Back to Nature

Nulis ini karena terinspirasi dari wall FB nya silvia rahayu , yang baru memulai gerakan hidup tanpa shampo dan sabun. 


Yah... jaman sekarang lifestyle "back to nature" tampak sedang happening yaa... semua seolah beramai-ramai kembali ke alam, dari mulai pola makan , pengurangan penggunaan obat-obatan, pengurangan pemakaian tas plastik, dan masih banyak gerakan lainnya lagi. Tapi untuk gerakan hidup tanpa shampo dan sabun ini saya malah baru denger. Waah...ga kebayang mandi tanpa shampo dan sabun kayak apa rasanya yaa... hihihi. Walau kalau dipikir-pikir masuk akal banget sih, biar gimana shampo dan sabun itu kan ada unsur kimia di dalamnya ya, pasti deh kalau unsur kimia masuk ke dalam tubuh suka ada aja gitu efek sampingnya. Hmm... tapi hidup bener-bener pure bebas bahan kimia juga  susah kayaknya jaman sekarang yaa, yang harus dicatat mungkin kita paham benar aja ambang batas amannya dimana.


Soal gerakan hidup "back to nature", kalau dipikir-pikir kasian juga yaa para penemu jadul yang udah capek-capek bikin berbagai penemuan dan inovasi yang tujuan awalnya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, eeh... ujung-ujungnya ternyata semua penemuan seolah kayak ga kepake lagi yak..xixi, karena belakangan baru ketauan bahwa hidup kembali ke alam ternyata lebih baik. Hadeeuh... ga segitunya juga kali yaa.... hihi, endingnya emang yang namanya ilmu itu terus berkembang sih ya, pemahaman bahwa konsep hidup "back to nature" lebih baik dari sebelumnya tentu saja bakal terjadi setelah mengalami masa  hidup "penuh inovasi" dulu deh. 

***

Oh... ya kembali ke soal isyu hidup bebas shampo dan sabun, mendadak saya jadi keinget dengan anak bungsu saya Yasmin yang udah setahun belakangan ber sikat gigi ria tanpa odol. Apa gara-gara pengen ngikutin pola hidup "back to nature" juga gitu ?? hihihi.... nggaaaa, terus gara-garanya apa dong ?? 

Gara-garanya, pada suatu hari odol baby dia habis, terus saya ganti merk baru, karena merk lama   pun kebetulan lagi ga ada stok di baby shop nya manapun, eeh... doi nangis jerit-jerit karena ga suka dengan rasanya, terus saya ganti lagi merk odolnya berkali-kali, ya ampuuun semua merk yang saya kasih ga ada satu pun yang dia suka. Akhirnya pasrah deh saya, nyikat gigi dia pun tanpa odol.


Setelah setahun berlalu, baru saya ngeh... kok gigi dia justru paling bagus yaa dibanding dengan kakak-kakaknya pada usia yang sama. Seinget saya, kakak-kakaknya pas umur 2,5 tahun tuh giginya udah mulai pada gerepes gitu deh, padahal nyikat giginya rajin looh. Malah anak saya yang sulung pernah heboh gitu ke dokter gigi, minta dikasih treatment penambahan fluoride ke giginya, karena gigi dia dulu rusak... kenapa heboh ??ga tau deh... asa heboh weh, maklum namanya juga baru punya anak satu wkwk :-P. Terus adiknya, saking saya ngga mau mengulangi kesalahan yang sama, punya anak yang giginya rusak,  saya pun nyikat gigi mas azwan tuh sehari sampe 3x looh, dan sialnya giginya mas azwan malah jauh lebih rusak dibanding kakaknya....huhuhu... hiks.


Beneran Asli frustasi looh haha..lebay :-P, kurang apalagi deh saya hebohnya merawat gigi anak-anak tapi kenapa gigi mereka malah pada rusak. Belakangan saya baru tau nih, sebenarnya penggunaan pasta gigi ternyata ga terlalu bagus untuk gigi, malah kalau berlebih bisa menyebabkan flourosis (keropos gigi) (artikelnya baru dapet tadi pagi ini bisa dibaca disini ). Sebenernya dulu-dulu saya pernah denger juga sih bahwa beberapa merk pasta gigi diklaim berbahaya karena menggunakan detergent, dimana bisa bikin gigi lebih putih namun sebenarnya dapat merusak flora baik dalam mulut. Tapi dulu saya lebih konsen ke bahan detergentnya, jadi fokus saya... ya udah, cari aja pasta gigi yang ga ada bahan detergentnya, dijamin aman. Eh...belakangan baru ketauan flouride pun bahaya... heu heu, walau tetep ada ambang batas normalnya yah... dimana-mana yang kelebihan pasti ga bagus lah yaa. 


Oh ya... kabarnya penggunaan "mouth wash" lebih parah lagi bahayanya, karena kemampuan membunuh bakteri baik dalam mulutnya kuat banget, gigi terasa lebih segar, bening dan wangi, tapi gigi lebih cepet keropos katanya (kalau yang ini saya lupa uy literaturnya... yang tau, boleh tolong cariin yaa). 


Eugh.... kumaha atuh yaa, penemuan-penemuan canggih tentang seputar bahan pembantu kita dalam merawat gigi, kenapa sekarang baru ketauan ada bahayanya ya. Entah benar apa ngga, kalau dipikir-pikir bisa juga ada benernya ya, terbukti orang-orang jaman sekarang kok jarang ada yang punya gigi sekuat orang jadul yang cuma bermodalkan "nyeureuh" untuk urusan merawat gigi. Atau kalau mau kita bandingin lagi dengan fosil-fosil gigi manusia-manusia pithecanthropus yang masih utuh sempurna, padahal semasa hidupnya mereka cuma nyikat gigi pake daun-daun dan kayu-kayuan  aja katanya.


Lalu gimana nih ? mau kembali seperti manusia pithecanthropus kah ? ga nyikat gigi pake odol?? hadeuuuh... iya sih gigi jadi kuat, tapi bau mulutnya bikin pingsan kali yaa wkwk.

Oh ya... ngomongin soal bau mulut. Kabarnya bau mulut itu sebenarnya bukan dari gigi looh, tapi dari pencernaan kita yang bermasalah, karena tanpa ada bantuan pasta gigi pun, sebenarnya mulut kita sudah punya ludah yang didalamnya hidup berbagai bakteri baik yang berfungsi untuk membunuh kuman-kuman jahat yang dapat membuat gigi kita rusak, selama bakteri baik itu terpelihara kehidupannya, seharusnya gigi kita akan sehat saja tanpa harus bau mulut, walau nyikat gigi tanpa pake pasta gigi sekalipun. Andai makanan kita terjaga kealamiannya dan minim bahan pengawet, sebenernya itu selain dapat menjaga pencernaan, juga bisa menjaga bakteri baik dalam mulut tetap hidup.  Eugh... sayangnya saya lupa nih literatur pendukungnya, yang tau tolong tambahin yaa.... (hadeuuh... penulis macam apa sih saya, ngerepotin pembaca mulu dari tadi, males nyari literatur...hahah :-P)


Jadi kembali lagi ke lifestyle "back to nature", hidup bebas pasta gigi mungkin bisa masuk dalam list kali yaa, kalau di Islam ada tawaran solusi lain sih, yaitu pake siwak. Heu..heu... tapi saya mah ngga yakin juga yaa bisa bener-bener hidup tanpa pasta gigi, nyobain pake siwak.... teteuup bau mulut susah dihilangkan, pastinya ngaruh dari makanan juga sih yaa, sehebat-hebatnya menghindarkan diri dari makanan non alami, susah sih ya... karena makanan yang ga alami seringnya jauh lebih enak rasanya dibanding makanan yang alami hahahah.


Yah... ga tau juga deh... pemahaman ini ga yakin apa akan begini terus yaa, yang namanya juga ilmu pengetahuan, pastinya bakal terus berkembang kan yaa ?!! 



Comments

RiskiRingan said…
Kalau nyikat gigi tanpa odol mungkin bisa, tapi kalo mandi tanpa sabun dan sampo kayaknya enggak deh... :)
Mimi Affandi said…
Waduh Mak, aku juga nggak bisa bayangin hidup tanpa pasta gigi, pasti rasanya nggudel, xiixixixii :D

http://thehappymimi.blogspot.com/

Popular posts from this blog

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"

Kemandirian Financial Vs Kemandirian Psikologis, Lebih Baik yang Mana Dulu ?