Present Moment

Dalam kehidupan orang dewasa, hidup yang dijalani saat ini tidak terlepas dari bayang-bayang masa lalu dan kekuatiran tentang masa depan. Malah pada sebagian orang saking kelam masa lalu nya, rencana hidup akan masa depannya pun begitu didominasi oleh masa lalu nya, sampai dia kehilangan konsentrasi menikmati hidupnya di masa kini. Dan hidupnya penuh dengan kekuatiran bahwa masa lalu nya akan berulang di masa depan, sehingga di masa kini dia sibuk melakukan kegiatan untuk merencanakan masa depannya, dan dia lupa menikmati keindahan-keindahan yang terjadi pada dirinya di masa kini. 


Mari kita bandingkan dengan kehidupan bayi dan anak balita, betapa mereka hidup all out sepenuh hati di masa kini, tanpa pernah risau dengan masa depan, atau takut dengan masa lalu. Oleh sebab itu mereka selalu riang dan tidak pernah cemas, pun mereka selalu all out melakukan apapun yang ada di hadapan mereka. Main mobil-mobilan konsentrasi full ga mikir apa-apa, ngobrol sama boneka juga all out dihayati perannya. Di saat bayi belajar jalan, jatoh tuh berkali-kali, tapi karena pengalaman masa lalu nya yaitu jatoh yang berkali-kali ngga terlalu dia pikirin, akhirnya dia cuek aja berusaha jalan lagi, tanpa pernah berpikir beberapa langkah ke depannya dia bakal jatuh lagi. Betapa kehidupan bayi dan anak balita itu betul-betul terjadi di masa kini, maka dari itu mereka hepi terus, karena mereka sangat "ngeh" dengan hidup yang ada pada dirinya saat ini.


Sedangkan kita, terutama saya, kalau dipikir-pikir jarang banget hidup dimasa kini. Kadang dalam keadaan bengong, bukannya saya nikmati apa yang terjadi detik itu, eeh....saya malah mikirin yang terjadi menit sebelumnya, atau kalau misalnya pagi-pagi dapet kejadian ngga enak, itu kejadian kepikiraaaaaannn terus...ahaha. Kalaupun misalnya lagi ga mikirin saat-saat yang sudah berlalu, eeeh....tiba-tiba saya malah mikirin kondisi beberapa jam ke depan, misalnya : duuh...gimana nih, udah jam begini, belum masak, harus jemput, belanja, macet....dan berpikir begitu, yang ada otak langsung mumet mikirin keruwetan yang memang akan terjadi beberapa jam ke depan, sampai saya kelupaan menikmati detik yang sedang terjadi saat ini.


Haduuuuh.....pantesss, saya ini rungsing mulu yaa.....ternyata saya jarang banget hidup di masa kini, seringnya hidup di masa lalu atau kebanyakan mikirin masa depan...xixi :-P.


Present moment.....Yup...belajar hidup di masa kini dengan all out seperti bayi dan anak-anak balita. Asyik deh ngeliatin mereka yang sangat "ngeh" dengan masa kini nya, sedang kita justru sibuk dengan masa lalu dan masa depan.



*tulisan ini terinspirasi dari sahabat kecil saya yaitu si centil Yasmin....xixi, ampuuuun....mama ngiri deeh ama kamu, hidupmu kok kayaknya hepiiiiii terus, ga pernah mikir aneh2 kayak mamamu ini:-D :-P*




Comments

bunda aisykha said…
mslhnya kita kn berinteraksi dg bnyk orang mba,,jd ya gt,,kdg abs ngalamin apaaaa,,kpikiran,,ngrasa brsalahnya panjang,,kalo aku pas ma anakku kyknya present mom trs deh,,tp kalo pas lg di kantor ato sndirian malah seringnya inget2 yg kmrn2,,mikir masa depan he he,,
noe said…
Iyes setuju banget... kekhawatiran akan masa depan dan terlalu menyesali masalalu adalah pencuri kebahagiaan di present moment. *eh bener ngga sih?

Popular posts from this blog

Review Milad Pernikahan ke-2 (Part 1)

Adlerian Therapy (Alfred Adler 1870 - 1937)

Review "Out of The Truck Box"