Berharap Ga Jadi Seperti Lilin yang Terbakar (tamat)

Masih ngelanjutin yang kemaren yaaaa.... hihihi :-P



Nyang kemaren, akhirnya sampai nyeritain bikin textbox sebanyak 115 buah kan yaa ??!. Dan waktu yang dihabiskan untuk bikin kotak-kotak itu adalah satu minggu. Setelah beres, langsung saya kirim deh ke editornya. 


Setelah saya kirim....mulai kebingungan lagi deh, karena ga direply...hiks..hiks. Tik...tok...tik..tok, karena bingung, akhirnya saya kirim email lagi, apa naskah revisi nya udah sampe atau belom. Dan....alhamdulillah....emailnya langsung dijawab...beliau hanya jawab "Ok..Rena, sudah saya terima, masuk daftar antrian yaa." 


Dalam hati mulai bingung lagi deh, itu maksudnya antri apa sih ? antri review atau antri terbit ? terus sebenernya naskah saya resmi acc ngga sih ?. Hiks...pengen pisan nanya lagi, tapi berdasarkan advice dari salah satu temen penulis. Udah...keep aja dulu, ntar kalau nanya-nanya mulu keliatan banget kayak orang ngga sabaran (padahal emang ga sabaran...xixi :-P). Terus temen itu juga bilang, biasa nya sih, kalau dah masuk antrian tuh, antri terbit, apalagi sebelumnya udah ada perintah revisi, banyak berdo'a lagi aja, insya allah yang sekarang mah ngga gagal lagi. Aamiiiiiiiiiiinnnn.....ucap saya dalam-dalam merespon kata-kata penghibur sang teman itu.

*****

Waktu menunggu itu bener-bener waktu yang menggalaukan hihihi. Temen-temen udah kasih saran, daripada nunggu bengong malah ga produktif, udaaaah....bikin naskah baru aja, atau ikutan lomba-lomba buat hiburan, biar ga berasa banget waktu nunggu nya, dan kemampuan nulis juga makin terasah. Hmm...awal-awalnya saya setuju sih, tapi lama-lama ga minat lagi hihihi :-P :-P. Duuh...ngga ngerti deh, yang kepikiran cuma duo naskah ini weh hayoh (karena di saat yang sama jawaban naskah novel juga masih ga jelas :-P). 


Dari hari ke hari menyimak timeline FB , ada yang menang lomba ini lah, lomba itu lah, terbit buku ini lah, buku itu lah, atau masuk media A, media B, dan masih banyak lagi. Sirik ? hihi...lumayan lah, tapi pikiran saya ama duo naskah saya masih jauh lebih dominan dibanding kesirikan saya melihat keberhasilan temen-temen penulis lain. Lagian saya mikir sih, semua orang yang berhasil itu, pasti kerja kerasnya juga lebih gila-gilaan, atau kalaupun kerja kerasnya biasa-biasa aja, minimal do'a nya pasti lebih dahsyat deh,  jadi kalaupun saya sirik, saya sih langsung mikir, siap ga bisa kerja sekeras mereka, heu...heu.. terus langsung saya jawab lagi deh....ga siap hahah....hadeeeeuuuh....ga jelas memang :-P.


Hmm.... gini.... dalam kehidupan sekarang yang luar biasa keras, ngga semua orang bisa punya pilihan hidup jadi orang naif kayak saya. Termasuk di dunia nulis, dalam persaingan industri nulis yang menggila, buat orang-orang yang udah kelanjur kecemplung di sana, mau ngga mau harus bertanggung jawab penuh laah dengan pilihannya, atau buat orang yang memang harus menafkahi anak dan keluarganya dari hasil menulis, mau ngga mau, ngga bisa punya pilihan "barebas" kayak saya begini. Makannya saya hormaaaaatttttt banget sama mereka semua, karena ngga mudah menjalaninya.


Sedangkan saya, menulis itu supply energi saya buat bisa tetep "fit" di rumah, makannya saya sadar penuh, saat saya menulis, energi happy yang saya inginkan harus bisa saya dapatkan dari hasil kegiatan menulis ini, karena saya butuh energi happy itu buat anak-anak dan suami. Jadi....kalau kegiatan menulisnya sendiri sudah bikin saya stress, heu...heu...saya lebih memilih meninggalkannya deh. Pokoknya saya harus happy dari kegiatan menulis saya....gitu deh....titik...pikir saya.



Terus saya nanya lagi dalam hati, terus kamu teh sebenernya mau jadi apa atuh ? hahah...ngga tau lah, yang kepikir sama saya mah pengen nerbitin duo naskah itu aja dulu jadi buku....udah titik, ngga pake koma :-P. Saya rela ninggalin banyak hal soal tetek bengeknya bidang kepenulisan demi si duo naskah itu, ngga pernah ikutan antologi lagi, ngga banyak ikutan lomba, yang paling lebay....saya bahkan rela melepas kesempatan jadi penulis tetap demi si duo naskah ini hahahah...OMG..emang siapa kamu..Ren, sok jual mahal pisaaaaann....hahah..hiks..T_T.


Mengapa saya selebay itu ?? gini....karena buat saya mikirin memoles si duo naskah sama gedebak gedebuk nyari penerbitnya aja udah nyedot pikiran, walau saya merasa seneng ngejalaninnya, tapi tetep stress lah, dan saya ngga mau nambahin stress lagi, dengan ngikutin nafsu saya pengen ini dan itu...heu..heu. Karena kembali ke niat awal, saya cuma pengen happy dari menulis, kalau nulis cuma bikin saya stress, ntar anak-anak dan suami deh yang kena getahnya...heu..heu.


Dan....apa yang saya dapat dari hasil meninggalkan semuanya ?? ternyata belum ada :-D :-D !! si duo naskah itu sampe sekarang belum terbit juga...hahah. Saya nyesel udah memutuskan ini ?? nyesel sih ngga....cuma kadang suka merasa dogol aja sih. Suka ngebayangin orang-orang pada ngetawain dengan jalan yang sudah saya pilih ini, udah sok-sokan ngga milih apa-apa demi si duo naskah, eh nyatanya yang dibelainnya ngga terbit terbit juga...wkwkw :-P. Padahal siapa juga yang ngetawain yak....dasar GR an, mendingan ngurus diri sendiri kali yee daripada buang waktu buat ngetawain saya hahah :-P.


Hmm....sempet juga sih ada pada titik frustasi, bukan frustasi dengan pencapaian soal hasil nulisnya, tapi frustasi aja dengan apa yang sudah saya yakini, jangan-jangan saya salah....jangan-jangan saya aneh deh, atau...jangan-jangan saya lebay....walau akhirnya berhasil saya redam lagi. Hmm....yah...kalaupun yang saya putuskan ini salah, minimal saya pengen dapat pelajarannya aja dulu dari hasil kesalahannya, jadi kalau memang harus ganti keputusan, saya udah tau salahnya dimana. Kalau belum dapet pelajaran apa-apa, eung....ngga tau kenapa, saya masih pengen bertahan aja. Bertahan apa ?? iya....bertahan menunggu si duo naskah itu terbit....OMG...haha :-P.


Yah...ada satu hal yang kerasa banget sama saya dalam masa-masa penantian ini. Kerasa apa ? eung...kerasa bahwa semua ide dan inspirasi yang saya tulis dalam naskah itu ternyata bukan milik saya :-). Dalam naskah itu saya cerita sampe berbusa tentang apa itu ikhlas, tapi nyatanya mengikhlaskan diri menjalani proses penerbitan si duo naskah nya aja saya udah sering nangis-nangis   karena cape dengan gagalnya....xixi :-P.


Yup....ilmu ikhlas ternyata emang pemilik patennya tetep Allah, sudahlah....biar Dia saja yang terus memilikinya, saya mikir....kalau proses penerbitannya dibuat mudah, pasti deh saya udah sok-sokan tuh dengan si ide yang ada di dalam naskah itu, ngaku-ngaku milik saya, padahal mah....udah untung galau saya berkurang karena saya bisa menuliskannya, dimana saya bisa nebeng merasa damai karenanya. Standar laaaah.... dalam dunia kepenulisan, tulisan dibilang bagus atau inspiratif itu rasanya gimanaaaaa gituu, walau manusiawi sih punya perasaan bangga mah, cuma dosisnya kalau udah berlebih bikin lelah ternyata heu heu.

Biar....biarlah....ilmu itu tetap ada di langit, kalaupun bisa turun ke bumi, semoga hanya Engkau yang memilikinya...Ya...Rabb, kami semua ini cuma punya hak sebagai "peminjam". Merasa memiliki apa yang bukan hak seorang mahluk, yang ada cuma bikin cape ternyata...hiks...hiks.


Dalam do'a....saya pengen pisan terus diberi "pinjaman" kekuatan ikhlas dalam hidup, dunia yang keras ini terlalu berat kalau cuma ngandelin logika dan kekuatan diri, dan cuma ikhlas yang memudahkannya, membuat hidup yang berat jadi ringan, membuat hati yang keras jadi lembut.


****

Dapat berita dari seorang penulis yang bukunya sama-sama terbit di penerbit "E" , kalau editor udah minta scan data pengarang dan NPWP, biasanya waktu terbitnya ga akan lama lagi. Eung.... alhamdulillah.....dalam seminggu ini, intensitas email-emailan dengan sang editor sudah lumayan sering, dan proses scan-scanan udah beres, berharap berita dari salah seorang penulis itu bener yaaa.....buku saya ngga lama lagi terbiiiiiittt.....hihihi :-P. Aaaamiiiiinnn.


Kalau sampe nanti bukunya terbit, saya pasti nangis deh, karena apa yang saya idam-idamkan bertahun-tahun akhirnya terkabul juga hahah, yaah....biar udah punya buku antologi banyak (haish baru 9 doang ngaku2 banyak...ga pa pa ah..xixi :-P), tetep beda laah rasanya dengan nerbitin buku solo, apalagi kalau inget perjuangan buat nerbitinnya, dimana kata saya mah ngga mudah. 

Dan...ternyataaaa....akhirnya apa yang saya mimpikan terkabuuuuullll.... fyuuuh. Namun.....eung....jauuuuuh.....di lubuk hati yang terdalam sana, ada satu harapan yang lebiiiiiihh besarrrr, yaitu....eung....tetep berharap "pinjaman" ilmu ikhlas ini masih mau Allah kasih walau bukunya udah terbit sekalipun, karena ternyata biarpun saya udah beres menuliskannya, saya masih sangat terbata-bata mengejanya kembali dalam kehidupan nyata, karena saya tahu sefasih apapun saya menerangkan kata-kata ikhlas, hanya dengan bantuan Allah saya bisa menghujamkannya ke dalam dada, dan hanya dengan bantuan Allah juga saya bisa menerjemahkannya dalam tindakan nyata....hiks.


Yah....mau gimana lagi....memang cuma ikhlas yang membuat hidup saya lebih hidup, sesederhana apapun ilmu agama yang saya miliki.... T_T.


Seperti judul postingannya, saya cuma berharap, dengan terbitnya buku saya nanti ga akan membuat saya menjadi seperti lilin yang terbakar, yang mampu menerangi sekitar namun diri sendiri hangus terbakar. Saya pengen buku itu sanggup menerangi hidup saya, dan yang pasti menerangi mati saya juga nantinya....aamiin.


#Hiks...ngga kerasa, nih keyboard dah basah sama airmata ternyata, bukan pencitraan, asli saya nangis, nangis karena inget besok udah senin lagi, berarti udah harus pakepuk lagi menghadapi rutinitas harian yang padat, hadeeuuuh....berat ternyata ikhlas teh nyaa....ngadepin hari senin aja udah grogi...hahaha... T_T#


Bismillah.....semangaaaaaatttt.... aaahh...







Comments

Popular posts from this blog

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"

Kemandirian Financial Vs Kemandirian Psikologis, Lebih Baik yang Mana Dulu ?