Cara Asyik Biar Betah di Dapur

Catet yaa...tulisan ini ga lagi ngomongin soal resep hebat atau tips keren seputar masak-memasak, kalau Anda lagi butuh info keren seputar itu, silakan blogwalking ke tempat lain aja deh....dengan menyesal saya berkata.. "Maaf Anda salah alamat, nyang empunya blog ini justru masih dalam tahap perjuangan hanya untuk lancar memasak", ayo dibaca lagi judul artikelnya, yaitu "Cara Asyik Biar Betah di Dapur", jadi yaa... saya cuma lagi pengen ngomongin gimana caranya biar saya bisa lebih betah di dapur ahaha :-P. 


Eh...tapi, kalau lagi ada yang merasa desprete sama urusan masak-memasak, boleh dong kumpul disini nemenin saya, eh,...lebih tepatnya dengerin saya ngoceh ding...wkwk :-P.


Sebelum ngomongin lebih jauh tentang urusan memasak. Saya mau cerita sesuatu dulu nih. Beberapa tahun yang lalu, saya pernah baca sebuah artikel, katanya kerjaan domestik ibu rumah tangga seperti mencuci, mengepel, menata rumah termasuk memasak,  lebih dominan menggunakan otak kanan. Sedangkan fungsi otak kanan sendiri yaitu bertanggung jawab penuh atas kreatifitas dan imajinasi. Jadi...kalau saja kita bisa menghayati semua kerjaan rumah yang ada, kita itu udah selevel sama pekerja seni, wuiih...bayangiiiin...keren banget ga sih....??!! (plok...plok...plok...yuk..marii...kita tepuk tangan untuk diri kita sendiri..wkwk :-P).  Dan kalau disaat yang sama otak kiri kita lagi mumet dengan banyak masalah yang mampir di kepala kita, kabarnya ngerjain kerjaan rumah dengan penuh perasaan itu bisa menyeimbangkan otak kita. Pas lah yaa....otak kiri dipenuhi pikiran seperti : mikirin PR sekolah anak, ngitung duit belanja cukup apa ngga, ngitung utang ama si tukang sayur, dan ngitung jerawat di muka (eh...salah...bukan yang itu mah :-P), naah...seimbangkan otak kita dengan mengaktifkan otak kanan, yaitu lakukan kerjaan rumah dengan penuh penghayatan.  Jadi pas lah yaa....otak kiri dan otak kanan sama-sama penuh semua alias mumetnya ga cuma yang kiri doang, ga ada yang berat sebelah kan jadinya...hahah...T_T.


Nah....diantara sederet kerjaan rumah yang ada, kegiatan memasak ternyata memiliki nilai seni tertinggi. Kalau ngeliat dari prosesnya, saya setuju banget deh, kalau urusan memasak disebut kerjaan yang berhubungan dengan seni. Dari mulai mix and match bahannya, plus mix and match bumbunya, semua emang butuh sentuhan seni. Padahal kalau dipikir-pikir bahan yang dipake untuk memasak kan itu2 doang yaitu : ayam, daging, ikan, plus sayur-sayuran, dan bumbu yang dipakenya juga masih yang begitu doang yaitu : bawang merah, bawang putih, laos, jahe, terasi, merica, ketumbar...n etc. Eh..tapi hanya dengan bahan dan bumbu yang "itu2" doang, buat orang yang hobi masak, semua bisa berubah jadi hidangan yang super enak, dan proses menghidangkannya dimana penyajiannya bikin mata jadi laper karena saking cakepnya, itu juga butuh sentuhan seni. 


Dan... kabarnya juga, saat kita rajin mengaktifkan otak kanan kita, intuisi kita makin terasah, dan hidup terasa lebih hidup deh. Makannya ga heran kan, orang-orang yang punya hobi masak, biasanya orang-orang yang ceria dan sangat menikmati hidup, contohnya Farah Quinn, dari cara dia masak yang hanya mencemplung-cemplungkan bahan makanan ke dalam panci atau wajan sambil sesekali mengibaskan rambutnya, terbukti kalau dia sangat sekali menikmati hidup melalui kegiatan memasaknya (hmm...naon hubunganna geura nya...ahahah :-P, sok atuh bantuin kasih contoh yang lain :-P). Sebenernya ga cuma masak, rata-rata orang yang berkecimpung dalam kegiatan berkesenian (bisa nulis, drama, memahat, menyulam n masih banyak lagi) mereka terlihat begitu menikmati hidupnya, walau kadang mereka kelihatan aneh, tapi mereka seolah udah punya tips sendiri mengisi hidupnya tanpa harus terpengaruh dengan paradigma umum. 



Okay...kembali lagi ngomongin urusan memasak. Biar pun kegunaan memasak itu dalam rangka mengaktifkan otak kanan, dan berhubungan dengan seni yang bisa membuat hidup lebih hidup, tapi mau bilang apa, semua orang tidak diciptakan sama passionnya. Ada yang berjiwa seni tinggi, ada yang berjiwa seni rendah, malah ada juga yang ngga punya jiwa seni sama sekali hahahah (haduh...ga akan segitunya kali yaa :-P). Nah...terus gimana nih cara mensiasati urusan masak buat orang-orang yang ga punya passion di urusan memasak (seperti saya contohnya :-P). Kalau kegiatan seni yang lain mah begitu ga dikerjain, dunia masih bisa berputar yak...naah...yang repot, kalau seni memasak ini ga dikerjain, ntar anak-anak makan angin dong hihihihi (kecuali ada makanan delivery order...yuu marii...pesen aja dong ah :-P), So... biar kita ga punya passion di bidang masak, kalau ngedelivery makanan ga bisa, berarti urusan masak mau ga mau tetep kudu dijabanin uy...uhuks. Tapi jangan patah arang lah ya...kita bikin strategi aja deh biar tetep hepi. Yuk...mari simak strategi masak ala saya, yang dengan jujur saya akui, saya nih ga hobi masak qeqeqe :-P.



Pertama, usahakan kita merasa nyaman saat berada di dapur. Feeling nyaman itu penting buat numbuhin mood, karena begitu mood kita jelek, rasa masakan langsung deh ancuuurrr, mood pas lagi bagus aja bisa tetep ancur kok rasanya, apalagi ga mood coba hahhah :-P. Bersyukur banget deh, saya mah punya dapur dengan space khusus untuk memasak, kalau inget jaman saya kecil, mama masak mah "ngembrak" weh, dapurnya ga ada space khusus, tanpa bak pencuci piring, jadi yaa... lumayan acak-acakkan, tapi mama mah ngga ngaruh sih, tetep aja enaaaakkk masakannya .....slruupps. 


Balik lagi ke urusan kenyamanan saat di dapur. Kalau saya, biar nyaman, yaa....sebelum masak, mengusahakan dapurnya bersih dulu, atau kalaupun belum sempet ngebersihin karena repot sambil gendong-gendong bayi, ya minimal kondisi barangnya ga berantakan banget posisinya. 


Kalau rasa nyaman udah dapet, baru deh kita bisa mulai masak. Karena bumbu paling dasar dari semua masakan kan cuma bawang putih dan bawang merah, naah...saya sengaja kalau beli bawang milihnya yang udah dikupasin, atau kalau ngga nemu yang dalam bentuk kupasan, yaa...saya kupas aja sendiri kulit bawangnya banyak-banyak, terus saya stok n ditaruh di dalam tupperware untuk cadangan beberapa hari. Ini ngaruh banget ke speed memasak uy, terutama pas pagi hari. Kebetulan anak-anak saya harus segera pergi tepat sekitar 15 menit sesudah subuh, karena sekolah mereka jauh...makannya saya dituntut untuk bisa masak kilat pas subuh-subuh. 


Terus kalau kita pengen masakan ada warnanya, saya nyetok aja bumbu halus warna kuning dan warna merah. Itu bumbu dasar banget, dan bisa dipake buat masak macem-macem deh, tinggal colek dikit si bumbu itu, terus kita tumis bentar digabung dengan bahan-bahannya,  udah jadi deh. Malah saya bikin nasi kuning pun pake bumbu yang sama. Bumbu kuning tuh isinya standar lah ya bawang merah, bawang putih, merica dan ketumbar seuprit, kemiri, kunyit, laos dan jahe seuprit, masukkin ke dalam blender, giling deh. Kalau kata mama sih, selama semua bumbu yang dominan sering dipake masuk blender, naah...jadilah si bumbu kuning itu...hihi. Kalau bumbu merah isinya hampir mirip dengan bumbu kuning, cuma tinggal ditambahin cabe aja, plus dikurangi jahe. Oh..ya, garamnya jangan dimasukkin dulu ke dalam gilingan bumbunya, garam baru dibubuhin pas kita mulai masak aja. 


Nah...kalau udah punya stok bawang merah dan bawang putih kupasan, plus bumbu kuning dan bumbu merah, insya allah, walaupun rasa masakannya belum seenak restoran, tapi minimal bisa dimakan lah hahahah, dan yang paling penting kegiatan masak terasa ga terlalu berat, dan masih lumayan bisa dinikmati. 

Okay...segitu deh ngoceh saya hari ini untuk urusan memasak, yuk...mari buibu, kita bersemangat lagi dalam memasak....halah....hoaaaammm....zzzzz.








Comments

Triani Retno A said…
Waa.... rena cantik bangeeeet.... :D
rina susanti said…
betah kalau gak diganggu anak-anak mak...sayangnya mereka selalu menginterupsi jadinya berantakan dech
rena puspa said…
mba enoooooo...deziighhh...dr kmrn yaa godain aku mulu ahahahah

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"