Muhasabah

Ya...Allah...tau-tau sudah malam ke 29 hari ini yah....hiks.


Kalau dibilang lebih jelek dari ramadhan tahun kemarin, hmm...bisa jadi iya, karena ramadhan tahun ini waktu saya habis lebih lama di dapur...huhu...hiks. Ditambah flu yang menyerang awal dan akhir ramadhan, lumayan mengurangi semangat dan stamina deh...huhu..hiks.


Tapi tetap mensyukuri sekecil apapun kemampuan saya mengisi ramadhan tahun ini, semoga dari yang sedikit itu Allah menjaga ketulusan niatnya, sehingga tetap ada celah untuk lebih dekat lagi menuju Mu ....Ya...Rabb....aamiin....allahuma aamiin.


Yang saya syukuri sebenernya ghirahnya anak-anak menjalani ramadhan tahun ini. Ga ada progress yang fantastis sih, tetep kayak biasa aja. Cuma baru ramadhan tahun ini saya ngerasa anak-anak ngejalanin puasa karena mereka memang pengen puasa. Bukan karena iming-iming biar dibilang anak mama yang keren dan sholeh, apalagi karena iming-iming hadiah, ga ada.....mereka tampak semangat aja menjalani puasa karena memang mereka bener-bener mau puasa. Walau efeknya request mereka sama menu sahur dan berbuka lumayan banyak, so...itu yang bikin saya lebih lama manteng di dapur :-P.


Satu kejadian yang bikin saya rada gimanaaa gitu.....yaitu pas awal ramadhan, waktu itu satu rumah kena flu, termasuk riza, mana mendadak pihak sekolah mengumumkan akan di adakan UPSR Trial (semacam try out ujian kelulusan gitu deh). Ngeliat dia demam mana mau ujian, saya kasih penawaran, mas iza kalau merasa ga kuat puasa, ga pa pa batal aja deh. Dan diluar dugaan mas iza ga mau ditawari begitu...heu...heu, tapi yang namanya emak2 tetep aja ga tegaan, sampe saya ngulang beberapa kali penawaran itu dengan nada sedikit maksa malah :-P, dan jawabannya masih sama, ga mau, heu...heu...langsung meleleh deh hati saya, dan bergumam..."My baby has grown up" ternyata dia udah punya pendirian sendiri sekarang yah. Akhirnya saya pun berhenti memaksa, dan melepas dia ke sekolah dengan berusaha berpikir kalau dia akan baik2 saja.....hahah....emak2 selalu aja lebaaayyy :-P :-P.  Dan mengakhiri ramadhan sekarang, di luar dugaan dia minta ikut papa nya buat i'tikaf, malam ini jadi malam terakhir dia i'tikaf tanpa bolong. Eh...tapi jangan ngebayangin i'tikaf betulan yaa, karena prakteknya mah dia cuma pindah tidur aja dari di rumah, jadi pindah tidur di masjid hahah, yah....tapi dengan keinginannya saja sudah harus disyukuri lah, insya allah....tahun-tahun berikutnya seiring dengan bertambahnya pemahamannya mungkin praktek i'tikafnya akan dengan sendirinya diperbaiki.


Sedangkan adiknya, azwan, tahun ini menjadi tahun kedua puasa full buat dia. Kalau tahun kemarin dia bisa full puasa sampe maghrib by accident yaitu gara-gara diejek2 kakaknya kalau dia mau batal setengah hari, naah...tahun ini mah ngga. Dia puasa full karena dia memang mau. Walau teuteuup sesekali rewel dan galak, tapi lucunya, dia sendiri yang bilang, kalau dia minta batal jangan dibiarin ya ma...pokoknya mama harus cegah aku kalau aku minta batal.....halagh...kumaha sih...hahah.
 



Subhanallah..... Maha Baiknya Allah yang selalu ingin menjaga setiap anak-anak yang lahir tetap dalam fitrahnya yaa... Bahkan emak2 minimalis kayak saya aja diberi kesempatan boleh ikutan ngrasa terharu ngeliat anak-anak yang begitu dalam memaknai nilai ramadhan tahun ini, semoga Allah terus menjaga dan menemani kalian yaa, doain mama juga yaa biar makin diberi kemampuan sama Allah jadi ibu yang bisa menjadi jalan kebaikan buat kalian....aamiin allahuma aamiin.












Comments

Popular posts from this blog

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"

Kemandirian Financial Vs Kemandirian Psikologis, Lebih Baik yang Mana Dulu ?