Emansipasi



Ibu kartini identik dengan emansipasi….emansipasi identik dengan persamaan hak dan kewajiban antara pria dan wanita dalam segala bidang….kalau bisa malah bisa menandingi kekuatan pria..be a wonder woman abis lah.

Sejarahnya adalah ibu kartini berjuang untuk bisa memerdekakan wanita dari penjara kehidupan yang pada masa itu karena saat itu para wanita2 dilarang beraktifitas apapun…selain di rumah, dilarang bersekolah, dilarang bersosialisasi, dilarang berpikir maju. Tapi sebagai seorang muslimah yang taat, ibu kartini tahu bahwa wanita itu tidak mungkin bisa menandingi pria, karena sejatinya proses pencipataannya saja diambil dari tulang rusuk pria, n tidak bisa menandingi pria juga bukan berarti para wanita itu kalah dan anti emansipasi, tapi justru beruntung karena wanita tidak dituntut tanggung jawab sebesar tanggung jawabnya pria, dan wanita juga harus dijaga,dilindungi,dan dihormati karena kita semua lahir dari rahim seorang wanita.Inilah konsep emansipasi menurut Islam.

Jadi para wanita jadilah kartini-kartini sejati dengan tetap beremansipasi yang selalu kembali kepada kodrat yaitu sebagai makmum seorang pria.

Comments

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"