Minta Maaf

Waktu awal ramadhan kemaren, meni rame orang-orang saling meminta maaf, BB ajah ampe nge hang karena ucapan maaf dan selamat ramadhan via BBM, meni segambreng, hehe.

Dan saya juga ikut aja minta maaf, tapi saya mah ga special meniatkan diri meminta maaf sama semua orang, cukup yang kirim ucapan ke saya terus saya balas, gitu aja sih, atau ada juga satu dua orang lah yang saya emang kirim special ucapan maaf nya, tapi itu juga karena saya nyadar banyak dosa banget sama orang itu hahaha, kalau sama orang kebanyakan mah ngga sih.

Eung.... jadi pengen menelusuri hakikat minta maaf dan memaafkan deh...hehe.

Jujur, saya masih sering pisan bilang maaf hanya karena pengen ditoleransi kesalahan saya yang sebenernya belum betul-betul bisa saya hapus, biar orang itu mau paham dengan salah saya, atau (lebih parah lagi) biar orang itu ngga marah kalau saya bikin kesalahan yang sama....*gubrag deh*...hihihihi.

Duuh....kacau juga yaa....tapi tentu saja kondisi ini ngga saya sengaja,  pengennya mah minta maaf dengan segala ketulusan, dimana saya sepenuh hati sadar kalau saya salah dan tentu saja saya tidak akan mengulangi lagi salah yang sama. Tapi ya itu dia.....ujung2nya, minta maaf hanya seolah jadi pembenaran kalau saya boleh bikin lagi salah yang sama, kan ntar gampang, minta maaf lagi ajah, kehapus deh salahnya.....hehe...hiks.

Nah....atas dasar itu, makannya lagi pengen membiasakan diri lebih dalam lagi memaknai ucapan maaf, kepengennya ga terlalu gampang minta maaf kalau saya teh masih ga terlalu paham salahnya apa, dan saya ga punya target yang jelas dengan salah saya itu (halagh....target naon atuh neng...xixi :-P). Yah....pokoknya mah gitu lah (kesulitan mendeskripsikan dalam bahasa yang lebih simpel nih, maklum....otaknya pinter teuing jigana mah, huahaha :-P).

Walau pun tentu saja untuk bisa sampai ke pemahaman seperti yang saya ceritain, butuh latihan dulu awalnya, yah....untuk latihan awal, kudu mau berani ngaku salah, berani introspeksi, berani jujur sama diri, jujur sama Allah, dan  (yang udah pasti) berani ngaku sama orang yang sudah kita jadikan sasaran kesalahan kita, bahwa kita salah. Kalau udah gitu.....insya allah ntar nya dibantu sama Allah kali yaa dimudahkan untuk memperbaiki diri dan diberi kekuatan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. (meureun.com).

Setelah ngomong panjang lebar soal minta maaf, bahas dikit deh tentang memaafkan. Kalau memaafkan kayaknya lebih gampang yah, soalnya tinggal diikhlaskan ajah salah orang itu, beres deh. Rugi lah....kalau ngga mau memaafkan mah, secara ada sarana dapat pahala gratisan malah ditolak....hihi.


Dalam beberapa hari ke depan menjelang lebaran, pasti deh bakal rame lagi orang-orang ngucapin selamat lebaran ama minta maaf.

Sebelum saya juga ikut "meramaikan" ritual maaf-maafan itu....eung asa pengen berdoa untuk orang-orang yang menjadi sasaran kesalahan saya, hmm.....apa yah..

Yah....semoga orang-orang itu diberi kelapangan hati memaafkan segala kesalahan saya (udah pasti yang ini mah), terus diberi kebahagiaan dari pintu-pintu yang tidak terduga, selalu diberi  keberkahan hidup dalam keadaan apapun (baik lapang atau sempit), diberi rasa terang dengan cita-cita masa depan (secara hidup bakal enjoy banget kalau cita-cita masa depan sudah jelas terarah), dan yang terakhir diberi karunia cinta Allah tidak berbatas.

Aamiin...

Doa nya asa teu nyararambung nyaa....qiqiqiq....


Yah....pokoknya selamat menyambut lebaran deh, semoga kita memang jadi orang-orang yang "menang"...hiks....terharu.










Comments

Popular posts from this blog

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"

Kemandirian Financial Vs Kemandirian Psikologis, Lebih Baik yang Mana Dulu ?