Berharap Ga Jadi Seperti Lilin Yang Terbakar

Ceritanya lagi bengong cari ide buat ganti judul yang baru, tapi asa bingung....nge blank...hehe.

Ya sudah deh....itung2 dalam rangka mencari ide, saya numpang ngacaprak aja dulu, nyeritain tentang "behind the scene" si naskah yang katanya disuruh ganti judul ini. Halah....serasa seleb aja pake cerita behind the scene segala, siapa elo Ren....hahahha :-P :-P. 


Pas hamil anak ketiga, awal kehamilan mengalami mual yang ga seberapa parah, malah tergolong kehamilan paling sehat dibanding dua kehamilan sebelumnya. Tapi baru dalam kehamilan yang ketiga ini saya ngalamin galau yang lumayan parah hahah. Yang namanya kehamilan tanpa perencanaan, lumayan bikin sedikit syok sih ngadepinnya. Apalagi berita kehamilan ini saya ketahui tepat sehari setelah anak kedua saya jatuh dari motor akibat kecerobohan saya. Pas ngalamin kejadian itu, sempet dalam hati bertekad "Ah...pengennya anak 2 aja deh, kalau bisa jangan dikasih lagi, tokh dua anak aja saya masih kacau balau ngurusnya"... T_T. Eh...habis berdo'a begitu, besoknya malah ketauan positif hamil, panik deh...hahah :-P. 


Yah...begitu deh rencana Allah, memberi apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan. Tapi tetep ga mudah menghalau segudang kekuatiran saat melewati awal-awal kehamilan. Hari-hari teh asa galau jeung galau weh hayoh...wkwk, dan hobi nulis pun sempet mandeg dulu tuh. Sampai akhirnya masuk bulan ke 5 (kalau ngga salah), dapet berita kalau suami positif pindah kerja keluar Indonesia, eh...tapi...ngurus visa dan berbagai birokrasi lainnya beneran bikin emosi jiwa deh, akhirnya yang ada saya makin galau, hidup galau lah...pokoknya mah.. hahahah ... T_T.



Rasanya seperti ke sana mentok ke sini mentok, sampai akhirnya saya sadar....please Ren...ikhlaskan semua kondisi yang terjadi pada dirimu, pasti semua kegalauan itu akan berlalu.


Yup....Ikhlas memang jawabannya :-)

Heu....ngetik tulisan I K H L A S memang gampang, namun prakteknya ternyata ga sesederhana ngetiknya. Tapi udah weh ngetiknya dulu aja yang dikerjain yaa, bukankah melakukan sesuatu itu harus dimulai dari yang mudah dulu ?? hihihi *ngelescantik wkwk :-P*.


Yah...dalam rangka pengen menelusuri konsep ikhlas, akhirnya saya pelan-pelan mulai nulis lagi deh. Dulu bikin langsung 2 naskah, satu non fiksi (yang lagi dicari judulnya ini), dan satu lagi fiksi (alhamdulillah, novelnya dah acc di penerbit yang lain). Dua naskah itu bercerita tentang apa itu ikhlas. Terus apa saya udah canggih dalam praktek keikhlasan gitu sampe berani2nya nulis tema keikhlasan ?? hihihi...pan udah saya bilang nulis dua naskah itu beneran buat nemenin saya yang lagi galau parah. Dan Allah itu Maha Penyayang... seoranng galauers seperti saya sekalipun, ternyata akhirnya dituntun untuk bebas dari galaunya, dengan mengenal lebih jauh soal si ikhlas ini.


Kata demi kata, halaman demi halaman, perlahaaaaaan sekali, galaunya berkurang, ga banyak kurangnya sih, tapi lumayan lah...hehe :-P. Namun penulisan 2 naskah itu akhirnya terpaksa berhenti di tengah jalan, karena saya riweuh lagi dengan proses pindahan dan lahiran. Beres pindahan dan lahiran, beneran ga ada bayangan kalau naskahnya bakal selesai, karena disaat yang sama, banyak rasa gak PD menyergap, hellooo...galauers kayak saya bikin tulisan tentang ikhlas, apa kata dunia ahahaha .. T_T.  Tapi mau bilang apa, hanya dengan menulis itu, kegalauan saya makin lama makin mudah saya redam. Serius...saya ngga lagi ngajarin pembaca mengenal apa itu ikhlas, tulisan itu beneran buat nemenin saya "move on"...that's all....cuma itu. 


Sampai akhirnya 2 naskah itu selesai, dan dimulailah hiruk pikuk mencari penerbit yang mau "berjodoh" dengan tulisan saya. Dan perjuangan hiruk pikuknya seolah membuat saya luluh lantak hahaha.


Cerita hiruk pikuknya kayak apa.....nanti kali yaa....diceritain pas dah beneran dapet kepastian kapan tepatnya si buku bisa "brojol".  Eh...temen-temen BAW mah udah pada tau diiiinggg....hihihi :-P. 


Yah....berharap besar, tulisan itu bisa menerangi diri saya sendiri, ga mau seperti lilin yang terbakar deh...dimana kalau saya lagi down, dan seolah terengah2 mengamalkan ikhlas saat galau melanda, tulisan itu bisa berkali-kali saya baca ulang, saat nanti sudah berubah menjadi buku. Syukur-syukur bisa nemenin para galauers di luar sana, supaya ngga ngerasa sendirian....tenaaaaang, ada yang galau juga kayak saya kok ahahah. 


Yah...kalau boleh menghibur diri, anggap weh galau teh adalah alarm tubuh terhadap sesuatu yang kurang pada hati dan pikiran kita, dan disaat kekurangan itu bisa kita pahami dan berusaha kita redam, galaunya berkurang kok, malah saya suka merasa kadang Allah ijinkan galau mampir pada hati kita, sebenernya untuk menarik diri kita yang mungkin tanpa sadar menjauh dari Nya, supaya kembali pasrah padaNya :-).


Hmm...yaah....entah seseorang itu memiliki ilmu agama yang rendah atau tinggi, pada akhirnya emang cuma ikhlas yang jadi solusi hidup yah... abis kumaha deui, dah nyoba cari solusi yang lain....tetep ngga bisa menghalau galau uy...hiks... T_T.


Yah....semoga tulisan sederhana saya yang mau terbit ntar, nantinya bisa diterima, mohon maaf kalau banyak kurangnya, maklum ilmu masih minimalis. Sekali lagi....bantu do'a yaa....hatur nuhun pisan. 








Comments

MissHagemaru said…
selamat untuk kehamilan ketiganya mbak.. rejeki dari Alloh hehehe, moga segera terbit jugak novelnya yak, kapan aku nyusul hiks
rena puspa said…
hihihi....hamil anak ke3 nya udah lewat mbaaa....ntuu anaknya skrg dah 2 thn :-D, ini lg critain masa lalu crtanya gitu :-P.

aamiin....mga2 mba rahmi cpt terbit juga yaaa bukunyaaaa...mksh looo dah nyempetin baca tulisankuh...hihi

Popular posts from this blog

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"

Kemandirian Financial Vs Kemandirian Psikologis, Lebih Baik yang Mana Dulu ?