Cara Asyik Mencuci Piring

Tadi pagi saya baca status temen saya yang bernama Lita Edia bunyinya begini " Menulis itu cara ampuh untuk menghayati apa yang melekat dalam kehidupan kita. Sudah lama ngga nge-blog terasa sekali perbedaannya.", terinspirasi dari sana, mendadak saya jadi kepengen nulis apa yang sedang saya lakukan, tujuannya sederhana, seperti yang Lita bilang....supaya saya bisa lebih menghayati apa yang saya lakukan. Dan sebelum mampu menghayati hal besar, maka dimulai aja dulu dari menghayati hal-hal yang kecil. 


Dan....kali ini saya pengen nulis tentang kegiatan mencuci piring....hahaha. Bukan tips keren mentereng, cuma numpang nulis ulang aja disini, supaya saya lebih bersemangat lagi dalam mencuci piring wkwkw :-P


Di antara kegiatan domestik lainnya, urusan cuci piring masih ga seberat nyetrika laah. Walau peringkatnya masih dibawah nyuci baju. Buat saya nyuci baju itu kegiatan domestik yang menduduki urutan pertama, karena seru main airnya tanpa harus ketemu kotoran-kotoran yang menjijikan...hahah, naon sih :-P.


Yang bikin males nyuci piring adalah karena harus ketemu sisa-sisa makanannya itu. Hueekk....seriusan jijik banget deh sama yang namanya sisa-sisa makanan. Eh..tapi...tetep harus disiasati dong yaa...biar ngerjainnya tetep hepi...halah :-P.


Simak deh cara nyuci piring ala sayah....hahah...


Pertama, susunlah cucian piring menjadi beberapa kelompok, misal kelompok sendok-garpu, terus kelompok gelas-gelas, kelompok piring-piring, baru deh perabotan yang gede kayak panci dan wajan.

Sesudah dibikin kelompok begitu, kita kumpullin deh sisa-sisa makanannya, disatukan dalam wadah untuk selanjutnya dibuang. Karena saya paling jijik kalau ngeliat sisa-sisa makanannya itu ngambang2 di wastafel, makannya saya mengusahakan sebelum mulai mencuci, pastikan ga ada lagi sisa-sisa makanan yang nempel pada barang yang mau dicuci. 


Sesudah semua kotoran hilang, bilas dulu deh barang yang mau dicuci dengan air, baru setelah itu mulai kita sabuni. Nah...supaya ngirit sabun, saya biasanya menyabuni gelas-gelas pada urutan pertama, terutama gelas yang cuma dipake bekas minum air putih doang. Mengapa begitu ? karena gelas-gelas itu kan bebas lemak, jadi hanya dengan sabun seuprit juga udah bersih. 


Lalu selanjutnya sengaja saya urutkan berdasarkan kepekatan lemaknya, yaitu cuci piring-piringnya dulu (dahulukan piring yang berlemak sedikit), baru deh terakhir wajan berminyak dan bersantan. Kenapa begitu ? pada lemak yang banyak,  otomatis butuh sabun lebih banyak kan? lagian kalau bekas cuci barang yang pekat banget lemaknya, otomatis sesudah pake, kita harus cuci bersih dulu spons nya , agar saat kita mau cuci barang yang ga banyak lemaknya, sisa lemak yang nempel pada spons ga ikutan nempel ke barang yang akan dicuci, lalu sesudah itu kepaksa deh kita harus tuang sabunnya lagi. Sedangkan kalau prosesnya dibalik, sisa sabun bekas cucinya bakal masih banyak banget buat dipake nyuci alat berlemak berat. So...nyuci piring dengan metoda urutan kepekatan lemak begitu, selain bikin hemat sabun, juga bikin kegiatan nyuci piring lumayan fun deh....hihihi....lebay :-P


Oh...ya pemilihan sabun pencuci piring juga penting nih. Jaman sekarang udah canggih, udah banyak para penemu dari produsen sabun yang bantuin para IRT biar kerjaannya lebih ringan. Ada beberapa jenis sabun pencuci piring, yaitu bentuk cair, krim dan serbuk. Menurut pengalaman saya, sabun cair emang lebih oke dibanding yang bentuk krim dan serbuk yaa... walau harganya lebih mahal, tapi worthed lah yaa...dengan hasilnya. Kalau sabun krim biasanya sering meninggalkan bekas sabun di piring. Jaman dulu masih belum musim sabun cair, sempet deh makan pake piring yang ada sisa sabunnya....hueekk. Sedang sabun bentuk serbuk, biasanya efektif buat ngebersihin punggung wajan.


Btw...buat para ibu yang tidak ber ART, sering ngga sih mengalami dilema disaat keperluan ngurus anak dan suami harus bertabrakan dengan urusan domestik, terus kita jadi kayak orang bingung harus ngeduluin yang mana....halah...pake dilema segala, serasa judul lagu deeeh...hahah :-P. Eh...tapi penting lah dicatat dalam hati, urusan domestik itu kan berhubungan dengan benda mati yaa, sedang mengurus anak dan suami itu berhubungan dengan benda hidup, jadi prioritaskan yang benda hidup dulu dong yaa pastinya.


Nah....berkaitan dengan hal itu, untuk urusan cuci piring, mungkin ada baiknya dibikin jadwal. Karena para IRT (terutama yang full time mom) sering terjebak, pengen lihat rumah rapi jali, akhirnya kayak ga bisa berhenti melakukan semuanya termasuk urusan nyuci piring, padahal kalau saja manajemen waktunya bagus, kali aja banyak hal lain yang bisa dikerjakan daripada cuma bolak balik cuci piring doang....halah :-P. So...biar efektif, bikin aja jadwal cuci piring sama dengan jadwal makan deh, 3x sehari, yaitu pagi, siang, malam. Mengapa begitu ?? karena tumpukan cucian piring kan berasal dari kegiatan makan dan kegiatan mempersiapkan makannya alias memasak. Dan biasanya tumpukan cucian piring lumayan banyak di jam-jam begitu deh. Dengan cara begitu, penggunaan air juga bisa dihemat. Eugh...keliatan kayak orang males yak...qeqeqe :-P, ga pa pa lah yaa...yang pasti tiap ibu pasti punya tips sendiri yang asyik-asyik dong yaa, dalam rangka mensiasati kerjaan domestik biar tetep fun dikerjakan, termasuk saya hehe. 

Oke...deh, sekian tulisan tentang mencuci piringnya yaaa, semoga saya terus bersemangat mencuci piring nih kalau udah dibikin tulisan begini mah.....hihi.... ^_^.










Comments

Santi Dewi said…
kalo saya, biasanya siapapun yg sudah makan, jika ada sampah di piring, dibuang dulu ke tempat sampah. Jadi ketika mau cuci piring, tidak ada sampah.
yervi hesna said…
Hi, salam kenal Irena. Saya jg pernah menulis hal yang sama di web emak2 blogger desember tahun lalu. Sepertinya kita emak2 yg kesehariannya bergulat di dapur sudah punya kesepahaman yg sama ya bagaimana tips dan trik nyupir dengan bersih dan cepat
rena puspa said…
@santi dewi : waah...bener bgt tuuh, jd harus kooperatif yaa dengan seluruh anggota keluarga, biar kerjaan nyuci piring kita ga berat

@yervi : salam kenal juga ya mba....makasih dah mampirrr...waah...pastinya tiap ibu punya tipsnya masing2 hanya bedanya, ada yang ditulis kayak kita ada juga yang ngga... ^_^. Nanti aku main2 ke blognya yaa...
Kalau saya sih biasanya begitu ada piring kotor ya langsung cuci, jadi ga bau karena kelamaan :)
oxone said…
terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.
Saluran air dapur anda sering mampet?
Kini udah ada lho, alat penjebak lemak cucian dapur...
Bisa diminta dikirimkan untuk ke seluruh indonesia lho

harga grease trap

klik aja , liat dulu gapapa

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Review "Out of The Truck Box"

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)