Mengobati Luka

Dalam hidup, kita pasti pernah lah ngalamin bagian dari tubuh kita terkena luka. Luka fisik, misalnya jatuh dari pohon, diobatin pake obat merah sembuh, atau luka yang rada parahan (misal) bekas operasi diobatin pake salep untuk tubuh bagian luar, sedang organ dalamnya diobatin pake obat minum.


Kalau luka nya fisik, pengobatannya (mungkin) terlihat lebih mudah yaa karena "bentuk" luka nya pun kasat mata, nah...gimana kalau luka yang di alami itu luka batin. Kabarnya malah batin yang terluka justru membuat orang (lebih) ngga bisa ngapa2in walau mungkin secara fisik dia sehat, sedang orang yang terluka secara fisik namun batinnya bugar, bisa jadi punya kekuatan lebih besar dibanding dengan orang yang punya luka batin...heu..heu.


Bentuk luka batin tuh seperti apa aja yaa ?? bisa jadi berawal dari sebuah peristiwa yang menakutkan bahkan mungkin sampai mengancam jiwa walaupun akhirnya dia selamat namun troumatisnya masih sulit terlupakan.


Pengobatan luka batin pastinya beda dengan luka fisik yaa....walaupun ada juga beberapa kasus luka batin terjadi karena berawal dari luka fisik, misal : pernah ngalamin kecelakaan parah, sampai akhirnya dia takut sekali naik mobil, pernah ngalamin kehilangan harta benda dan keluarga karena kebakaran yang berawal dari sebuah kecerobohan yaitu lupa mematikan api kompor, so...setelah peristiwa nya berlalu dia mendadak takut sekali melihat kompor, pernah ngalamin pemerkosaan, sampai akhirnya dia takut sekali menikah, dan masih banyak lagi. Heu...saya kok ngasih contohnya yang ekstrim2 begitu yak?? hihihi...soalnya kalau kasih contohnya yang cemen2 rasanya kurang dramatis hahhahah....dasar drama queen :-P.


Yang pasti treatment untuk si luka batin ini sama sekali ngga boleh dianggap enteng lah....harus serius, bisa jadi harus lebih telaten dan lebih sabar dari nyembuhin luka fisik kali yaa....hmm.. diabaikan jangan didramatisir juga jangan, diterima keberadaannya lebih tepatnya. Saat tubuh menerima, energi positif akan mengalir, so...secara natural nantinya tubuh akan melakukan proses autohealing.


Ada banyak kisah positif, dimana orang-orang yang berhasil mendobrak rasa takutnya terhadap hal-hal penyebab trouma nya justru dengan cara menghadapi si pencetus trouma itu. Saya pernah baca buku, ada seorang yang pernah mengalami peristiwa kebakaran hutan sampai dia kehilangan segalanya termasuk keluarganya, nah...cara dia menyembuhkan luka batinnya justru dengan melakukan kampanye terhadap banyak orang tentang pentingnya tindakan penyelamatan hutan, ada juga orang yang pernah nyaris mati karena kena narkoba, naah....cara dia membunuh rasa takutnya kalau terjerumus lagi yaitu dengan cara ikut gerakan kampanye anti narkoba, ada seorang perempuan yang pernah kena kasus KDRT, naah...cara dia mengobati luka batinnya, justru dengan cara memberi pengertian pada banyak orang gimana caranya move on (jadi keinget salah satu artis yang sukses besar setelah ngalamin kasus KDRT... heu...naha jd ngomongin artis yak...asa jiga infotainment wkwk :-P).


Jadi...kesimpulannya....karena tubuh kita terdiri 2 komponen yaitu lahir dan batin, jadi yaa perlakuan terhadap keduanya harus adil yaa...kalau fisik terluka kudu diobatin, batin luka pun harus diobatin deh.



#sebenernya gw lagi ngomongin apaan sih?? teuing lah....wkwkwkkwk, maaf kalau ada yang udah terlanjur baca dari awal, eh ternyata endingnya teu puguh kieu nya....ngabisin waktu aja yaa haahha :-P :-P #

Comments

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"