Ketika Mas Iza dan Kaka Azwan Puasa

Nelatenin anak-anak yang puasa dengan tingkatan kemampuan puasa yang berbeda ternyata gampang-gampang susah yaa...hihi. Mas iza yang sudah masuk thn ke 4 bisa puasa full, sedang kaka azwan yang baru tahun ini belajar puasa.

Tahun kemarin kaka azwan mah ga puasa sama sekali, bahkan setengah hari juga ngga, sifatnya yang sok rada "keukeuh" dibanding mas iza bikin saya ga mau terlalu memaksa dia buat ikutan puasa, soalnya pasti deh berakhir dengan "kesel" di saya nya dan stress di dia nya sendiri, pan ntar malah dosa.. :-P :-P, lagian tahun kemarin umur dia baru 4,5 thn.


Nah... tapi tahun ini, saya meniatkan diri mulai pengen serius nelatenin dia puasa, yaah targetnya ga sampe sehari penuh sih, minimal setengah hari ajah dulu. Soalnya dulu mas iza juga baru bisa kuat shaum full teh umur 6,5 thn (kelas 2) kalau ga salah mah, walau dah belajar puasa nya dari umur 5,5 tahun, tapi yah gitu banyak berhentinya karena dulu mas iza sering sakit jg sih, jadi saya ga tega. So...buat kaka azwan, saya juga target nya tahun ini yaa, ngenalin puasa ajah dulu.



Tapi yah....gitu...lucu, mas iza yang beda jarak udah 4,5 tahun dengan adiknya, ternyata masih ajah suka iri-iri an gitu yaa, jadi pas puasa hari pertama, dari pagi sejak sahur, rumah teh ribut teruuss, karena si adek tereak2 ngancem mau buka terus, dan si kakak tereak2 juga bilang ga boleh, udah gitu adeknya riweuh bolak-balik buka tutup kulkas sama tudung saji di meja, dan kakaknya juga sibuk nutup kulkas ama tudung saji....meni lieur lah ngeliatnya....hahaha.


Udah gitu mas iza teh berkali-kali bilang sama saya, "ma....awas loh, awan ga boleh buka puasa, ga adil dong...nanti aku kepengen gmn", belum puas bilang ke sayah, eh dia ngancem2 si adeknya dgn berbagai cerita serem di neraka itu kyk apa kalau orang2 ga puasa....hahaha. Belum puas juga ngancem2 adeknya, eh ngolok2 deh, si adeknya dibilang cemen lah, lemah dan lain-lain...xixixi.

Lama-lama saya jadi kasian sama kaka azwan, terus saya bilang aja ama dia," iyah....ntar abis azan zuhur buka puasa yaa."...

Trs saya juga bilang sama mas iza " mas iza.....awan kan baru belajar puasa, jadi gpp kalau cuma setengah hari, naah...kalau mas iza tetep tahan puasa nya walau di sekeliling mas iza ga puasa, pahala nya malah jadi dobel loooh".

Diomongin gitu, kaka azwan girang, mas iza masih merengut....qiqi. Tapi untung ga lama dari acara ribut-ribut itu, kedua nya kudu ikutan pesantren kilat yang diadain ibu2 pengajian sini. Lumayan....kuping sayah rada adem dikit lah, istirahat dengerin anak2 berantem hahah.

Pulang dari acara itu, kaka azwan mulai nagih janji, "ayo ma....aku mau makan." Karena acara nya beresnya abis zuhur, kebetulan sayah nya juga lagi masak nasi kuning, jadi harum masakannya emang nyengat dia banget kali yaa. Dan lagi-lagi mas iza ngolok2...."dasar cemen, lemah....orang badannya masih seger gitu udah mau buka." Langsung deh kaka azwan nangis......hadoooh....ribut lagi daah. Akhirnya saya tuangin tuh nasi kuning nya ke piring, eh pas nasi kuning nya udah dipiring, dicek ternyata masih mentah.....hahaha, dan kaka azwan gagal taah buka puasa nya, sedang sayah lanjutin ajah masaknya.

Selama nunggu nasinya mateng, hayooh weeh dia tuh ngancem2, bilang mau mati lah...mau pingsan lah...terus aku ga suka mama ....mama jahat, dan masih banyak lagi :-P :-P, sambil marah2 tea, akhirnya dia nangis sambil lari ke kamar, dan beberapa menit kemudian mendadak saya bingung, soalnya "ocehannya" ga kedengeran lagi, terus langsung ajah saya lari ke kamar, bisi beneran pingsan gitu....qqqq :-P.  Eh pas dicek ternyata dia udah tidur pules, gara-gara kecapean nangis ama ngomel2 meureunan nyaa....hahah.

Dan....baru bangun pas teng azan maghrib....jadi deeh....dia akhirnya bisa puasa full, walau ga sengaja. Tapi gara-gara pas hari pertama akhirnya dia tahu kalau puasa smpe maghrib ga bakal bikin dia mati :-P :-P,  jd sampe hari ke 4 ini dia tetep mau puasa sampe maghrib.   Wallahu'alam bisa poll berapa hari ntar nya.... saya mah udah cukup "surprised" dengan niat nya (niat yg sebenernya mah gara-gara ga mau kalah sama kakaknya sih *meureunan*...kqkqk).

Yah....lucu deh kalau ngamatin anak-anak, karena selalu ada weeh cerita-cerita seru nya....hihihi

Comments

Popular posts from this blog

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"

Kemandirian Financial Vs Kemandirian Psikologis, Lebih Baik yang Mana Dulu ?