Meraih Sukses Cukup dengan Modal Jadi Diri Sendiri (Part 2)

Masih ngomongin soal personal branding nih...lanjutin yang kemaren yaa..


****

Setelah kita paham bahwa setiap manusia itu unik dan memiliki kelebihan yang tidak sama persis dengan manusia lainnya, lalu muncul pertanyaan berikutnya, gimana sih cara cari tau sisi unik diri kita ? karena bahkan yang ngaku2 pengen jadi diri sendiri pun faktanya tetep begitu-begitu aja, ga maju-maju, kalau pun badan kerasa cape (karena merasa sudah maju), eh belakangan baru sadar cuma lari di tempat aja.

Ternyata banyak yang bilang pengen jadi diri sendiri tapi kenyataannya ga pernah berani melepaskan diri dari pengaruh orang lain, akhirnya yaa... kata mutiara "just be your self" itu hanya jadi kata-kata mutiara penghias diary aja deh...halah.


Saat seluruh kemampuan kita ga keluar, itu artinya diri kita yang utuh belum bener-bener muncul, keinginan untuk meniru orang lain masih begitu dominan, sedangkan saat kita fokus dengan diri kita, semua kemampuan kita akan keluar hingga ke akarnya tanpa sisa, jadi hasilnya pun bisa jadi bakal di atas rata-rata. Sebenernya bukan di atas rata-rata kali ya, tapi karena sisi unik kita saja yang muncul yaa.. seolah kita jadi ga punya saingan ketika sukses berhasil kita raih. Karena sejatinya jika setiap manusia itu sadar dengan sisi uniknya masing-masing, beneran persaingan itu ga akan kerasa, sebab setiap sisi unik itu punya jalan sukses yang berbeda.


Sebenernya bisa sih kita sukses saat segala hal serampangan kita kerjain, tapi sukses dengan cara seperti itu bakal menemui titik jenuhnya, dan ketika gagal total kita kayak ga punya power untuk bertahan. Sedangkan saat kita menapaki jalan sukses dengan terus menjadi diri sendiri, gagal sampe hancur minah pun ga akan bikin kita berhenti, dan disaat sukses kita bakal jarang menemui titik jenuh, yang ada semua kemampuan kita malah makin bersinar, makin sukses maka kita bakal makin penasaran mengasah lagi, makin sukses, makin penasaran lagi...begitu terus...hingga semua kemampuan diri kita keluar hingga ke akarnya.


Oke... kembali ke pertanyaan semula, terus gimana dong cara mencari tahu sisi unik kita ? perasaan kita udah berjuang jadi diri sendiri kok hasilnya masih begini-begini aja?


Kalau nyari sisi unik kita hanya ngandelin penerawangan sendiri mah kurang maksimal euy, makannya mending nanya aja langsung ama yang menciptakan kita... hehehe.

Eeh... ga maksud ceramah lagi loh yaa... tapi mau bilang apa, itulah jawabannya...xixixi.


Yuk... kita baca lagi postingan sebelumnya yang membahas fitrah, bahwa fitrah itu merupakan potensi baik dan bukan kertas kosong, karena segala potensi diri  yang akan kita gunakan untuk mengemban amanah sebagai khalifah ternyata ada semua disana. Makannya yang harus kita pikirin agar diri kita bisa muncul seutuh-utuhnya adalah gimana caranya nih mengkondisikan diri agar sesuai fitrah terus sepanjang masa, kenapa harus ? yaa... karena hanya dengan kondisi itulah semua sisi unik kita bakal keluar maksimal hingga ke akarnya.


Balik lagi ke postingan sebelumnya, kondisi fitrah itu apa sih ? Owh... kondisi fitrah itu adalah saat kita bersaksi atas Tuhan kita, naah... that's the clue... sisi unik kita akan keluar maksimal saat jiwa kita terposisikan bersaksi pada Tuhan kita dalam berbagai kondisi. Saat terkondisikan seperti itu, yaa... semua kunci rahasia diri kita akan keluar, so kita hanya menjalankan alirannya saja.


To be continue 









Comments

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"