Berharap Ga Jadi Seperti Lilin yang Terbakar (Part 2)

Hmm....ceritanya, tulisan ini masih nerusin postingan yang kemarin dengan judul yang sama.

***

Kalau kemarin selintas cerita behind the scene nya tentang si dua naskah, nah....sekarang saya pengen cerita sekilas tentang hiruk pikuknya si naskah cari penerbit.


Dibanding dengan si naskah novel (fiksi), perjalanan si naskah non fiksi ini sebenernya ngga se mengenaskan "temen seangkatannya" :-P.  Untuk si naskah novel, saya sampe harus keliling ke 4 penerbit looo, dimana proses nemu kata "gagal" nya aja di masing-masing penerbit, nunggunya ga sehari dua hari, tapi sebulan dua bulan, malah ada juga yang lebih :-P. Bayangin.... buat dapat kepastian yang menunjukkan bahwa "naskah  saya gagal"....saya kudu nunggu luamaaaaa sekaliiiii hihihi :-P. Sampai akhirnya di penerbit yang ke 4 saya berhasil juga dapat keputusan acc, itupun proses terbit baru akan dimulai menjelang akhir tahun nanti.... heu heu #ngelap keringet :-P #.


Jadi kepikiran sama komentar salah satu temen, katanya saya lebih bagus nulis non fiksi, dibanding fiksi, kalaupun orisinalitas novel saya bagus, tapi teknis penulisannya masih kacau balau, heu...heu maklum lah bukan orang sastra tapi napsu mah pingin jadi novelis...xixi. Yah...bisa jadi gara-gara itu naskah novel saya susah banget diterima penerbit, beda dengan si naskah non fiksi, saya cuma keliling ke 2 penerbit saja. Tapi saya tetep ngotot pengen nerbitin ntu novel....dalam hati bertekad kalau 4 penerbit masih gagal juga, saya mau coba lagi ah .....pokoknya begitu gagal, coba lagi....gagal lagi....coba lagi (adeuuu....di blog mah nulisnya seolah seperti manusia yang ga gampang menyerah, padahal aslinya mah nangis mulu tiap gagal....hahahah, ga pa pa atuh nyaa....pencitraan laaah...whuahah :-P). Banyak temen-temen penulis yang bilang, udah lah....lupain aja dulu naskahnya, bikin naskah lain lagi aja buat hiburan. Heu...saya udah coba lupain, tapi malah ga lupa-lupa...wkwk. Ada juga yang komentar, naskah novel saya harus dirubah total sesuai standar...hufft. Tapi saya menghibur diri dengan mikir begini .... ibaratnya toko kue di pasar ama di mall, walau kue  tersebut berbeda kualitas yang sangat jauh, tapi nyatanya bisa sama-sama laris. Jadi artinya walau kue yang satu punya kualitas biasa n yang satu punya kualitas yahud, tokh...,masing-masing toko udah punya penggemarnya sendiri dan segmen pasarnya sendiri. Jadi saya mikir hal yang sama juga buat novel saya, karena saya ngga mungkin maksain diri langsung nerbitin novel yang super yahud, secara jam terbang masih minim, jadi saya pingin nerbitin novel dengan kualitas biasa aja dulu sesuai dengan kemampuan saya. Dalam hati terus berdo'a ....duuuh...berharap ada penerbit yang rela meluangkan daftar antrian penerbitan bukunya, nyelipin satuuuuuu aja buat novel saya....hihi. Dan....akhirnya ada juga penerbit yang mau.....huhuhu....terharuuuuu...#naon sih :-P#.

Okay...mari kita kembali ke naskah non fiksi.


Nah....beda dengan naskah yang non fiksi ini, seperti saya bilang di atas, untuk naskah yang non fiksi ini, saya hanya wara-wiri ke 2 penerbit saja. Dan di penerbit yang sebelumnya (penerbit "S") apresiasi mereka untuk naskah saya lumayan oke, malah lebih dari yang saya harapkan. Review sampel naskah dan review naskah hardcopynya beneran bikin saya ngerasa jadi penulis betulan hihihi :-P ....namun karena mereka meminta revisi konten yang cukup banyak, akhirnya saya menyatakan mundur. Walau saya tau andai saja saya bisa ngikutin revisi yang disarankan, naskah saya pasti bakal lebih bagus, eugh...tapi beneran ngga sanggup kalau sampe harus dirubah sebanyak itu, yaa...daripada saya maksain diri terus nantinya malah stress, akhirnya saya bilang aja jujur, kalau saya ngga sanggup. Namun kesan saya untuk penerbit ini nyenengiiiiiiin banget. Dari mulai respon mereka yang cepat, terus review yang mereka kasih cukup detil, beneran bikin saya ngerasa "dianggep" penulis betulan deh...hihi yah....review bisa sedetil itu berarti menunjukkan kalau mereka baca naskah saya ngga disambi dengan makan kerupuk, heu...terharu aja gitu ada yang mau baca naskah saya dengan serius....uhuks....uhuks....halah :-P.



Setelah resmi mundur dari penerbit itu, mulai pasang ancang2 lagi deh memoles si naskah biar rada kinclong, so...ada penerbit lain yang masih berminat. Dan review dari penerbit "S" saya simak baik-baik, lalu saya list. Dari sekian list yang ada, saya pilih aja poin-poin yang masih sanggup saya rubah, sedang yang udah ga sanggup, ya...udah saya tinggalkan. Setelah beres, langsung "tembak" deh ke penerbit "E". Awalnya saya kirim penawaran naskahnya ke lini naskah islami nya ( yaitu penerbit Q). Kenapa kirim ke sana ? karena pengalaman dari naskah novel saya, walaupun berakhir dengan gagal terbit, tapi saya suka aja dengan responnya yang cepet dan review untuk novelnya pun detil. Bismillah....cobain kirim deh ke sana. Dalam 3 hari, udah dapat jawaban , katanya naskah sudah diterima dan akan direview kemudian. Oke...waktunya menunggu....pikir saya.. heu heu. Eh tapi...besoknya dapet email lagi, sang editor bilang, naskah saya ngga cocok kalau masuk lini naskah islami, tapi lebih cocok masuk parenting, akhirnya di operlah si naskah ke editor lain, yang khusus menangani naskah psikologi, parenting dan kesehatan. 


Dapat berita itu....jujur aja saya lemeeeessss bangettt...kenapa ?? karena saya pikir, duh...kalau masuk bagian itu, berarti naskah saya masuk ke penerbit utama nya yaitu penerbit "E", yang artinya ngantrinya pasti lebih gila-gilaan, dan persaingannya pun mungkin lebih dahsyat. Udah gitu masuk bagian parenting pulak....huhuhu, naskah cemen saya masuk ke tema parenting ??? pasti bakal ditolak mentah-mentah deeeh, la wong isi nya ga terlalu hebat-hebat amat....hiks. Tapi...ya udah lah pasrah aja. Ditungga aja dulu. Dan....saat itu buat menghilangkan galau, saya kasak-kusuk nanya sama temen penulis lain, ada penerbit yang bisa merespon cepet juga ngga selain penerbit "Q" ?. Temen penulis kasih info, ada...namanya penerbit "N". Menurut info dari nya, berita ditolak atau diterima nya si naskah di penerbit "N", cuma 3 minggu aja. Oke...noted...pikir saya. Karena udah berpikir kayaknya bakal di tolak deh di penerbit "E", akhirnya saya pasang ancang-ancang lagi buat ngoper naskah ke penerbit "N". Lalu saya bertekad, kalau sampai 2 minggu ga dapet jawaban dari penerbit "E", saya mau menyatakan menarik penawaran naskahnya aja deh, mikir gitu karena dapat info juga dari temen penulis itu, kalau proses di penerbit "E", berita diterima atau ditolaknya baru bisa keluar setelah 3 bulan naskah kita diterima di meja redaksi. Glek...!!. Makannya saya mikir, udah ah....saya ngga mau nunggu sampe 3 bulan, pokoknya 2 minggu ga ada respon, mau langsung saya tarik aja.


Eh...tapi diluar dugaan... dalam 3 hari ternyata sang editor me reply email saya. Isi emailnya, cuma bilang tolong kirim ulang naskahnya, karena file saya diterima dalam keadaan rusak. Tau ga sih....direply begitu saya giraaaaang banget...haha, walau isinya cuma ngabarin kalau file nya rusak, tapi dengan perintah bahwa saya disuruh kirim ulang naskahnya, saya berpikir minimal sang editor tertarik nih sama penawaran naskahnya :-P :-P.


Akhirnya saya nurut tuh....coba kirim ulang naskahnya. Namun ajaibnya, berkali-kali dikirim ulang, kondisi file nya masih sama, rusak katanya, semua huruf-huruf mendadak bertumpuk-tumpuk ngga bisa kebaca. Penasaran saya buka di komputer saya....eung....anehnya tampilan di komputer saya sih ga ada masalah, semua tampak baik-baik saja. Dalam hati mulai pingin nangis tuh, sekalinya ada editor yang ngotot nyuruh kirim ulang naskahnya, eh naskahnya kok malah rusak begini...huhuhu... T_T. Sampai pengiriman yang ketiga, masih rusak juga, namun sang editor bilang....eh yang rusak cuma lampiran "outline" nya aja, naskah utuh sih masih oke. Fyuuuh....langsung bernafas lega deh. Dan masih di hari yang sama, sang editor lalu kirim email lagi, meminta naskah saya direvisi, bukan revisi konten, beliau cuma minta dikasih textbox tiap halaman.


Antara girang dan bingung tuh waktu disuruh revisi, karena perintah revisi nya kok tanpa ada pernyataan acc yaa, jadi sebenernya naskah saya diterima ga sih? heu..heu..mau nanya juga sungkan. Namun...akhirnya saya memilih untuk mengikuti saran editor, karena revisi yang diminta bukan merubah konten, cuma nambah-nambahin textbox doang di tiap halaman. Walau teuteup weh cape....secara bikin kotak-kotaknya ada 115 buah looo, sesuai dengan jumlah halamannya....xixi :-P.


Rasanya.....tulisannya udah kepanjangan.....yang baca bisi lieur.....to be continue aja lah yaa... :-P









Comments

Popular posts from this blog

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"

Kemandirian Financial Vs Kemandirian Psikologis, Lebih Baik yang Mana Dulu ?