya saya tidak sendiri deh, buktinya banyak para ibu yang bela-belain bayar orang khusus buat nyetrika doang, bayarannya ngga murah pulak, dan tentu saja saya juga begitu, kalau duit ada dan orangnya ada, yo...wis lah, mendingan budgetin aja duit khusus buat setrika, daripada pikiran stress karena memaksakan diri pengen jadi seorang super hero seperti "ironman" (alias tukang strika haha :-P). Kecuali kalau duitnya ngga ada dan orang yang disuruhnya juga ngga ada, kepaksa deh...cari strategi gimana caranya biar kegiatan nyetrika yang nyebelin ini tetep menyenangkan.


Sebelum ngomongin strategi, mendadak saya jadi inget jaman saya kecil dulu. Seinget saya, dulu saya pernah ngeliat begitu repotnya mama saat mau nyetrika, karena dulu sempet ngalamin nyetrika pake setrika arang. Sebelum alat itu bisa dipake buat menyetrika, udah heboh dulu pake acara bakar-bakaran supaya arangnya panas. Giliran areng nya panas, kadar panasnya yaa...mentok segitu doang, ga bisa digedein dan ga bisa dikecilin. Heu....heboh pisan yaa ..
strika areng


Eh...tapi jaman lebih jadulnya lagi, tepatnya saat pertama kali alat setrikaan ditemukan, ternyata lebih heboh lagi, alat setrikaan itu hanya sebentuk besi panas yang harus dipanaskan di atas perapian, dimana saat si besi itu dipanaskan, kadang pegangannya pun ikutan panas. Dan saking panasnya, maka saat kita memegang pegangan setrikaannya, kita harus pake sarung tangan yang tebal, sedangkan berat setrikaannya sendiri (dulu namanya sadiron) mencapai 2,5-4,5 kg, sejarah lengkapnya bisa dibaca disini


Setelah lewat episode besi panas dan setrika arang. Lalu muncul deh setrika listrik, tapi dulu beratnya masih lumayan bikin tangan gempor, dan setrika listrik jadul pun belum pake sistem pengatur panas. Cara ngurangin atau nambahin panasnya harus repot bolak-balik nyabut dan pasang kabelnya.

setrika listrik jadul



Heu...iseng banget yaa...saya ngomongin sejarah setrika segala haha :-P, maksudnya sederhana aja sih, biar saya lebih banyak bersyukur melihat alat setrikaan yang sekarang, udah mah bobotnya ringan, eh...ditambah pake alat penyemprot pewangi dan pelicin pakaiannya pulak, kurang apa coba yaa...hihihi :-P. 
setrika listrik modern 
Naah....sekarang ada kabar gembira nih, karena alat strikaan sudah ditemukan yang bentuknya mirip "hair dryer" namanya "steam iron". Gara-gara suatu hari saya iseng dateng ke pameran "home expo" di suatu tempat, jadi bisa ketemu tuh alat setrika canggih itu. Untuk merk yang ngga branded, harganya ga mahal2 amat kok, yaitu 175 RM doang (sekitar 500-600 ribuan deh). Cara kerjanya persis kayak "hair dryer", cuma digosok-gosokkin ke baju, nanti uap panas yang keluar dari alat itu yang akan menghaluskan bajunya. Sebenernya jaman dulu alat ini udah banyak di pakai di toko-toko baju, tapi dulu masih belum banyak dijual bebas kayaknya, alhamdulillah, sekarang udah banyak tuh. Tapi..eh...ada tapinya ternyata, karena setrika model begini wattnya gede banget eung....kalau dipakai di Indonesia, kayaknya kudu semua dimatiin dulu, baru kita bisa nyetrika, heu...heu...repot yak. Kalau di Malay, rata-rata produk elektronik watt nya gede-gede uy, jadi yaa...cukup-cukup aja sih.
Steam Iron


Okay...setelah berbusa ngomongin sejarah setrika, dan model-model setrika, yuk...mariii kita mulai ngomongin strategi. Uhuks...sejujurnya kalaupun saya udah nulis teori segambreng soal strategi menyetrika yang asyik, teteeepppp....saya masih ngerasa beraaaattt dengan yang namanya menyetrika...hiks...hiks. Yang bikin beratnya apa ?? karena kepanasannya, dan karena boringnya kudu melakukan gerakan yang sama dalam waktu lama, apalagi kalau nemu bahan yang istiqomah kusutnya, udah pake kekuatan tenaga dalam tetep aja ga licin juga, rasanya pengen dibuang aja tuh baju hahahah... kacow :-P.


Tapi...ya sudah lah, biar ga jadi semaput, ga ada salahnya strategi tetep dibuat, pasti ibu-ibu lain mah udah canggih-canggih tips nya yak, inilah tips sederhana menyetrika ala sayah...hihi :-P


  1. Buatlah kelompok-kelompok baju yang akan disetrika, dari yang kecil-kecil sampai yang besar-besar, dari baju dengan bahan mudah rapi sampe baju dengan bahan super kusut. 
  2. Mulailah menyetrika dari kelompok baju kecil dan kelompok baju berbahan mudah rapi, ini penting untuk memelihara semangat...haha, karena kalau baru mulai nyetrika hati udah dongkol duluan hanya gara-gara kita nyetrika baju yang super kusut, laah...gimana caranya ngeberesin sisanya dong yah...qeqeq :-P.
  3. Oh ya...penting juga dicatet dalam hati, tujuan nyetrika itu kan ada 2, pertama buat membunuh kuman yang tersisa pada baju saat menjemur, yang kedua supaya baju jadi terlihat rapi. Nah...ini penting nih, jadi kerja kita bisa efektif. Kalau saya....buat baju-baju yang cuma dipakai di dalam rumah doang...targetnya cuma buat bunuh kuman doang, jadi ga terlalu licin juga saya ga peduli, hahaha, sedangkan untuk baju yang dipakai pergi, baru saya setrika sampai rapi jali. Heu...keliatan males banget yak...peduli amat ah, daripada saya gempor cuma untuk urusan nyetrika doang....hihihihi :-P.
  4. Pemilihan waktu menyetrika, Nah...memilih waktu menyetrika itu lumayan penting deh, karena nyetrika itu panas, maka usahakan jangan nyetrika pas hari lagi panas-panasnya dong, kecuali kalau mau sekalian sauna wkwk :-P. Jadi paling enak nyetrika itu pas malam, atau menjelang subuh, karena udara dingin membuat suasana hati jadi dingin, jadi panas yang datang dari alat setrika ngga ngaruh ke badan apalagi ke hati...wkwk lebay pisan yak... :-P.

Okay....segitu aja deh ngocehnya tentang urusan setrika menyetrika hahah..yuks mari...jadi Iron lady yang ceria kayak gambar dibawah inih :-P 











Comments

Ruziana said…
hehehe ingat setrika arang ingat zaman dulu.apalagi klu arangnya jatuh ke baju habislah hiks..btw itu tipe setrika yg terakhir menarik jg ya mak #BWminggu
mak aku pernah lho ngersain nyetrika pakai arang,,,, beuhhhhhh gilaa
Leyla Hana said…
Sama, Teeh.. badanku juga langsung pegal2 dibawa nyetrika :D Untung bayar pembantu masih murah di sini mah, makanya banyak yg ke Malaysia yak? xixixi
Waah...kayaknya kmr lagi ada diskon steam iron ini deh di Ace Hardware.Harganya mayan mahal juga sih buatku.Tp enakan pakai mbak Ida yg sudah bertahun tahun kerasan di tempatku.Soalnya setrikaannya liciiiin banget.Gak kayak hasil setrikaanku *ngaku*
Hilda Ikka said…
Ahahay, kreatif sekali dari setrikaan bisa jadi postingan blog. Keyen! :D

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Review "Out of The Truck Box"

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)