Hati-hati....Victim Become Player !

 Korban Trouma sering susah lepas dari maksiat dan sulit berakhlak baik

Karena hati yang sehat hanya akan tertarik pada kebaikan, dimana endingnya maksiat dan bersikap buruk menjadi tidak menarik lagi.
Namun berbeda dengan hati yang penuh luka, pengalaman troumatis yang menyebabkan luka membuat hati berlubang, dimana lubang itu menjadi magnet besar untuk menarik maksiat dan seolah terperangkap dalam akhlak yang buruk, sehingga sulit memperbaiki diri .
Dan... kalau saya melihat benang merahnya, kebanyakan pelaku maksiat dan orang-orang yang berakhlak buruk adalah orang-orang yang punya trouma dahsyat banget di masa lalu, dan dia masih menggenggamnya erat-erat.
Itulah kenapa... ga akan efektif menyalahkan pelaku maksiat dan orang yang berakhlak buruk atas perilakunya, karena faktanya jiwa mereka pun seolah terbelenggu dan mereka sungguh merindukan jiwa merdeka yang dimiliki oleh orang-orang yang sehat hatinya, namun mereka juga ga tau caranya.
Kalau mau efektif memasukkan nilai baik pada seorang pelaku maksiat n seseorang berakhlak buruk yaitu dengan mengobati hatinya dulu.
Dan ... untuk kita yang masih diberi kemudahan menjadi orang baik, bersyukurlah.. semua itu terjadi atas bantuan Allah, karena diluar sana ada yang mati-matian ingin jadi baik namun muter lagi ke pusaran keburukan karena luka hatinya masih menganga besar banget.
Dan saya termasuk golongan yang harus kerja keras untuk jadi orang baik dan berakhlak baik, karena list trouma saya lengkap kayak toserba wkwkwk, makannya saya perlu nulis tentang kebaikan sebanyak-banyaknya agar saya ga masuk ke pusaran luka yang endingnya akan menyeret saya pada ahli maksiat atau punya akhlak yang buruk.
Dengan pengalaman saya ini, sekarang saya ngerti banget apa perasaan para kaum terluka yang kerap dibully orang karena sikap buruknya, tapi ya hidup ini pilihan... luka sedalam apapun, kita tetep bisa punya peluang bahagia kok, dan hati bahagia adalah modal untuk mudah memiliki akhlak yang baik.
Yuk.. ah.. semangatttt😍




Comments

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Review "Out of The Truck Box"

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)