Indahnya Merantau

Kalau saya ga salah baca, di novel negeri 5 menara, ada yang nyeritain tentang manfaat merantau demi lebih mengenal diri sendiri dan mengenal Allah.

Hmm....redaksional kalimatnya lupa eung.....pokoknya mah mengutip pepatah dari imam syafii, tentang hikmah yang bakal banyak diambil dengan kegiatan merantau (kalau salah koreksi yaa..). Jadi kalau ada kesempatan bisa keliling dunia, jangan pernah menolak kesempatan itu, karena pesan-pesan Allah yang tersurat dalam Al-qur'an justru bakal terbaca jelas kalau kita mau menghayati setiap perjalanan dalam perantauan.

Dan kalau mau lebih dahsyat lagi efek nya, backpacker-an jalan kaki keliling ke tempat-tempat yang sama sekali belum pernah kita datangi. Menghirup udara, melihat pohon, memandangi langit yang kalau kita hayati sepenuh hati, akan membuat kita "merasa" dekat dengan Allah. Belum lagi di tempat-tempat baru itu, pasti akan banyak budaya warga yang betul-betul berbeda dengan tempat kita tinggal, bisa jadi ilmu baru juga buat pelajaran hidup.

Eung....kalau ngeliat teori nya meni asa gampang yaa dan indah, tapi pada kenyataannya saya ini ternyata mahluk yang sedikit susah beradaptasi di tempat baru....hahaha. Sampe detik ini, rasa kangen sama Balikpapan susah banget diredam. Kalau kangen dalam rangka mengenang hal-hal indah ditempat lama mah masih ok yaa, tapi repotnya rasa kangennya tuh lebih ke arah membuat saya susah bersyukur bisa berada di tempat saya sekarang, Kuala Lumpur.

Pasti deh, ujung-ujung nya banding-banding terus dengan semua yang sudah saya dapatkan di Balikpapan.

Dan, hal-hal yang bikin kangennya justru hal-hal yang sederhana pisan, tapi ga bisa saya dapatkan disini

Pertama, Langit malam nya....
Di Balikpapan, hampir tiap hari saya bisa menikmati langit malam yang bertaburan bintang, dan itu teh beneran bintang-bintangnya penuuuuh banget, berasa lagi di planetarium. Dulu itu setelah seharian cape menghadapi rutinitas, begitu malam datang suka iseng ajah gitu mendongakkan kepala ke atas, dan hati langsung sejuuuk memandangi bintang segitu banyaknya. Malah kalau lagi super galau, kadang saya sholat malam di teras belakang rumah, terus abis sholat lanjut berdoa sambil memandang semua bintang-bintang itu, dan brasa gimanaaaaa gitu deeh, asa lebih dramatis gitu rasanya hahaha. Sedang disini, khas nya langit malam kota besar laah, yang walaupun tingkat polusi nya masih lebih rendah dari jakarta, tapi tetep masih kalah bersih udaranya dibanding Balikpapan, jadi susah banget nyari bintang di malem hari, kalau pun ada, paling bisa dihitung dengan jari deh.

Yang Kedua, Pasar dan Tukang Sayurnya....
Waktu dulu, kegiatan berbelanja ke pasar jadi salah satu sarana rekreasi buat saya, secara lokasi pasarnya deket banget pantai. Jadi kalau udah belanja, kadang saya nangkring dulu dipinggir pasar, memandang laut lepas, suara debur ombak sama aroma air lautnya beneran bikin aliran darah brasa suegeeerrr bangeeett. Naah, kalau lagi males ke pasar, ga pernah bingung soal pengadaan bahan makanan dirumah, karena ada mang sayur setia yang tiap hari lewat depan rumah. Dah gitu, dia juga melayani jasa pesen barang belanjaan via sms, jadi kalau malem-malem mendadak saya inget butuh sesuatu, langsung sms ajah si emangnya, insya allah besok langsung ada deh...haha, kalau saja si mang punya BB, meureunan bisa bbm an yaa....biar pulsa nya lebih hemat...xixi :-P.  Nah kalau disini, pasar jauh, tukang sayur ga ada, tukang jualan makanan apalagi, depan condo ada juga yang jual masakan india gitu dengan bumbu rempah yang super menyengat...heu..heu. Jadi....disini, hanya untuk menghidangkan sepiring tumis kangkung, perjuangannya emang lebih ekstra dibanding dulu di balikpapan :-P, kudu "melangkah" dulu ke pasar atau ke mall, nyampe rumah terus dimasak, baru deh bisa dimakan :-P.

Yang ketiga, Suara Ngaji anak-anak kecil...
Sejak bulan Maret tahun 2011, teras belakang rumah kebetulan dipake untuk TPQ anak-anak usia balita. Karena lokasi rumah deket banget sama masjid, dan kondisi masjid nya juga masih dalam pembangunan, maka dipilih lah teras belakang rumah saya sebagai tempat menampung anak-anak TPQ mengaji. Selama kurang lebih 8 bulan tuh, setiap hari telinga saya dibikin adem dengan celotehan suara anak-anak cadel ngafalin surat-surat pendek. Lagi-lagi karena masjid masih dalam kondisi pembangunan, terkadang rumah sering juga jadi base camp ibu-ibu pengurus ta'lim dan TPQ ngadain rapat-rapat kecil, heu...judulnya rapat, walau terkadang endingnya malah makan-makan sama ngobrol seru2an hahah, tapi tetep urusan masjid masih jadi dominan bahan obrolannya dong :-P.  Dan....sampe sini, ternyata saya rindu luar biasa dengan suara anak-anak itu, rindu luar biasa dengan kumpul-kumpul ibu-ibu yang isi nya ngobrollin banyak hal, secara disini harus menghadapi kehidupan apartemen, yang dominan individual kehidupan orang-orang nya, kalau pun setiap sore di taman kumpul banyak orang, tapi saya males keluar, soalnya isinya orang-orang dari berbagai bangsa, kebayang mau ngobrol aja saya kudu peres otak nyusun kata versi inggris atau malay, keburu cape duluan deh :-P.

Hmmm......hehehe....ini sebenernya lagi mengenang rindu atau lagi "membiarkan" diri tenggelam dalam kondisi kufur nikmat yak :-P, sibuk mengenang indahnya tempat tinggal yang lama, sampe melupakan keindahan yang bakal terjadi di tempat tinggal yang baru, hehe.

Hmm....oke deh...let's move on, berdasarkan pepatah imam syafii tadi (pepatah atau hadits sih...dooh...lupa uy), insya allah, selama kaki masih berpijak di bumi nya Allah, dan selama dalam hati tujuan akhir hidup (pengennya) buat Allah, kebahagiaan hidup dan ridha Nya Allah akan selalu mengalir yaa, dan tentu saja hikmah yang bakal didapat di tempat baru bakal ga kalah seru nya dengan yang terjadi ketika masih di tempat lama. Dan semua hikmah dan pelajaran itu akan menambah "lengkap"nya seluruh rangkaian perjalanan hidup saya nanti.

Aamiin






Comments

anindy said…
Asslamualaikum mbak rena, salam kenal.. :) saya ga lama lg juga mau merantau ke kuala lumpur mbak, dan ini baru pertama kalinya, gmn kehidupan di sana mbak? Sekolah international yg bagus dan affordable dmn ya mbak? Anak2nya mbak rena sekolah dimana? Makasih lo mbak sblumnya:)

Popular posts from this blog

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"

Kemandirian Financial Vs Kemandirian Psikologis, Lebih Baik yang Mana Dulu ?