Revolusi Setrikaan

Revolusi setrikaan

Jika Bapa Presiden kita punya program "Revolusi Mental", lalu Bapa Bupati Malinau punya program "Revolusi dari Desa", maka saya pun pipilueun ah, pengen punya program revolusi juga, yaitu program "Revolusi Setrikaan".. Haha.

Btw... Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih buat mba Rita yang sempat komen kata "revolusi strikaan" di wall , jadi weh saya kepikir buat bikin tulisan bertema "strikaan" ini, wkwk . Tulisan tentang strikaan ini sebenernya bukan tulisan yang pertama sih, saking saya kepengen banget lebih menikmati nyetrika #jiaaah gombalika :-P #,sebelum tulisan ini, saya udah pernah juga bikin tulisan tentang strikaan di blog, isi tulisannya lebih ke teknisnya sih, tapi pake ceritain sejarah strika jugak haha, walau udahnya teuteup ajah yg namanya nyetrika mah masih kerasa kayak kesiksa uy...qqqqq

Lalu untuk tulisan yang sekarang, kenapa harus revolusi strikaan ?? Karena mental saya kerap babak belur hanya gara-gara strikaan, haha... Sedangkan ngandelin ART , kebetulan sedang tak adeu, mau ke londri hoream ngagotong dan mengantrinyah. Maka demi mensuskeskan program revolusi mental Bapa Presiden, saya pun akan memulai dari revolusi strikaan dulu deh, dimana strikaan itu muara dari perbaikan mental saya sebagai IRT serba bisa (bisa disuruh-suruh maksudnya haha ... Pan IRT merangkap sebagai ART tea ateuuh.. Wkwk :-P).

Di antara list beberapa pekerjaan domestik, nyetrika masih jadi "beban" buat saya, pas saya telusuri apa sih sebenernya yang bikin kerasa bebannya ? :

1. Durasi nyetrika itu paling lama di antara kegiatan domestik lainnya seperti nyapu, ngepel, beberes, atau bahkan masak.

2. Panasnya itu ampuuun deh, biar kata udah pake doa nabi Ibrahim saat dibakar api, tetep aja ga ngaruh... Anggeeerrr hareudaaang.. Uyyy :-P.

3. Butuh tingkat ketelitian lumayan tinggi, baju berbahan super tipis dan baju berbahan susah rapih itu yang sering jadi pemicu galaunya, kalau baju berbahan umum aja mah, masih lumayan hepi lah ngerjainnya.

Udah sih... Cuma 3 itu doang penyebabnya, eh tapi biar kata cuma 3 penyebab, tetep laah... Nyetrika itu belum bisa selevel dengan kerjaan domestik lainnya, masih jadi beban hidup tertinggi dibanding nyuci, beberes, nyapu, ngepel atau bahkan masak.

Karena pas saya telusuri, pekerjaan domestik lain tuh masih berhubungan dengan proses relaksasi loh kalau mau kita hayati (cieh...cieeh), misal : masak kabarnya malah ada unsur seninya (secara di dalam nya ada mix n match bahan dan bumbu, dah gtu ada seni penyajiannya juga), terus nyuci baju, ada sensasi dingin dari air nya yang bisa bikin badan seger, sedang ngepel ada harum aromatheraphy yang dihasilkan dari cairan pembersih lantai, dimana itu bisa bikin tubuh kita lebih rileks, dan kegiatan beberes rumah katanya bagus untuk mengaktifkan otak kanan.

Sedangkan nyetrika udah saya cari2 alasannya supaya ada latar belakang yang lebih keren gitu, tetep belum nemu hahah, mau dihubungkan dengan seni pun , paling banter yaa...berhubungan dengan Seni-wen....Eh senewen ding.. Qqqq

Maka atas dasar pemikiran itulah, saya memutuskan untuk membuat sebuah revolusi pemikiran tentang kegiatan nyetrika... Ehem.. Fyuuh.. #Lebay akut haha#

Mari kita melihat lebih detil, fungsi baju disetrika itu apa sih ?? :

1. Untuk membunuh kuman
2. Supaya baju lebih rapih.

Okay... Kalau dilihat dari 2 fungsi di atas, ternyata jika saja baju ga disetrika tidak akan menyebabkan kematian tokh, paling banter gatel2 doang atau menurunkan tingkat kePDan karena baju yg kita pake kusut hahaha #drama abiiiss :-P#

Mari kita telusuri fungsi pertama dulu deh, yaitu membunuh kuman. Untuk urusan membunuh kuman, apa bener cuma strika jalan satu-satunya ?? Kalau kita baca ulang fungsi detergent yang katanya bisa membunuh kuman pada baju yang sedang dicuci, sebenernya proses pembunuhan kuman pada baju itu udah gugur saat baju dicuci kan ?? jadi standar level terrendah soal kebersihan baju yang kita pakai tanpa setrika pun masih aman banget sebenernya.

Lalu masuk fungsi yang kedua, untuk kerapihan, naah... Yang ini bener sih, hanya strika alat satu-satunya yang dapat membuat baju jadi rapih, kecuali untuk orang-orang yang punya ilmu tenaga dalam ngkali yaa... Sekali tepuk tangan... Dua-tiga baju tersetrikai ....Haha.. Peribahasa maksa dot com qiqi .

Dan... Jika saya berpatokan pada prinsip hidup saya yaitu "utamakan mengurus benda hidup dibanding mengurus benda mati", alias utamakan mengurus anak2 dan suami dibanding urusan "strikaan n friends", maka boleh lah... Ambil standar level terrendah bahwa jika baju tidak disetrika tidak akan menyebabkan kematian haha.

Eh tapi.. Tetep dong baju untuk pergi itu harus rapi, ini penting... Karena biar gimana orang akan menghargai kita untuk pertama kalinya...yaa... dari penampilan laah... Jangan sampai ada orang yang menghina kita, terus kita nya jadi ngambek, padahal kitanya sendiri yang memancing orang tersebut untuk menghina gara-gara kita pakai baju kusut ke luar rumah... Hadeeuuh. Jadi baju seragam sekolah anak2 dan baju kantor suami tetep distrika sampe rapi jali laaah. Sedang baju saya... Untuk PDL (Pakaian Dinas Lapangan,yaitu saat "nginem") kagak usah distrika laah, secara dipake buat kerja inih, tapi pas suami pulang kantor tetep mengusahakan rapi laaah... Kasian dia di kantor liat yg "bening2", sampe rumah kudu liat inem yg awut2an haha, sedang baju PDM (Pakaian Dinas Malam)... Ehem... Puguhan baju2 PDM memudahkan banget, karena bahan-bahannya emang ga perlu heboh di strika kaan ? #hayoh.. Pasti pada penasaran PDM na jiga kumaha nyak... Haha... Sensooorrr...ah #

Dan revolusi pemikiran soal strikaan ini penting ternyata uy... Haha, karena menjaga mental tetap fit demi anak-anak dan suami itu lebih utama kan??dibanding ngabisin mental hanya demi mendaki gunung setrikaan... Hahah.

Alhamdulillah.... Anak-anak pun paham sekarang, kalau baju ga ada di lemari, berarti ada di keranjang setrikaan, atau kalau ga ada di sana, yaa... Berarti masih ada di tempat jemuran...haha. Cari aja di 3 lokasi tersebut hahah . Dan saya jelasin juga fungsi nyetrika itu apa... Eeh... Tanpa disangka mereka malah pada penasaran pengen nyobain nyetrika dengan stylenya masing2, dimana tentu saja jauh laah dari yg disebut rapih mah, nu penting mah si baju jadi "hangaaaat" sahaja... Hihi.

Jadi... Kesimpulan tulisan ini apa yak ? Hahaha.. Ga tau lah..

Cuma pengen cerita, revolusi pemikiran ini penting banget, supaya kita bisa tetep fokus dengan prioritas , disaat kita terkondisikan seolah semua kliatan selevel prioritasnya. Karena terkadang dalam rasa lelah yang luar biasa, bikin kadar kewarasan menurun, dan kesiwer gitu deh nih otak, benda hidup atau benda mati aja suka keliatan sama aja, sama-sama bikin stres nya hahaha.

Back to basic... "Utamakan benda hidup daripada benda mati" ini bener2 rem pakem untuk para IRT rumahan tanpa ART. Biar kita tau kapan saat berhenti dan kapan saat bergerak. Karena sebenernya naluri terdalam seorang ibu mah pengennya urusan rumah rapi jali dan anak2 n suami sehat wal afiat. Catet... Itu naluri.. Yaa... Jd jangan kuatir, saat kita menurunkan standar sebentar hanya demi mendapatkan kewarasan kita, saat kita fit lagi, naluri kita itu yang akan ngarahin kita untuk ngeberesin semuanya disesuaikan dengan kemampuan kita. Dan.. Endingnya... Sok geura cobain,mendadak sok jadi beres weh... N cara beresnya yaa bisa dg berbagai cara sih, bisa tiba2 ada ART (atau dimudahkannya membawa gunung strikaan itu ke londri :-P ), atau bisa melalui bantuan anak2 dan solusi terakhir mendadak kita jd kuat weh bisa ngerjain semuanya sendiri... hihihi. Pokoknya .....Don't be a supermom ah, sing suerrr rugiiii hahahaha

Yah... Berawal dari revolusi strikaan inilah, semoga paradigma lama kita soal kerjaan domestik akan runtuh (haha... Naon sih), karena selesainya strikaan yang satu akan selalu digantikan dengan strikaan yang berikutnya, sedang umur anak2 dan suami mah ga akan bisa diulang dan tak tergantikan, sekali doang momennya.



Jadi kesimpulannya : Iron Lady sejati (Iron Lady : tukang nyetrika qqq), bukanlah seorang wanita yang sanggup menyelesaikan gunungan strikaan tanpa henti, Seorang wanita baru bisa disebut The Real Iron Lady justru saat sanggup mengatur tubuhnya kapan harus nyetrika dan kapan harus berhenti, karena wajah ceria kita didepan benda hidup (anak2 dan suami) jauh lebih dibutuhkan dibanding saat didepan benda mati (strikaan n friends).

Semoga program Revolusi Mental nya Bapa Presiden akhirnya bisa sukses setelah saya mulai dari revolusi strikaan dulu... Aamiin... Hihi

diambil dari www.freakingnews.com



Comments

Santi Dewi said…
kalo nyetrika bisa sambil nonton mak, kalo masak, gak bisa. Malah bisa2 gosong hehehe
saryahd said…
Setuju banget, Mak. Utamakan yg hidup daripada benda mati. Kalo kata suamiku, percuma nyape2in diri sendiri beberes dan sebagainya, tapi abis itu uring2an karena cape hehehe.

Tapi di sisi lain, rumah rapi, pakaian bersih dan wangi juga salah satu faktor yang bikin suami dan anak2 betah dan nyaman di rumah. Solusinya, gotong royong xixixi
Lusi said…
Wow setuju banget itu mengutamakan benda hidup drpd benda mati. Sy jg tanpa ART mak. Saya cuma ngasih jatah setrika 1-2 jam sehari selesai nggak selesai. Kalau anak suami lagi kumpul sy nggak bakalan pegang setrikaan, mendingan gegoleran bareng wkwkwkkk. Hidup revolusi setrika!
Sri Muliana said…
hihi... saya sampai senyum-senyum sendiri bacanya...
Benar mak, kegiatan menyetrika itu memang pekerjaan yang paling -_-

Yang paling susah itu memulainya, alsan yang sama dengan yang disebutkan di postingan, jadi terkadang setrikaan terbengkalai karena lebih mendahulukan urusan domestik yang lain.

jadinya sekarang, pakaian rumah dilipat rapi. dan pakaian bepergian disetrika pagi sebelum berangkat... :D

Salam kenal Mak, blognya saya follow :)
Dewi Rieka said…
hihi iron lady pas banget ya...masku yang jadi iron man mak, alasannya aku kalo nyetrika kusuut

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"